8 Penyebab Lutut Sakit dan Nyeri, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Jum'at, 29 Januari 2021 12:11 Penulis: Nurul Wahida
8 Penyebab Lutut Sakit dan Nyeri, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya
Penyebab lutut sakit (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Lutut terasa sakit dan nyeri tiba-tiba seringkali tidak dikenali penyebab pastinya. Kondisi ini bisa menyerang segala usia dengan beragam faktor pemicu. Penyebab lutut sakit dan nyeri sebaiknya perlu diwaspadai sebab dapat menjadi pertanda gejala penyakit tertentu seperti asam urat.

Lutut memiliki peran penting sebagai bagian dari persendian yang berfungsi membantu tubuh untuk berdiri, berjalan ataupun berlari. Secara singkatnya lutut menjadi tumpuan dan penyangga berat badan tubuh. Begitu pentingnya peran lutut, tak jarang masalah kesehatan yang muncul seringkali menyebabkan aktivitas harian terganggu.

Misalnya saja lutut sakit dan nyeri yang membuat tubuh bahkan tak sanggup berdiri. Ini seringkali dialami saat sakit lutut memiliki gejala cukup serius hingga menimbulkan nyeri luar biasa.

Hal ini tentunya menjadi masalah yang cukup mengganggu apabila tidak diatasi segera. Untuk itulah mengetahui apa saja penyebab lutut sakit dan nyeri perlu dilakukan. Sehingga masalah yang dialami dapat segera teratasi dengan mengetahui sumber penyebabnya.

Adapun penyebab lutut sakit dan nyeri dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut penyebab lutut sakit dan nyeri telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Mengalami Cedera

Penyebab lutut sakit dan nyeri yang pertama dapat disebabkan karena mengalami cedera. Ada beberapa faktor penyebab cedera lutut yang akhirnya menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Misalnya saja cedera saat melakukan olahraga ataupun cedera karena kecelakaan.

Melansir dari mayoclinic.org, lutut memiliki beberapa bagian mulai dari ligament anterior fraktur, meniscus, tendinitis patella ataupun bursitis lutut. Bagian tersebut dapat mengalami cedera baik peradangan, robekan, kerusakan, ataupun patah. Akibatnya rasa nyeri dan sakit tidak dapat dihindari apabila bagian lutut mengalami cedera.

2. Sindrom Pita Iliotibial

Penyebab lutut sakit dan nyeri selanjutnya adalah mengalami sindrom pita iliotibial. Sindrom pita iliotibial terjadi saat pita iliotibial yang berada pada jaringan keras dan memanjang di luar panggul ke luar lutut. Ini menyebabkan gesekan terjadi dengan area luar tulang paha hingga akhirnya menimbulkan peradangan dan rasa sakit serta nyeri. Kondisi ini seringkali menimbulkan rasa sakit saat digunakan untuk berlari ataupun beraktivitas berat. Tak heran apabila sindrom pita iliotibial rentan terjadi pada seorang atlet.

3. Degenerasi Tulang

Penyebab lutut sakit dan nyeri juga bisa disebabkan oleh masalah degenerasi tulang. Degenerasi tulang menyebabkan rasa sakit dan nyeri saat digerakkan. Degenerasi tulang biasanya terjadi pada usia lanjut yang mengalami penurunan masa tulang dan persendian.

Misalnya saja gangguan kesehatan yang termasuk faktor degenerasi tulang seperti osteoarthritis. Kondisi tersebut terjadi karena penurunan masa tulang terutama pada tulang rawan di lutut akibat faktor usia. Konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut dapat dipertimbangkan apabila mengalami masalah pada degenerasi tulang.

4. Artritis Rheumatoid

Penyebab lutut sakit dan nyeri selanjutnya juga bisa disebabkan karena artritis rheumatoid. Artritis rheumatoid adalah peradangan pada persendian yang dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh. Akibatnya bagian persendian mengalami beberapa gejala seperti nyeri, sakit, sendi bengkak ataupun terasa kaku.

Artritis rheumatoid tak hanya menyerang bagian lutut namun hampir semua area persendian tubuh. Sejumlah orang bahkan rentan terhadap risiko artritis rheumatoid terutama pada tingkat usia paruh baya. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dilakukan apabila mengalami gejala yang cukup serius akibat artritis rheumatoid.

5. Asam Urat

Penyebab lutut sakit dan nyeri yang juga banyak dikeluhkan sejumlah orang adalah karena mengalami asam urat. Sama dengan beberapa masalah kesehatan area persendian, penyakit asam urat dapat menyebabkan rasa nyeri, sakit, dan kaku pada persendian termasuk lutut. Melansir dari mayoclinic.org, terbentuknya kristal asam urat di area sendi menyebabkan rasa sakit dan nyeri dapat timbul.

Selain itu kondisi lain terkait dengan nyeri lutut juga bisa terjadi karena pseudogout. Kondisi tersebut hampir serupa dengan asam urat namun berbeda. Sebab yang terbentuk adalah kristal mengandung kalsium pada cairan sendi, akibatnya lutut terasa nyeri dan sakit. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk mencegah gejala lebih lanjut.

6. Kelebihan Berat Badan

Faktor risiko penyebab lutut sakit dan nyeri juga dapat dialami karena berat badan berlebih. Seperti diketahui obesitas tentunya membuat bagian kaki termasuk lutut cenderung mengalami tekanan berlebih. Melansir dari mayoclinic.org, saat tubuh kelebihan berat badan kondisi tersebut akan memberikan tekanan pada sendi lutut. Akibatnya saat digunakan untuk beraktivitas ataupun bergerak dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Sehingga penting untuk mengontrol berat badan tubuh agar tetap ideal agar mencegah gangguan kesehatan.

7. Aktivitas Berat

Sejumlah aktivitas berat diketahui dapat memicu masalah pada tulang ataupun persendian. Ini termasuk menimbulkan rasa sakit dan nyeri lutut akibat aktivitas berat. Diantaranya yakni seperti melakukan olahraga berat, pekerjaan berat dan seterusnya memiliki risiko menyebabkan lutut sakit.

Misalnya saja saat kalian melakukan olahraga basket ataupun berlari hal ini akan menimbulkan tekanan yang terus berulang pada lutut. Akibatnya risiko sakit dan nyeri dapat terjadi. Begitu juga dengan pekerjaan tertentu yang membuat lutut mengalami tekanan berlebih berpotensi memicu rasa sakit.

8. Artritis Septic

Melansir dari mayolcinic.org, artritis septic juga dapat menjadi penyebab lutut sakit. Sebab kondisi ini membuat area persendian terutama lutut mengalami peradangan baik infeksi, ataupun bengkak. Sejumlah gejala dapat dirasakan pengidapnya saat mengalami artritis septic seperti nyeri, demam, serta terasa lelah. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dilakukan untuk mencegah risiko lebih lanjut.

9. Gejala Lutut Sakit dan Nyeri

Meski sejumlah penyebab lutut sakit dapat terjadi karena beberapa kondisi dengan gejala yang beragam. Namun secara umum gejala yang ditimbulkan saat lutut sakit sebagai berikut:

- Terasa bengkak dan kaku.

- Lutut terasa nyeri dan tidak stabil.

- Terkadang lutut mengeluarkan bunyi seperti berderak saat digunakan untuk bergerak.

- Terasa hangat ketika disentuh.

10. Cara Mencegah Lutut Sakit

Setelah mengetahui beberapa gejala dan penyebab lutut sakit, penting juga mengetahui bagaimana cara mencegah lutut sakit. Adapun cara mencegah lutut sakit dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut cara mencegah lutut sakit yang dapat menjadi referensi mengatasi masalah lutut dengan pertolongan pertama.

- Mengontrol berat badan agar tetap ideal untuk mencegah berat badan berlebih.

- Menentukan olahraga tepat terutama yang dapat membuat tulang dan sendi lutut tetap kuat misalnya saja berenang.

- Menggunakan sepatu nyaman dan pelindung lutut saat beraktivitas berat ataupun memicu risiko cedera.

- Hindari aktivitas fisik berat yang menyebabkan peradangan pada lutut hingga memicu cedera.

- Memilih gerakan olahraga yang sesuai atau berlatih dengan seorang pelatih professional untuk mencegah risiko cedera lutut.

Nah itulah 8 penyebab lutut sakit dan nyeri yang perlu dikenali beragam gejalanya. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dilakukan untuk mengatasi masalah lutut sakit secara tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI