6 Rekomendasi Novel Indonesia Best Seller yang Diadaptasi ke Film Layar Lebar, Ada Kisah Sejarah - Romansa

Rabu, 26 Oktober 2022 15:22
6 Rekomendasi Novel Indonesia Best Seller yang Diadaptasi ke Film Layar Lebar, Ada Kisah Sejarah - Romansa
Rekomendasi Novel Indonesia Best Seller (credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Rekomendasi novel Indonesia best seller beberapa di antara tak kalah sukses diangkat ke film layar lebar. Tidak hanya novel-novel romansa, karena ada pula novel yang mengandung kisah sejarah yang bakalan memberimu pengalaman baru tentang sebuah peristiwa.

Ada sederet rekomendasi novel Indonesia best seller yang wajib banget dibaca. Karena sebagian besar rekomendasi novel best seller tersebut mengandung kisah menarik bahkan banyak pesan moralnya. Oleh karena itu, nggak ada salahnya buat mencari tahu apa saja rekomendasi novel Indonesia best seller yang diangkat ke film bioskop.

Nah, di bawah ini ulasan tentang rekomendasi novel Indonesia best seller yang diadaptasi ke film layar lebar. Jika kalian belum nonton filmnya, versi asli novel seperti pembahasan sebagai berikut wajib banget di baca. Cek langsung KLovers.

 

1. Bumi Manusia

Bumi Manusia merupakan novel karya Pramoedya Ananta Toer yang berlatarkan kisah sejarah. Novel fiksi berjudul Bumi Manusia sangatlah populer bahkan sampai diadaptasi dalam film layar lebar. Sementara itu, Bumi Manusia membahas mengenai kisah Minke yang dikenal sebagai keturunan priyayi. Ia adalaj sosok pemberani dan berjiwa bebas hingga memutuskan bersekolah di sekolah Eropa terdiri dari murid-murid Belanda. Saat itu, Indonesia berada pada masa pemerintahan Kolonial.

Minke yang menjadi satu-satunya siswa pribumi, mengambil banyak ilmu dari sana serta menjalin persahabatan dengan orang-orang Belanda. Sementara itu, ia juga mulai menemukan jawaban atas praktik feodalisme dari masyarakat kolonial yang ketika itu juga tengah marak.

Nggak hanya kisah Minke dengan segala keingintahuan dan idealismenya, novel Bumi Manusia juga mengandung romansa yang bikin baper. Pasalnya, tokoh Minke dikisahkan jatuh hati pada seorang anak keturunan Belanda bernama Annelies. Dengan membaca novel Bumi Manusia, kalian akan melihat bagaimana sejarah Indonesia melalui pemikiran-pemikiran berkembang abad ke-19 hingga abad ke-20 lewat tokoh Minke di Bumi Manusia.

 

2. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Rekomendasi novel Indonesia yang berhasil diangkat dalam film layar lebar adalah Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Novel ini karya Buya Hamka yang masuk pada jajaran novel best seller. Di mana, kisah dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck berfokus pada tokoh bernama Zainuddin dan Hayati.

Buku ini mengandung kisah romansa yang berlatarkan adat dan budaya di Minangkabau. Tokoh Zainuddin dikisahkan mencintai Hayati. Kedatangan Zainuddin ke kampung kelahiran ayahnya di Minangkabau mendapat sambutan kurang baik. Sampai ia bertemu Hayati yang berhasil membuatnya jatuh hati. Namun, kisah cinta mereka tidak semulus yang dijalani lantaran Hayati telah dijodohkan dengan pemuda lain bernama Aziz. Saat hendak pergi ke Padang Panjang, sebenarnya Hayati sudah bersumpah setia. Namun, semua berubah saat ia harus menuruti kata orang tuanya.

Kini Hayati sudah menjadi istri orang lain. Namun, takdir mempertemukan Hayati dengan Zainuddin lagi. Belum lagi, pernikahan Hayati ternyata berakhir tragis saat suaminya memutuskan bunuh diri lantaran tak kuat menjalani hidup dan menyerahkan Hayati pada Zainuddin. Tapi perasaan Zainuddin ke Hayati kini telah berubah. Akan tetapi hati kecilnya sebenarnya masih mencintai Hayati. Peristiwa tragis terjadi saat kapal yang ditumpangi Hayati tenggelam. Zainuddin kemudian berusaha mencari Hayati namun takdir berkata lain. Tertarik buat baca?

 

3. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi tentu sudah sangat terkenal hingga diadaptasi ke dalam sebuah film layar lebar. Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini mengisahkan tentang kehidupan anak-anak di Belitong. Anak-anak tersebut tak pernah putus asa untuk bersekolah meskipun keadaannya terbatas. Bukan hanya kehidupan berat, karena para Laskar Pelangi ini dihadapkan dengan situasi pelik saat sekolah, satu-satunya tempat mereka belajar terancam ditutup.

Pasalnya, sekolah tersebut hanya memiliki jumlah siswa yang sedikit. Ditambah lagi ruang belajar dan prasarana yang belum memadahi jadi salah satu alasan lainnya. Meski begitu tak menyurutkan para anak-anak Laskar Pelangi mencari ilmu. Kisah persahabatan dan semangat mencari ilmu juga tersaji dalam novel Laskar Pelangi. Nggak heran kalau Laskar Pelangi bisa jadi motivasi buat kalian mengejar mimpi. Tertarik baca novel aslinya?

 

4. Sang Pemimpi

Sang Pemimpi juga masuk dalam jajaran rekomendasi novel Indonesia yang berhasil diadaptasi ke dalam film layar lebar. Novel fiksi karya Andrea Hirata ini juga sangat sukses di pasaran. Novel Sang Pemimpi mengisahkan tentang persahabatan antara Arai, Ikal dan Jimbron dengan segudang mimpi tinggi mereka.

Melansir dari goodreads.com, Sang Pemimpi menghadirkan kisah menarik tentang kekuatan cinta, mimpi sekaligus pengorbanan akan bersatu melengkapi kisah tiga sahabat di usia remaja mereka. Sementara itu, ada pula perjuangan ketiganya meraih mimpi mereka dengan berbagai rintangannya. Novel ini bakalan memotivasi kalian untuk berani melangkah meraih cita-cita dan selalu mensyukuri hidup.

 

5. Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

Rekomendasi novel Indonesia yang juga best seller sampai diadaptasi ke dalam film layar lebar adalah Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990. Novel karya Pidi Baiq ini merupakan novel romansa yang mengisahkan kisah cinta dua orang remaja SMA bernama Dilan dan Milea. Dikisahkan Dilan dan Milea bertemu saat mereka berada di sekolah yang sama.

Sejak pertemuan pertama, Dilan langsung tertarik pada Milea. Ia pun mulai menarik hati Milea dengan kata-kata rayuan yang sukses bikin baper. Sebut saja salah satu yang viral kata-kata Dilan ke Milea yakni "Milea, kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore. Tunggu aja." dijamin kisah cinta berlatarkan tahun 90-an ini bakalan membuat kalian senyum-senyum sendiri mengingat kisah kasih di sekolah.

 

6. 5 CM: Aku, Kamu, Samudera dan Bintang-Bintang

Rekomendasi novel Indonesia yang juga best seller berikutnya adalah 5 CM: Aku, Kamu, Samudera dan Bintang-Bintang. Novel karya Donny Dhirgantoro ini mengisahkan petualangan 5 orang sahabat yang memutuskan buat mendaki puncak Semeru. Namun perlu diketahui kalau kelimanya memiliki karakter yang berbeda akan tetapi saling menerima satu sama lain.

Nggak hanya persahabatan, romansa juga terdapat dalam novel 5 CM: Aku, Kamu, Samudera dan Bintang-Bintang yang membuat kisahnya makin manis. Mengikuti petualangan Zafran, Genta, Riani, Ian, Arial dan Dinda, kalian akan menemukan sudut pandang baru tentang artis persahabatan, cinta serta keluarga.

Itulah rekomendasi novel Indonesia yang diadaptasi ke dalam film layar lebar. Selamat membaca KLovers.

 

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI