8 Jenis Kertas Undangan Pernikahan Berkualitas, Dari Simpel - Mewah

Kamis, 28 Januari 2021 12:44 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Kertas Undangan Pernikahan Berkualitas, Dari Simpel - Mewah
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Undangan menjadi hal penting bagi sebagian orang karena meminta penerimanya untuk menghadiri suatu acara seperti pernikahan. Oleh karena itu, segala keperluan dipersiapkan secara matang untuk mendapatkan hasil undangan yang memuaskan. Selain itu, kalian juga harus mengetahui jenis kertas undangan supaya tidak salah pilih. Belum lagi, kemajuan jaman membuat kalian lebih mudah dan praktis dalam memesan undangan melalui online degan beragam jenis kertas undangan yang ditawarkan. Itulah mengapa kalian harus mengetahui jenis kertas undangan yang sesuai dengan keinginan.

Meskipun saat ini sudah ada jenis undangan yang dikirimkan melalui pesan chat maupun sosial media, namun ketika kalian lebih memilih menggunakan kertas undangan akan lebih terasa dekat dan resmi daripada sekadar chat biasa. Itulah mengapa, kertas undangan masih menjadi pilihan banyak orang untuk sebuah acara. Pasti, bagi kalian orang awam tentu bingung jenis kertas undangan seperti apa yang akan digunakan. Kalian nggak usah khawatir ya, berikut ini sederet jenis kertas undangan yang bisa jadi referensi kalian. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

 

1. Art Paper

Art paper menjadi salah satu jenis kertas undangan untuk pernikahan yang banyak digunakan. Bahan kertas Art paper mempunyai permukaan yang mengkilap. Serta buat menaikkan nilai jual umumnya art paper dilapisi dengan laminasi doff, glossy, ataupun UV. Umumnya, Art Paper digunakan sebagai pelapis luar ataupun dalam hard cover undangan. Kertas tipe ini mempunyai varian gramatur dari 85 gr, 100 gr, 120 gr serta 150 gr.

 

2. Matt Paper

Jenis kertas undangan yang pertama yaitu matt paper. Jenis kertas yang satu ini umumnya sama dengan art paper. Pembedanya yaitu jenis kertas yang satu ini tidak mengkilap. Kertas Matt Paper sendiri kerap digunakan dalam mencetak majalah sebab dapat memberikan nuansa doff sehingga lebih terkesan elegan. Kelebihan dari jenis kertas undangan ini yaitu lebih dapat menyerap tinta dibandingkan dengan kertas art paper.

 

3. Kertas Concorde

Kertas Concorde merupakan jenis kertas undangan yang mempunyai ciri khas pada permukaannya yang penuh dengan serat garis yang tidak beraturan. Bahkan, bahan untuk undangan pernikahan ini bisa memberikan nuansa romantis lho.

Biasanya Concorde tabal dibuat sebagai isi undangan pernikahan dengan hanya satu warna cetak saja, hitam atau putih sehingga kesan romantisnya tetap terjaga. Jenis kertas undangan Concorde tebal jika terlipat akan menyisakan luka pada teksturnya, bahkan telihat patah-patah.

 

4. Kertas Samson Kraft

Selanjutnya, jenis kertas undangan yang bisa kalian jadikan referensi yaitu kertas samson kraft. Pada dasarnya, jenis kertas ini merupakan daur ulang yang kemudian dimanfaatkan kembali. Kertas Samson Kraft mempunyai warna coklat kusam dengan tekstur kasar. Meski begitu, jenis kertas ini sangat manis ketika digunakan untuk bahan kertas undangan.Selain itu, memilih jenis kertas undangan ini juga terlihat klasik dan begitu simpel.

 

5. Kertas Linen

Kertas linen menjadi salah satu jenis kertas undangan yang juga umum digunakan. Ciri fisik dari kertas ini yaitu memiliki tekstur yang kasar, pada permukaannya terdapat garis-garis timbul yang tipis. Kertas ini fleksibel, kalian juga bisa mencetaknya dengan metode apa saja, baik secara digital maupun manual.

Menggunakan jenis undangan ini akan terkesan unik dan mempunyai karakter yang kuat sehingga terlihat begitu mewah. Kertas Linen atau Buffalo terdiri dari beberapa varian gramasi, mulai dari 150 hingga 230 gram. Tak hanya digunakan untuk undangan saja, biasanya kertas linen digunakan untuk membuat kartu nama.

 

6. Aster

Selanjutnya, jenis kertas undangan yang bisa kalian gunakan yaitu kertas undangan aster. Kertas undangan ini tergolong mahal karena memberikan kualitas yang begitu baik. Adapun ciri fisik dari jenis kertas undangan yang satu ini yaitu memiliki tekstur dan permukaannya yang halus. Jenis kertas undangan ini sangat cocok digunakan untuk undangan eksklusif.

 

7. Jasmine

Jenis kertas undangan jasmin yaitu identik dengan memiliki tekstur yang bergliter. Ha inilah yang membuat desain kertas undangan terlihat begitu cantik. Meski begitu, harga dari kertas ini tergolong murah, namun kualitasnya terlihat begitu mewah.

Jenis kertas undangan Jasmine ini memiliki ciri khas berupa tekstur serpihan kristal pada setiap permukaannya. Terasa halus saat diraba, tetapi saat terkena cahaya akan tampak butir-butir kristal halus yang berkilau. Penggunaan bahan kertas ini memberikan kesan mewah, cocok untuk undangan resepsi pernikahan.

 

8. Art Carton

Jenis kertas undangan art carton diketahui lebih tebal dibandingkan dengan art paper. Hal inilah yang membuat kalian tidak perlu menambahkan hard cover. Bahkan, kertas ini bisa dilipas dan menjadi undangan yang begitu cantik. Selain harganya yang murah, kertas ini juga mudah dibentuk serta dikombinasikan dengan bahan undangan lainnya sehingga hasilnya lebih menarik.tak heran jika kertas undangan art carton menjadi favorit banyak orang.

Itulah sederet jenis kertas undangan yang bisa jadi referensi kalian. Semoga bermanfaat ya.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI