9 Makanan untuk Kekurangan Sel Darah Putih, Bisa Meningkatkan Jumlah Leukosit

Selasa, 26 Januari 2021 16:55 Penulis: Nurul Wahida
9 Makanan untuk Kekurangan Sel Darah Putih, Bisa Meningkatkan Jumlah Leukosit
Makanan kekurangan sel darah putih (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Sel darah putih berperan penting mendukung kesehatan tubuh seperti melawan infeksi. Namun ketika tubuh kekurangan sel darah putih, tidak menutup kemungkinan kondisi ini bisa memicu masalah kesehatan. Akan tetapi ada cara mengatasinya yakni dengan konsumsi makanan untuk kekurangan sel darah putih.

Sel darah putih juga dikenal dengan leukosit yakni berperan penting pada sistem kekebalan tubuh. Sehingga dengan perannya tersebut, sel darah putih mampu melawan beragam infeksi yang menyerang tubuh. Sama halnya dengan kekurangan sel darah putih, kelebihan leukosit juga menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

Misalnya saja berkaitan dengan kelebihan sel darah putih masalah kesehatan yang timbul meliputi risiko kanker darah, limfoma ataupun alergi. Sama seperti nutrisi tubuh lainnya, cara meningkatkan sel darah putih rendah dapat bersumber dari makanan tertentu.

Makanan untuk kekurangan sel darah putih tersebut mampu membantu meningkatkan jumlah leukosit yang rendah. Terlepas dari hal tersebut, perlu diketahui bahwa sel darah putih dibagi dalam lima jenis yakni neutrophil, limfosit, monosit, eosinofil dan basofil. Di mana masing-masing jenis tersebut memiliki peran dan fungsi berbeda berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

Ketika salah satu komponen dari sel darah putih rendah, kondisi tersebut bisa memicu masalah kesehatan.  Untuk itulah ada cara mengatasi kekurangan sel darah putih dengan konsumsi makanan tertentu. Adapun makanan untuk kekurangan sel darah putih dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut makanan kekurangan sel darah putih telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Telur Matang

Makanan untuk kekurangan sel darah putih yang pertama adalah telur. Ya, telur mengandung banyak nutrisi dan vitamin sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa kandungan nutrisi dan vitamin dalam telur meliputi protein, kalori, lemak, karbohidrat dan seterusnya.

Berkaitan dengan kekurangan sel darah putih, asupan nutrisi yang penting meningkatkan jumlah leukosit adalah protein. Melansir dari healthline.com, konsumsi telur rebus yang sempurna matang sampai padat dapat membantu meningkatkan kekurangan sel darah putih.

2. Produk Susu

Makanan untuk kekurangan sel darah putih selanjutnya adalah beragam produk susu. Melansir dari uwhealth.org, sejumlah produk susu yang telah dipasteurisasi seperti yogurt, keju cottage, krim keju adalah makanan yang cukup ramah untuk kalian yang memiliki jumlah sel darah putih rendah.

Misalnya saja yogurt, makanan ini termasuk makanan probiotik yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu melansir dari stylecraze.com, yogurt memiliki sifat stimulus untuk meningkatkan jumlah sel darah putih. Konsultasi dengan dokter dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan rekomendasi tepat resep dan jumlah konsumsi yogurt.

3. Bayam

Bayam menjadi jenis sayur yang cukup familiar dapat mengatasi sejumlah masalah kesehatan tertentu. Sebab bayam mengandung beberapa nutrisi dan vitamin sehat yang diperlukan tubuh. Salah satunya membantu masalah kesehatan yakni kekurangan sel darah putih. Ya, makanan untuk kekurangan sel darah putih juga dapat bersumber dari sayur bayam.

Bayam memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi yang bisa membantu meningkatkan leukosit rendah. Kalian bisa mengonsumsi bayam sebagai menu sehat baik membuatnya sebagai salad ataupun sayur favorit lainnya.

4. Brokoli

Makanan untuk kekurangan sel darah putih selanjutnya adalah brokoli. Sama halnya dengan sayur bayam, brokoli juga mengandung nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh. Diantara fungsi nutrisi tersebut salah satunya yakni dapat mengontrol sel darah putih dan membantu meningkatkan sistem imunitas. Ini dipengaruhi oleh kandungan sulfophane (SFN), antioksidan dan vitamin yang terdapat dalam brokoli bisa membantu meningkatkan jumlah sel darah putih. Melansir dari stylecraze.com, konsumsi brokoli matang baik dibuat menjadi salad ataupun sayur favorit bisa menjadi cara mengatasi kekurangan sel darah putih.

5. Buah Kiwi

Makanan untuk kekurangan sel darah putih selanjutnya adalah buah kiwi. Sebab kiwi mengandung nutrisi dan vitamin yang bisa membantu meningkatkan jumlah leukosit. Misalnya saja beberapa kandungan nutrisi dalam kiwi meliputi, antioksidan, potassium, vitamin C, dan vitamin E. Sehingga buah kiwi dapat menjadi bagian dari makanan sehat untuk kalian konsumsi apabila mengalami masalah kekurangan sel darah putih.

6. Daging Matang

Daging juga termasuk makanan untuk kekurangan sel darah putih yang ramah dikonsumsi pengidap leukosit rendah. Namun ada sejumlah kriteria tertentu yang perlu diperhatikan apabila ingin konsumsi daging sebagai makanan penambah sel darah putih. Misalnya saja daging haru dimasak hingga benar-benar matang. Melansir dari uwhealth.org ada suhu tertentu yang perlu diketahui untuk memastikan daging benar-benar matang. Di mana suhu daging yang disarankan untuk membantu mengatasi kekurangan sel darah putih yakni pada daging unggas lebih dari 180 derajat Fahrenheit. Sedangkan daging lainnya lebih dari 160 derajat Fahrenheit. Beberapa daging tersebut diantaranya seperti daging sapi, unggas, ikan, kerang, dan seterusnya.

7. Makanan Mengandung Selenium

Makanan mengandung selenium juga dapat membantu mengatasi masalah kekurangan sel darah putih. Sebab selenium dapat meningkatkan produksi sel darah putih terutama jenis limfosit dan neutrophil seperti melansir dari stylecraze.com. Selain itu nutrisi ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa jenis makanan untuk kekurangan sel darah putih dengan kandungan selenium tinggi meliputi tuna, sarden, ataupun ayam. Konsultasi dengan dokter dapat dipertimbangkan untuk mendapat rekomendasi tepat terkait jumlah konsumsi makanan tersebut.

8. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari juga termasuk makanan untuk kekurangan sel darah putih. Sebab biji bunga matahari diketahui mengandung sejumlah nutrisi sehat meliputi fosfor, magnesium, vitamin E, dan vitamin B6. Nutrisi dan vitamin tersebut cukup penting membantu meningkatkan jumlah sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Kalian bisa mengonsumsi biji bunga matahari sebagai camilan ataupun memasukkannya bersama dengan resep salad.

9. Bawang Putih

Ada beragam manfaat bawang putih bagi kesehatan termasuk sebagai makanan untuk kekurangan sel darah putih. Melansir dari stylecraze.com, bawang putih diketahui memiliki sifat imunomodulatir dan anti-inflamasi yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini kandungan allicin bawang putih bisa membantu memproduksi sel darah putih. Kalian dapat mengonsumsi bawang putih bersama dengan resep makanan tertentu untuk mengatasi aroma menyengat bawang putih.

10. Makanan yang Dihindari Kekurangan Sel Darah Putih

Setelah mengetahui makanan untuk kekurangan sel darah putih, kalian juga perlu memperhatikan apa saja jenis makanan yang perlu dihindari. Adapun makanan yang dihindari apabila tubuh kekurangan sel darah putih meliputi:

- Produk susu yang tak dipasteurisasi.

- Sayuran mentah ataupun bumbu dan rempah mentah.

- Buah-buahan yang tidak dicuci ataupun jus buah yang tidak dipasteurisasi.

- Buah-buahan kering.

- Daging mentah.

- Telur setengah matang dengan kuning telur yang masih lumer.

- Kacang mentah.

- Makanan yang mengandung telur metah.

11. Penyebab Kekurangan Sel Darah Putih

Beberapa masalah kesehatan dapat timbul apabila tubuh kekurangan sel darah putih. Diantara penyebab kekurangan sel darah putih yakni sebagai berikut:

- Mengalami infeksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

- Mengalami kelainan bawaan.

- Gangguan autoimun seperti riwayat penyakit lupus.

- Riwayat penyakit kanker seperti leukimia.

- Gangguan pada darah serta sumsum tulang.

- Efek samping obat tertentu.

Nah itulah 9 makanan untuk kekurangan sel darah putih. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk mengatasi jumlah leukosit rendah yang dimiliki tubuh.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI