8 Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan, Mampu Redakan Batuk - Panas Dalam

Jum'at, 03 Juli 2020 14:22 Penulis: Dita Tamara
8 Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan, Mampu Redakan Batuk - Panas Dalam
Ilustrasi (credit: instagram.com/alexy)


Kapanlagi Plus - Daun saga merupakan salah tumbuhan yang menyimpan segudang khasiat untuk kesehatan. Meski namanya terdengar asing, tumbuhan dengan ukuran daun kecil ini sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak dulu. Manfaat daun saga sangat populer untuk meredakan batuk. Ternyata bukan hanya itu saja lo, masih banyak manfaat lainnya yang perlu kalian ketahui, terutama bagi kesehatan.

Daun saga sering kali tidak disadari keberadaannya. Daun dengan nama latin Abrus precatorius L ini berukuran kecil, dan memiliki rasa agak manis. Meski begitu, kalian juga perlu waspada terhadap bijinya yang berwarna merah dengan bintik hitam itu, sebab diketahui biji dari daun saga bisa beracun. Sedangkan manfaat daun saganya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi.

Perlu kalian ketahui, kalian bisa memperoleh manfaat daun saga dengan cara mengonsumsi rebusan air daun saga, atau mengolahnya sebagai teh daun saga. Soal rasa tidak perlu khawatir, rasa manis yang ada pada daun sehingga mampu memberikan sensasi menyegarkan ketika di minum. Lalu, apa saja manfaat daun saga yang perlu diketahui? Berikut ini Kapanlagi.com telah merangkum dari manfaat daun saga bagi kesehatan tubuh.

 

 

1. Membantu Mengatasi Demam

Manfaat daun saga yang pertama yaitu diyakini bisa membantu mengatasi demam. Demam sendiri merupakan salah satu kondisi meningkatnya suhu tubuh dari suhu normal yaitu 37,5 derajat celcius. Demam biasanya bisa terjadi karena infeksi, namun juga menjadi salah satu tanda penyakit serius di tubuh kalian. Mengatasi demam dengan cara tradisional bisa kalian terapkan dengan menggunakan daun saga. Kalian bisa mengubah daun saga menjadi ekstrak atau teh herbal yang bisa kalian konsumsi untuk turunkan demam.

2. Atasi Diare

Manfaat daun saja selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk mengatasi diare. Masalah pencernaan yang satu ini kerap mengganggu tubuh yang bisa menyebabkan lemas. Daun saga mengandung sifat antioksidan dan anti bakteri yang mampu meredakan diare. Kalian bisa mengubahnya menjadi ramuan tradisional dengan menyiapkan daun dan batang saga dengan cara direbus.

3. Mengatasi Sariawan

Manfaat daun saga yang populer di kalangan masyarakat salah satunya dapat mengatasi sariawan. Manfaat ini bisa di dapat karena bahan aktif abrus lactone, asam abrusgenat, dan turunan metilnya dapat mengatasi sariawan. Untuk caranya, kalian bisa mengeringkan daun saga dan mengunyahnya beberapa detik, asal jangan ditelan. Selain itu kalian juga bisa menjadikan obat kumur dengan air rebusan daun saga. Rebus 10 gram daun saga dengan setengah liter air sampai mendidih. Saring dan gunakan rebusan air tersebut untuk berkumur.

4. Redakan Batuk

Manfaat daun saga juga bisa digunakan untuk batuk. Penyebab batuk yang paling umum adalah karena adanya infeksi pernapasan yang disebabkan oleh virus. Hal ini karena sifat antitusifnya yang mampu menekan batuk. Untuk memperoleh manfaatnya, konsumsi air rebusan daun saga guna mengatasi masalah batuk dan tenggorokan gatal.

5. Mengatasi Flu

Selain untuk mengatasi batuk, manfaat daun saga bisa digunakan untuk mengatasi flu. Flu sendiri salah satu infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Biasanya, gejala yang sering muncul yaitu demam, sakit kepala, pilek, hingga hidung tersumbar. Selain itu flu seringkali menyerang apabila kalian memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Sejak dulu manfaat daun saga dipercaya dapat mengatasi flu dengan cara meminum rebusan daun saga.

6. Meredakan Panas Dalam

Panas dalam merupakan salah satu kondisi yang sering kali dihubungkan dengan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan nyeri ketika menelan. Meski bukan tergolong penyakit serius, namun panas dalam cukup membuat rasa kalian merasa tidak nyaman. Untuk meredakan panas dalam, ambil sekitar 10-15 daun saga dan cuci bersih. Rebus daun saga dengan 2 gelas air, dan ambil setengah dari air yang tersisa. Tunggu sampai dingin, saring, kemudian bisa diminum.

7. Mengobati Sakit Mata

Sakit mata sering kali disebabkan oleh konjungtivitis. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala mata merah, berair, terasa gatal atau nyeri, dan bengkak. Kalian bisa meredakan sakit mata dengan ramuan tradisional daun saga yang dinilai ampuh mengobatinya. Caranya pun terbilang mudah, pertama-tama siapkan secukupnya daun saga, kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu, dekatkan mata yang sakit pada uap air rebusan daun saga dan sakit mata bisa segera teratasi.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Sebagian orang memang mencari cara untuk meningkatkan nafsu makan. Namun, kalian tidak perlu khawatir jika ingin meningkatkan nafsu makan dengan cara alami. Kalian bisa mengandalkan manfaat daun saga untuk meningkatkan nafsu makan. Diketahui daun saga mengandung vitamin B yang berfungsi membantu menambah nafsu makan. Dengan demikian, rutinlah untuk mengonsumsi rebusan daun saga.

Itulah sederet manfaat daun saga yang baik untuk kesehatan. Kalian bisa menggunakan obat tradisional untuk perawatan dari dalam maupun dari luar yang tetap memberikan khasiat luar biasa. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI