8 Kelebihan Android Nougat dan Kekurangannya Dibandingkan Versi Sebelumnya

Kamis, 21 Januari 2021 13:11 Penulis: Nurul Wahida
8 Kelebihan Android Nougat dan Kekurangannya Dibandingkan Versi Sebelumnya
Kelebihan Android Nougat (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Pengguna smartphone terutama android tentunya tidak asing dengan Android Nougat yang diperkenalkan tahun 2016 silam. Android Nougat cukup banyak digunakan untuk beragam smartphone yang dikenal juga dengan Android 7.0 Nougat, awalnya dipakai sebagian pemilik Nexus. Ada beragam kelebihan Android Nougat dan kekurangannya dibandingkan dengan versi lain.

Ada sejumlah versi android untuk smartphone yang terus mengalami inovasi dan perkembangan. Misalnya saja terhitung sejak 2009 silam versi android seperti Android 1.2 Beta, Android Cupcake, Android Donut dan lain sebagainya. Ataupun tahun berikutnya kembali melakukan inovasi dan perkembangan versi android seperti Gingerbread, Jelly Bean, Kitkat, dan Marsmallow.

Diantara versi android tersebut kalian pastinya masih ingat dengan versi Android Nougat yang sukses menarik perhatian pengguna dengan fitur baru. Sebab versi Android Nougat terbilang mengalami peningkatan yang lebih baik terkait dengan performa baik baterai ataupun tampilannya. Dilansir dari laman resmi Android Developer Google, menyebutkan bahwa ada 30,8 persen pengguna android menggunakan versi Nougat.

Adapun kelebihan Android Nougat dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut kelebihan Android Nougat telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Fitur Split Screen

Kelebihan Android Nougat yang pertama adalah ada pada fitur split screen. Fitur split screen memudahkan pengguna smartphone untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Di mana fitur ini akan membagi layar menjadi dua aplikasi dan kalian bisa menjalankannya bersamaan.

Melansir dari android.com, kalian dapat menjalankan pekerjaan multitasking misalnya menonton film sambil menulis pesan ataupun kegiatan lainnya yang dibutuhkan saat menggunakan smartphone. Tentunya fitur ini sangat membantu kalian dalam menggunakan smartphone sambil menyelesaikan pekerjaan lain.

 

 

2. Hemat Baterai

Kelebihan Android Nougat selanjutnya adalah ada pada penggunaan baterai. Sebab pada versi Android Nougat diketahui baterai terasa lebih hemat karena adanya fitur hemat baterai. Fitur penghemat baterai tersebut membuat smartphone kalian terasa lebih lama untuk digunakan dan mencegah aplikasi berjalan di latar belakang. Melansir dari liputan6.com, fitur Doze on the Go membuat baterai kalian lebih hemat atau irit.

 

 

3. Penghemat Data

Penggunaan data internet tentunya menjadi kebutuhan paling utama untuk menggunakan aplikasi smartphone. Dalam hal ini Android Nougat memiliki fitur dapat mencegah penggunaan data terlalu banyak yang memungkinkan aplikasi berjalan di latar belakang. Sehingga dengan penawaran fitur tersebut data internet kalian dapat lebih hemat dan irit. Hal ini tentunya sangat menarik bagi pengguna android untuk menggunakan versi Android Nougat yang lebih hemat data.

 

 

4. Tampilan Notifikasi Menarik

Kelebihan Android Nougat selanjutnya adalah tampilan notifikasi yang terlihat lebih baru dan menarik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Sebab pada Android Nougat, notifikasi aplikasi ini akan dipisahkan berdasarkan jenis aplikasinya. Hal tersebut dapat mencegah notifikasi yang terlalu banyak pada layar.

Selain itu ada notifikasi baru juga dpaat dirasakan penggunanya seperti dapat melakukan balasan pesan tanpa harus membuka aplikasi keseluruhan. Misalnya saja aplikasi whatsapp, facebook, twitter dan lain sebagainya. Selain itu kalian juga dapat mengontrol notifikasi langsung pada tampilan layar yang muncul baik menonaktifkan ataupun mengaktifkannya.

 

 

5. Adanya Fitur Night Mode

Melansir dari liputan6.com, kelebihan Android Nougat juga terletak pada fitur night mode. Fitur night mode memungkinkan pengguna untuk mengubah warna layar menjadi lebih ramah dan nyaman bagi mata untuk mencegah paparan radiasi. Misalnya saja warna layar menjadi lebih kuning yang dapat mencegah gangguan pada mata. Fitur ini tentunya sangat menarik untuk pengguna android yang seringkali menggunakan smartphone sebagai bagian dari pekerjaan mereka.

 

 

6. Dapat Booting Langsung

Booting adalah salah satu situasi yang tak dapat terpisahkan dari beragam peralatan teknologi terutama smartphone. Dalam hal ini biasanya smartphone membutuhkan booting untuk memulai atau menjalankan suatu aplikasi. Namun kelebihan Android Nougat seperti melansir dari forbes.com, disebut dapat booting langsung. Secara singkatnya booting langsung ini membuat kalian lebih cepat melakukan booting untuk menjalankan aplikasi. Misalnya saja saat kalian menerima panggilan, kalian juga dapat mendengarkan dering alarm bahkan tanpa memasukkan password pada kunci layar smartphone.

 

 

7. Tampilan Keyboard Menarik

Kelebihan Android Nougat selanjutnya adalah ada pada tampilan keyboard yang lebih menarik dibandingkan versi sebelumnya. Melansir dari liputan6.com, tampilan keyboard pada Android Nougat terlihat lebih sederhana dan cerah. Menariknya, keyboard pada Android Nougat juga dilengkapi dengan beragam emoji yang menarik. Melansir dari android.com, ada setidaknya lebih dari 1500 emoji termasuk 72 emoji baru. Selain itu terdapat juga fitur bahasa pada keyboard yang disesuaikan dengan keinginan kalian.

 

 

8. Pembaruan Lebih Cepat

Kelebihan Android Nougat juga terlihat dari pembaruan sistem yang lebih cepat. Secara singkatnya kalian dapat melakukan pembaruan perangkat tanpa memakan banyak waktu. Bahkan ukuran file juga cenderung lebih kecil seperti melansir dari forbes.com. Selain itu aplikasi lainnya juga dapat membantu pengoptimalan pembaruan yang lebih cepat.

 

 

9. Kekurangan Android Nougat

Setelah memahami beberapa kelebihan Android Nougat, ada sejumlah kekurangan yang perlu kalian perhatikan. Adapun kekurangan Android Nougat dapat kalian simak melalui ulasan sebagai berikut:

- Batteray Draining: Meski sebelumnya terdapat kelebihan hemat baterai, namun Android Nougat juga memiliki kekurangan pada kemampuan baterai yang cepat terkuras. Ini terjadi karena faktor sistem karnel buruk ataupun memori yang tidak efektif hingga memicu berjalannya aplikasi pada latar belakang.

- Sulitnya Backup Data: Kekurangan Android Nougat juga terletak pada sulitnya backup data. Misalnya saja saat kalian melalui upgrade seringkali harus membuat kalian mengulang kembali download aplikasi personal karena backup yang rumit.

Nah itulah 8 kelebihan Android Nougat dan kekurangannya dibandingkan versi sebelumnya. Selain beberapa poin di atas masih masih banyak lagi berbagai kelebihan dan kekurangan pada Android Nougat yang bisa kalian ketahui secara lebih lanjut melalui situs resminya.

 

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI