9 Manfaat Daun Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Atasi Nyeri Saat Menstruasi

Kamis, 25 Juni 2020 12:22 Penulis: Dita Tamara
9 Manfaat Daun Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh, Mampu Atasi Nyeri Saat Menstruasi
Manfaat daun ubi jalar (credit: instagram.com/kebon_siti85)


Kapanlagi Plus - Bagi sebagian orang tentunya sudah tidak asing lagi dengan ubi jalar. Namun, tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak khasiat. Ternyata, manfaat daun ubi jalar juga tidak kalah menarik untuk dibahas. Daun ubi jalar juga banyak dikonsumsi sebagai salah satu sayur yang menyehatkan. Selain itu, tanaman yang sering ditemukan di daerah tropis ini memiliki banyak nutrisi.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Amerika, daun ubi jalar merupakan sumber antioksidan, niasin, vitamin, kalsium, tiamin, asam folat, protein, dan karoten. Banyaknya kandungan yang terdapat di dalam ubi jalar tentunya juga berfungsi untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, tanaman yang mempunyai nama lain daun ketela ini biasanya dikonsumsi sebagai lalapan, tumis, maupun pelengkap pada sayur.

Lalu, apa saja manfaat daun ubi jalar yang perlu diketahui? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

1. Membantu Kepadatan Tulang

Semakin bertambahnya usia, menjaga kesehatan tulang juga perlu diperhatikan. Untuk menjaganya, sebaiknya rutin untuk mengonsumsi daun ubi jalar. Vitamin K yang terkandung dalam ubi jalar dapat membantu mempertahankan kalsium pada tulang. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi kemungkinan terkena osteoporosis. Selain itu, vitamin K juga berfungsi membantu meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan kemungkinan patah tulang pada wanita paska menopause.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Selanjutnya, manfaat daun ubi jalar sangat baik untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Penyakit jantung sendiri salah satu kondisi dimana jantung mengalami gangguan. Mengingat jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting, untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan alami dengan mengonsumsi daun ubi jalar. Diketahui daun ubi jalar mengandung vitamin B6, nutrisi, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Mengatasi Rasa Sakit Saat Menstruasi

Menstruasi sendiri merupakan kondisi keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Hal tersebut membuat timbulnya gejala-gejala seperti kram perut dan perubahan emosi. Sakit saat menstruasi kerap membuat aktivitas menjadi terganggu.

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk mengonsumsi daun ubi jalar. Hal tersebut lantaran vitamin K yang ada pada daun ubi jalar memiliki jumlah yang besar. Dengan demikian, bisa membantu mengatur fungsi hormon dan rasa sakit saat menstruasi.

4. Obati Demam Berdarah

Datangnya musim hujan, seringkali menjadi ketakutan masyarakat akan datangnya wabah demam berdarah. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini harus cepat diatasi karena dapat menyebabkan risiko kematian.

Manfaat daun ubi jalar salah satunya dipercaya mampu untuk obati penyakit demam berdarah. Hal ini lantaran kandungan B6 sebanyak 3 kali lebih banyak daripada daging ubi jalar. Selain itu daun ubi jalar juga mengandung vitamin C serta riboflavin 10 kali lebih banyak daripada buahnya.

5. Membantu Mengobati Peradangan

Peradangan merupakan salah satu kondisi dimana saat sel darah putih melawan untuk melindungi diri dari infeksi bakteri atau virus. Peradangan juga terjadi saat tubuh mengalami cedera. Manfaat daun ubi jalar dipercaya dapat mengobati peradangan. Hal ini karena daun ubi jalar kaya akan vitamin dan protein yang baik untuk membantu mengatasi dari berbagai peradangan pada tubuh.

6. Kesehatan Otak

Manfaat ubi jalar ternyata baik untuk kesehatan otak. Menurut penelitian, vitamin K yang terdapat dalam daun ubi jalar, memiliki sifat antiinflamasi yang melindungi otak terhadap stres oksidatif yang merusak sel dan dapat menyebabkan penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, kanker, dan gagal jantung. Mengingat fungsi kerja otak sangat penting, tidak ada salahnya membiasakan diri untuk mengonsumsi daun ubi jalar.

7. Atasi Mabuk Kendaraan

Mabuk kendaraan merupakan suatu kondisi tidak nyaman yang dialami seseorang ketika berpergian menggunakan kendaraan, seperti mobil, bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang. Kebiasaan mabuk kendaraan ini bisa diatasi dengan mengonsumsi daun ubi jalar. Dengan demikian, rasa mual dan lemas akan cepat hilang. Kalian bisa mengonsumsi daun ubi jalar dengan cara mengukusnya.

8. Meningkatkan Kekuatan Penglihatan

Selanjutnya, manfaat daun ubi jalar salah satunya dapat memperkuat penglihatan. Hal ini lantaran vitamin K yang melimpah dan kandungan vitamin A yang membantu mencegah kerusakan pada lensa mata. Dengan begitu, rutinlah untuk mengonsumsi daun ubi jalar demi menjaga kesehatan mata kalian.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, sangat baik mengonsumsi daun ubi jalar karena manfaatnya yang dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, apabila ingin memiliki kadar gula darah yang normal, mengonsumsi secara rutin sangat dianjurkan. Hal ini juga membuat daun ubi jalar baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Itulah sederet manfaat daun ubi jalar yang baik bagi kesehatan tubuh. kalian bisa mengonsumsinya dengan cara direbus untuk dijadikan lauk, atau dengan cara dikukus supaya tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI