Arti SOP: Pengertian Secara Umum dan Menurut Ahli Beserta Manfaatnya

Kamis, 05 Mei 2022 10:33 Penulis: Dhia Amira
Arti SOP: Pengertian Secara Umum dan Menurut Ahli Beserta Manfaatnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Bagi kalian para pekerja, pasti tahu dengan sebuah kata SOP. Ya, SOP sendiri merupakan kepanjangan dari Standar Operasional Prosedur. Arti SOP ini merupakan suatu sistem yang dirancang guna menertibkan, merapikan, dan memudahkan suatu pekerjaan. Sehingga, ini bisa juga disebut sebagai sistem operasional dalam pekerjaan, agar sesuai dengan standar yang telah ditentukan

Menurut pendapat para ahli, arti SOP merupakan bentuk administrasi perkantoran yang diwujudkan dalam instruksi tertulis. Disebut juga sebagai panduan khusus agar kegiatan operasional bisa berjalan sesuai keinginan. Apalagi bila sebuah lingkungan kerja yang cukup berbahaya, mematuhi sebuah SOP sangatlah penting, agar mengurangi kecelakaan kerja. Selain itu, SOP juga dilakukan agar pekerjaan dapat selesai sesuai target.

Nah, bagi KLovers yang ingin memahami lebih dalam arti SOP, maka berikut ini arti SOP secara umum dan menurut ahli. Beserta dengan manfaat dari SOP tersebut. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Arti SOP Secara Umum

Standar Operasional Prosedur atau biasa disebut dengan nama SOP merupakan suatu sistem yang dirancang guna menertibkan, merapikan, dan memudahkan suatu pekerjaan. SOP merupakan sebuah hal penting dari setiap sistem kualitas yang akan melahirkan sebuah kemampuan untuk bekerja secara selaras dan sesuai standar yang sudah ada.

SOP yang dirancang secara benar akan menentukan pekerjaan dalam proses formal dan terkoordinasi, ini tidak hanya mampu menaikkan produktivitas namun juga mengurangi risiko kesalahan. Standar Operasional Prosedur atau SOP merupakan proses dokumentasi yang dimiliki suatu perusahaan untuk memastikan bahwa layanan dan produk disampaikan atau diberikannya secara konsisten setiap waktu.

Sehingga, secara sederhananya arti SOP adalah suatu petunjuk secara tertulis yang memaparkan mengenai langkah-langkah kerja atau bagaimana cara melaksanakan kegiatan dengan rutin. SOP umumnya akan menguasai dan berperan menjadi sebuah dokumen yang mengatur, serta mengontrol secara keseluruhan semua proses bisnis.

SOP juga bisa sebagai suatu cara yang efektif untuk mengkomunikasikan sebuah perubahan dalam cara bisnis bekerja terhadap karyawan. Itulah mengapa, SOP begitu penting dalam sebuah kegiatan kerja.

 

2. Arti SOP Menurut Ahli

Nah, tadi penjelasan tentang arti SOP secara umum, maka kali ini ada pula arti SOP menurut ahli. Ya, ada beberapa arti SOP menurut ahli yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Dan berikut ini arti SOP menurut ahli tersebut:

1. Insani, 2010:1

Arti SOP menurut Insani adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan dan aktor yang berperan dalam kegiatan.

2. Tjipto Atmoko, 2011

Arti SOP menurut Tjipto Atmoko adalah Standar Operasional Prosedur. SOP merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

3. Laksmi, 2008: 52

Arti SOP menurut Laksmi adalah Standar Operasional Prosedur. SOP seringkali terdiri atas manfaat, kapan dibuat atau direvisi, metode penulisan prosedur dan juga disertai dengan bagan flowchart pada bagian akhir.

4. Moekijat, 2008

Arti SOP menurut Moekijat adalah Standar Operasional Prosedur. SOP adalah urutan langkah-langkah (atau pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan), di mana pekerjaan tersebut dilakukan, berhubungan dengan apa yang dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya.

Sailendra, 2015: 11

Dan yang terakhir arti SOP menurut Sailendra adalah Standar Operasional Prosedur. SOP adalah panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.

 

3. Manfaat SOP

SOP atau Standar Operasional Prosedur juga memiliki banyak sekali manfaat. Dan berikut ini beberapa manfaat yang bisa KLovers ketahui dalam sebuah Standar Operasional Prosedur atau SOP:

1. Manfaat pembuatan SOP adalah sebagai standarisasi cara yang dilakukan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan, dan kelalaian.

2. Manfaat pembuatan SOP adalah membantu karyawan menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga dapat mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.

3. Manfaat pembuatan SOP adalah meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.

4. Manfaat pembuatan SOP adalah menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan karyawan secara konkrit untuk memperbaiki kinerja, serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.

5. Manfaat pembuatan SOP adalah menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.

6. Manfaat pembuatan SOP adalah menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien telah dikelola dengan baik.

7. Manfaat pembuatan SOP adalah menyediakan pedoman bagi setiap karyawan di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.

8. Manfaat pembuatan SOP adalah menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.

9. Manfaat pembuatan SOP adalah membantu penelusuran kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan.

10. Manfaat pembuatan SOP adalah menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.

Itulah arti SOP atau Standar Operasional Prosedur yang bisa KLovers ketahui. Baik itu arti SOP secara umum ataupun menurut ahli, beserta dengan manfaatnya.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI