Beda dengan Jerawat, Ini 8 Cara Mengatasi Biang Keringat Secara Alami

Rabu, 16 September 2020 14:33 Penulis: Dita Tamara
Beda dengan Jerawat, Ini 8 Cara Mengatasi Biang Keringat Secara Alami
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Apabila kulit kalian muncul bintik merah dan terasa gatal, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh biang keringat. Mungkin beberapa dari kalian sering menganggap sepele permasalahan biang keringat. Padahal, hal tersebut bisa mengganggu aktivitas harian kalian dan bisa mendatangkan masalah peradangan.

Nah, biang keringat sendiri merupakan ruam atau bintil kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal. Kondisi ini disebut miliaria dalam istilah medis. Biang keringat sendiri sering terjadi pada bayi maupun orang dewasa yang mengalami cuaca panas atau pada lingkungan yang bersuhu lembab.

Biasanya, area tubuh yang rentan terserang biang keringat yakni wajah, leher, punggung, dada, ataupun paha. Biang keringat memang bukan termasuk penyakit yang berbahaya dan menular, tapi keberadaannya bisa sangat mengganggu sehingga perlu ditangani. Namun dalam hal ini, kalian tidak perlu khawatir. Sebab, ada sederet cara yang bisa kalian lakukan di rumah untuk mengurangi keluhan biang keringat dengan cara yang alami.

Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Mandi Oatmeal

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan biang keringat yakni dengan mandi oatmeal. Sebab oatmeal efektif dalam mengobati permasalahan yang terjadi pada kulit. Oatmeal mengandung avenanthramides, yang memiliki sifat antioksidan yang bertujuan sebagai anti-inflamasi dan anti-gatal. Cara penggunaannya, kalian hanya perlu berendam di air hangat. Selain itu tambahkan oatmeal ke bak mandi sambil gosok-gosokkan oatmeal ke kulit.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terbukti khasiatnya untuk kesehatan kulit. Lidah buaya salah satu obat alami yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan biang keringat. Sebab, lidah buaya dipercaya memiliki zat antiperadangan dan antiseptik yang bisa mencegah kulit dari infeksi.

Cara menggunakannya pun cukup gampang. Oleskan lidah buaya di bagian kulit yang muncul biang keringat. Lidah buaya dipercaya bisa meredakan rasa nyeri akibat biang keringat itu sendiri.

3. Lemon

Selain memanfaatkan lidah buaya, kalian juga bisa menggunakan lemon untuk mengatasi biang keringat. Lemon dapat mengendalikan minyak yang dihasilkan dari pengeluaran minyak berlebih munculnya biang keringat. Selain itu, lemon juga memiliki kandungan asam yang mampu mengontrol minyak dan mengurangi keberadaan bakteri. Caranya, kalian hanya perlu mengoleskan lemon ke area yang muncul biang keringat. Setelah itu, kalian bisa membilas wajah dengan air bersih.

4. Mentimun

Keberadaan timun untuk menjaga kesehatan kulit memang tidak perlu diragukan lagi. Tak heran jika timun kerap dijadikan obat untuk mengatasi permasalahan kulit salah satunya biang keringat. Mentimun mempunyai sifat yang begitu menenangkan sehingga menjadi alternatif menghilangkan biang keringat dan mengurangi kemerahan penyebab gatal pada kulit. Kalian juga perlu menggosokkan ataupun menempelkan mentimun ke area kulit yang terdampak.

5. Baking Soda

Baking soda salah satu bahan yang bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan biang keringat. Rasa gatal dan ruam yang muncul dari efek biang keringat bisa kalian redakan dengan baking soda. Caranya, tuangkan saja 2-5 sendok soda kue ke dalam bak mandi. Setelah itu, gunakan untuk berendam selama 20 menit.

6. Kompres Dingin

Rasa gatal yang ditimbulkan dari biang keringat memang sering kali tak tertahankan. Untuk mengatasinya, kalian bisa melakukan kompres dingin sehingga bisa meredakan kulit yang teriritasi. Cara menggunakannya, kalian bisa menggunakan es batu yang kemudian balutkan dengan kain. Nah kain tersebut bisa langsung kalian tempelkan ke area yang terkena biang teringat. Cukup mudah bukan?

7. Cendana

Tumbuhan cendana dipercaya sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi biang keringat. Nah, tumbuhan cendana ini bisa mengatasi pengeluaran keringat berlebih pada tubuh. Cara menggunakannya, kalian cukup mencampurkan bubuk cendana dengan air mawar. Setelah itu oleskan pada bagian tubuh yang muncul biang keringat maupun bagian tubuh yang mengeluarkan keringat berlebih.

8. Tea Tree Oil

Selain untuk mengatasi jerawat, tea tree oil juga dipercaya mampu menghilangkan biang keringat. Kandungan anti inflamasi dan anti bakteri pada tea tree oil membuat bahan alami ini tidak diragukan lagi. Bahan alami untuk menghilangkan biang keringat yang satu ini memiliki aroma herbal yang cukup menyengat.

Itulah sederet cara mengatasi biang keringat secara alami. Oleh sebab itu, pilihlah cara diatas untuk membantu kalian mengatasi permasalahan biang keringat supaya kulit kembali sehat. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI