8 Jenis Musik Berdasarkan Aliran, Lengkap Beserta Penjelasannya

Selasa, 19 Januari 2021 10:11 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Musik Berdasarkan Aliran, Lengkap Beserta Penjelasannya
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Bagi sebagian orang, mendengarkan musik menjadi salah satu kebiasaan yang wajib dilakukan. Tak hanya sebagai hiburan, mendengarkan musik sudah seperti menjadi bagian dari kehidupan manusia. Musik sendiri merupakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan. Musik sudah menjadi media dalam penyampaian ekspresi di seluruh dunia dan banyak orang pun mendengarkan berbagai jenis musik.

Dengan adanya musik, kalian lebih semangat menjalani hari kalian. Bahkan, mendengarkan music dapat memengaruhi suasana hari sehingga pekerjaan yang sedang kalian lakukan cepat terselesaikan. Di dunia ini banyak sekali jenis-jenis musik yang terkadang kerap kalian dengarkan. Nah, untuk lebih mengenal tentang jenis-jenis, yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Musik Klasik

Jenis musik pertama yang bisa kalian ketahui yaitu musik klasik. Jenis musik yang satu ini rupanya sudah diketahui kebanyakan orang. Musik klasik sendiri merupakan jenis musik yang memiliki nilai seni yang tinggi. Diketahui, jenis musik ini sudah ada sejak lama dan masih diminati hingga sekarang. Adapun karakteristik jenis musik klasik yaitu susunan not dan nada yang indah sehingga banyak orang yang mengidolakan jenis musik ini. Contoh musik klasik seperti musik karya Mozart yaitu Symphony No.40, Piano Sonata No.16 in C Major, Piano Concerto No.21 dan masih banyak lagi.

2. Jazz

Selanjutnya, jenis musik yang perlu kalian ketahui yaitu jenis musik jazz. Diketahui music jazz ini pertama kali muncul di Amerika dengan menggabungkan beberapa alat musik sehingga menghasilkan bunyi baru. Musik jazz sendiri penggabungan dari blues, ragtime, dan music-musik Eropa. Banyak orang yang menyukai jenis musik ini karena memiliki kesan tenang dan berkelas. Ada banyak musisi jazz terkenal di dunia seperti Louis Armstrong, John Coltrane, Miles Davis, Charlie Parker, Duke Ellington, Gill Evans, dan lainnya.

3. Country

Musik country merupakan jenis musik yang kental dengan nada yang ringan, ceria, dan santai. Musik country ini masih berkembang hingga saat ini, terutama di negara Amerika. Hingga kini masih banyak penyanyi dan band yang mengusung musik country untuk setiap karya-karyanya. Ciri dari jenis music yang satu ini yaitu memiliki nada yang ringan, santai, dan ceria. Musik country dari musisi Amerika bisa didapatkan dari karya-karya Little Big Town, Luke Bryan, Roller Coaster, Shania Twain dan masih banyak lagi.

4. Rock

Siapa sih yang nggak mengetahui jenis musik rock? Jenis musik yang satu ini memang sangat populer san banyak sekali pencintanya. Diketahui musik rock mulai dikenal pada tahun 1940-an dan hingga sekarang masih banyak yang menggemari jenis musik ini.

Musik rock biasanya khas dengan suara gitar listrik yang menjadi instrumen utama dalam setiap karya genre musik ini. Belum lagi ditambah dengan instrument suara bass, drum, dan instrument lainnya yang semakin menambah kesan menarik dalam musik rock. Adapun jenis karya musik rock dalam karya-karyanya Gun N Roses, Queen, Nirvana, Meat Loaf dan masih banyak lagi.

5. Pop

Jenis musik selanjutnya adalah musik pop. Jenis musik yang satu ini identik dengan memiliki nada dan lirik yang sederhana. Musik pop cenderung mudah dicerna dan mudah untuk dinyanyikan. Musik pop yang bisa diterima semua orang ini menjadikan musik pop adalah musik yang universal. Selain itu, jenis musik populer ini juga lebih mudah dipahami dan cocok untuk dinyanyikan atau disenandungkan.

6. Blues

Selanjutnya, jenis musik yang tak kalah banyak penggemarnya yaitu musik blues. Blues sendiri merupakan sebuah aliran instrumental musik vocal yang berasal dari penduduk Afro-Amerika. Perlu kalian ketahui jika nama blues sendiri tercipta dari konotasi perasaan frustasi dan melankolis. Blues awalnya berkembang sebagai musik puji-pujian bagi para budak Afrika di Amerika. Selain itu, jenis musik ini seringkali banyak dipopulerkan musisi dunia sebagai penyampaian bentuk protes untuk hak-hak kemanusiaan. Bisa dikatakan jika musik blues memiliki kesan yang sedih.

7. Reggae

Musik reggae menjadi salah satu jenis musik yang mempunyai ciri khas dengan ritme backbeat dan progresif kord sederhana. Meskipun unsur utama Reggae dari ska dan rocksteady, salah satu jenis musik ini juga mengadopsi jazz, R&B dan Jamaican mento. Musik yang berasal dari Jamaika ini memuat atau menyampaikan pesan perdamaian hingga keseimbangan alam. Musik ini mempunyai alunan beat yang berdentum dengan khas. Penyanyi genre reggae yang terkenal meliputi Bob Marley, Toots Hibbert dan Jimmy Cliff.

8. Hip Hop

Terakhir, jenis musik yang perlu kalian ketahui yaitu jenis musik hip-hop. Musik yang berasal dari timur Amerika ini dianggap menjadi subgenre dari musik RnB. Jenis musik ini biasanya identik dengan lantunan lirik rap, atau lirik panjang yang diucapkan dengan cepat mengikuti beat musik hip hop itu sendiri.

Itulah sederet jenis musik yang perlu kalian ketahui. Kira-kira jenis musik mana nih yang menjadi favorit kalian?

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI