8 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan, Si Manis yang Mampu Jaga Kesehatan Jantung

Jum'at, 26 Juni 2020 10:22 Penulis: Dita Tamara
8 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan, Si Manis yang Mampu Jaga Kesehatan Jantung
Manfaat buah melon (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sudah tahukah kalian dengan manfaat buah melon bagi kesehatan? buah melon sendiri merupakan salah satu buah yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Biasanya buah melon sering dijadikan jus, atau sekedar dimakan langsung. Meski sering dikonsumsi, namun masih banyak orang yang tidak mengetahui segudang manfaat yang di dapat dari mengonsumsi buah melon.

Melon merupakan nama buah yang termasuk ke dalam labu-labuan atau cucurbitaceae. Tumbuhan ini sifatnya merambat dan menjalar, dan memiliki tekstur daging buahnya yang lembut dan berair. Buah melon juga memiliki kandungan nutrisinya yang kaya akan berbagai mineral tapi sangat rendah kalori dan lemak. Selain itu, melon juga kaya vitamin seperti A, C, E, K, folat, dan niasin.

Lalu, apa saja manfaat buah melon lainnya apabila rutin mengonsumsinya? Daripada penasaran, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

1. Meringankan Sakit Menstruasi

Menstruasi sendiri merupakan kondisi keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Hal tersebut membuat timbulnya gejala-gejala seperti kram perut dan perubahan emosi. Sakit saat menstruasi kerap membuat aktivitas menjadi terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk mengonsumsi buah melon. Kandungan vitamin C dalam melon mampu mengatur aliran menstruasi dan mampu meredakan kram perut. Oleh sebabnya, ada baiknya untuk mengonsumsi buah melon selama menstruasi.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah melon selanjutnya yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kunci agar tubuh tidak terserang berbagai macam virus maupun penyakit lainnya yaitu dengan mempunyai kekebalan tubuh yang kuat. Untuk itu, pastikan mengonsumsi buah melon secara rutin. Kandungan vitamin A dan C serta nutrisi pada buah melon sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin A dan C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit.

3. Mencegah Gangguan Pada Janin

Masa kehamilan banyak yang perlu diperhatikan terutama kesehatan pada ibu dan calon buah hati. Untuk menghindari kemungkinan buruk yang terjadi pada calon bayi, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi buah melon. Tidak hanya baik dikonsumsi untuk ibu hamil, namun ternyata buah melon juga baik dikonsumsi bagi mereka yang ingin hamil. Kandungan folat yang tinggi pada buah melon dapat membantu memproduksi dan memelihara sel-sel baru terutama pada wanita hamil untuk mencegah gangguan pada janin.

4. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Mengingat organ tersebut sangat penting bagi tubuh, oleh karena itu sudah sebaiknya untuk tetap menjaga kesehatan jantung. Buah melon mengandung kaya kalium yang mampu mengontrol tekanan darah sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. Manfaat buah melon lainnya yaitu kandungan akan senyawa yang disebut adenosine bermanfaat bagi jantung dan memiliki sifat pengencer darah. Akibatnya, mengonsumsi buah melon dapat membantu mencegah pembekuan darah.

5. Membantu Menyehatkan Mata

Selanjutnya, manfaat buah melon bagi kesehatan yaitu mampu membantu menyehatkan mata. Buah melon mengandung dua antioksidan yang kuat, yakni lutein dan zeaxanthin yang membuat mata lebih sehat dan mencegah mata rabun pada usia dini.

Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam melon memiliki karotenoid yang secara khusus untuk melindungi kesehatan mata. Beta karoten dapat mencegah degenerasi makula, kerentanan lutea terhadap radiasi UV, dan katarak. Dengan demikian, rutinlah untuk mengonsumsi buah yang menyegarkan ini untuk mendapatkan manfaat ketajaman dalam penglihatan.

6. Bantu Menurunkan Berat Badan

Jika kalian sedang melakukan program diet, mengonsumsi buah melon bisa menjadi solusi yang tepat. Melon merupakan salah satu buah yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan air yang tinggi dan rasa yang manis membuat orang yang memakan buah ini akan merasakan kenyang. Maka tak heran, kalau manfaat melon ini cocok banget dimakan bagi kalian yang sedang menurunkan berat badan. Selain itu kalian tidak perlu khawatir, karena buah melon ini bebas dari lemak dan kolesterol.

7. Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan salah satu kondisi dimana seseorang mempunyai kebiasaan kurang tidur. Biasanya insomnia bisa terjadi karena depresi, kecemasan, kurang olahraga, penyakit kronis, atau obat-obatan tertentu. Untuk mencegah masalah tersebut, kalian bisa mengonsumsi buah melon.

Hal ini lantaran buah melon mengandung senyawa uniquecompound yang baik bagi fungsi saraf dan menenangkan kecemasan. Sehingga, akan membantu kalian untuk memperoleh pola tidur yang lebih baik.

8. Menjaga Kesehatan Paru-paru

Manfaat buah melon selanjutnya yang masih banyak orang tidak mengetahuinya yaitu mampu menjaga kesehatan paru-paru. Dengan mengonsumsi buah melon, dapat membantu meremajakan paru-paru. Selain itu, kebiasaan seseorang yang merokok dan paru-parunya telah rusak, sebaiknya untuk rutin mengonsumsi buah melon.

Itulah sederet manfaat buah melon bagi kesehatan yang perlu kalian ketahui. Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata buah melon juga memiliki segudang khasiat baik. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI