8 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik untuk Orangtua dalam Mendidik Anak

Rabu, 26 Oktober 2022 14:55
8 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik untuk Orangtua dalam Mendidik Anak
(Credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Menjadi orangtua bukanlah hal mudah. Oleh karena itu, wajar jika kalian merasa perlu untuk mencari rekomendasi buku parenting terbaik untuk menunjang pengetahuan.

Berbagai aspek seperti mendidik anak, mengelola emosi, membantu anak belajar dan lain sebagainya memang perlu dipikirkan sejak awal. Bahkan, hal ini perlu dipersiapkan sebelum kalian benar-benar memiliki anak. Rekomendasi buku parenting dalam hal ini jelas sangat dibutuhkan.

Nah, jika kalian sedang mencari rekomendasi buku parenting terbaik untuk orangtua dalam mendidik anak, silakan simak sejumlah ulasan berikut ini.

1. Mendidik Anak Tanpa Teriakan & Bentakan

Mengasuh anak memang bukan hal mudah. Terkadang orangtua kerap tersulut emosi hingga tanpa sadar bisa berteriak dan membentak anak. Padahal, hal itu bisa berpengaruh dalam perkembangan dan memperburuk perilakunya.

Nah, dengan membaca buku Mendidik Anak Tanpa Teriakan dan Bentakan ini, kalian akan tahu cara mengelola konflik dengan anak tanpa harus marah-marah. Buku ini didasarkan pada pengalaman penulisnya, yakni Ayah Edy, seorang guru sekaligus praktisi parenting terkenal di Indonesia. Isi dalam rekomendasi buku parenting ini cocok diterapkan untuk mendidik anak-anak di rumah maupun di sekolah.

2. Rumah Main Anak

Rumah Main Anak juga menjadi rekomendasi buku parenting terbaik untuk kalian baca. Terutama bagi kalian yang kini sudah memiliki anak di usia 3 tahun. Di usia tersebut, anak biasanya sudah bisa menerima pendidikan usia dini. Karena tak bisa menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab mendidik anak ke guru atau sekolah, kalian pun wajib mempelajarinya.

Oleh karena itu, pengetahuan dalam buku ini akan membantu kalian dalam menciptakan proses belajar yang seru, menarik, dan menyenangkan bagi si buah hati. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan 60 stimulasi permainan untuk anak usia 3-6 tahun, 45 stimulasi permainan mengenalkan anak pada huruf dan angka, 50 aktivitas art and craft + science for children.

3. Minds for the Future

Saat lahir di era serba digital seperti ini, penting bagi anak untuk tumbuh di keluarga yang mengerti teknologi. Bagaimanapun, anak-anak tak terelakkan dalam kehidupan yang penuh teknologi canggih sejak kecil. Oleh karena itu, skill mereka pun perlu diasah dengan informasi dan media demi kemampuan akademis mereka.

Meski bisa terpapar dengan sendirinya, tak mudah dalam mengarahkan anak yang sudah terlanjur terobsesi dengan teknologi. Oleh karena itu, sebagai orangtua kalian membutuhkan rekomendasi buku parenting yang cocok. Minds for the Future ini bisa jadi jawabannya bagi orangtua yang ingin mendidik anaknya mengenai skill bertahan di era digital ini.

4. Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay

Anak kecil satu dan yang lain tentu memiliki sikap yang berbeda. Entah itu terlalu pemalu atau bahkan terlalu aktif. Terkadang juga tidak disiplin, tantrum, hingga kecanduan gadget. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jika kalian tak bisa menemukan jawabannya, mungkin saja ada suatu hal yang membuat hubungan jadi kurang erat.

Nah, untuk mengatasi kendala bonding antara orangtua dan anak, ada rekomendasi buku parenting yang berjudul Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay. Buku yang ditulis oleh terapis Theraplay pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini mungkin bisa membantu. Kalian tak memerlukan banyak mainan atau waktu 24 full untuk menerapkan ilmu ini. Usahakan untuk meluangkan waktu sebanyak 30 menit setiap hari untuk membangun bonding penuh makna dan cinta dengan anak.

5. Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea

Jika kalian merupakan orangtua beda negara, Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea tampaknya cocok jadi rekomendasi buku parenting untuk dibaca. Saat membaca judulnya, mungkin kalian merasa tak asing. Ya, buku ini memang milik Gina Selvina, orang Indonesia yang menikah dengan pria dari Korea Selatan. Mereka sudah begitu dikenal lewat tayangan Youtube Kimbab Family sebagai keluarga dengan gaya parenting yang inspiratif.

Nah, lewat media buku, Kimbab Family juga bercerita tentang pengalaman mereka dalam mendidik anak-anaknya, yaitu Suji, Yunji, dan Jio. Kalian bisa belajar bagaimana anak-anak perlu dilibatkan dan diajarkan dalam pengambilan keputusan, diperkenalkan dengan konsekuensi, negosiasi, disiplin. Hal-hal itu perlu disampaikan tanpa marah-marah, tapi tetap dengan ketegasan dan kelembutan. Selain itu, ada pula cerita lika-liku kehidupan rumah tangga mereka yang tak pernah diceritakan dalam channel Youtube-nya.

6. Every Child is Special

Every Child is Special juga menjadi rekomendasi buku parenting yang layak kalian baca. Terlebih, jika kalian mulai merasa bahwa ternyata perilaku anak tidak seperti yang diharapkan meski sebenarnya dia juga bukan anak nakal. Orangtua merupakan sosok dewasa pertama yang ditemui oleh anak. Oleh karena itu, orangtua pun wajib mengajari, mendidik, dan melatihnya agar berperilaku baik.

Sebagai orang yang memikul tanggung jawab, kalian mungkin membutuhkan berbagai materi dalam buku ini. Mulai dari metode modifikasi perilaku (modified behavior), tips, cara penanganan masalah, dan contoh-contoh yang berdasarkan teori para ahli.

7. Parenting Santuy Mengurus Anak Tanpa Ribet

Parenting memang bukan hal yang mudah, tapi ada rekomendasi buku Parenting Santuy Mengurus Anak Tanpa Ribet yang akan membantu kalian. Terkadang, orangtua memang selalu ingin memberikan segala yang terbaik untuk anak. Mulai dari mainan dan makanan yang banyak hingga perlindungan berlebih alias overprotective.

Namun, ada baiknya untuk memikirkan ulang apa cara mendidik yang berlebihan selama ini sudah tepat? Atau ternyata kalian memang butuh cara baru yang lebih santai? Nah, penjelasan parenting ala Denaye Baharona Ph.D., yang merupakan seorang praktisi perkembangan anak ini mungkin bisa kalian terapkan. Dengan membaca buku ini, kalian akan dipandu bagaimana cara mendidik anak dengan sederhana, santai, dan tanpa ribet.

8. Yes, Your Baby is Genius

Selanjutnya, ada rekomendasi buku parenting yang berjudul Yes, Your Baby is Genius. Dengan membaca buku ini, kalian akan mengetahui panduan tentang pemberian stimulus untuk mengukur dan memperkaya tahun pertama kehidupan bayi. Perlu kalian ketahui pula bahwa bulan-bulan awal setelah kelahiran menjadi momen penting untuk kesejahteraan jangka panjang seorang anak.

Buku ini berisi penjelasan mengenai pertumbuhan anak dan cara bagi orangtua dalam menciptakan lingkungan rumah yang diharapkan bisa meningkatkan perkembangan otak.

KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku parenting terbaik untuk orangtua dalam mendidik anak yang bisa kalian pelajari.

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI