9 Keutamaan Sholat Witir yang Luar Biasa di Bulan Ramadan, Salah Satunya Dikabulkannya Doa

Selasa, 27 April 2021 15:22 Penulis: Nurul Wahida
9 Keutamaan Sholat Witir yang Luar Biasa di Bulan Ramadan, Salah Satunya Dikabulkannya Doa
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam ibadah sunnah yang bisa dikerjakan selama bulan Ramadan salah satunya sholat witir. Sholat witir biasanya dilaksanakan setelah menunaikan sholat tarawih dengan jumlah rakaat ganjil. Sholat sunnah ini memiliki banyak keutamaan yang bisa diperoleh selama bulan Ramadan bagi pelaksanaannya.

Sholat witir termasuk salah satu sholat malam yang dapat dikerjakan setelah sholat Isya hingga menjelang sholat Subuh. Sholat witir terdiri dari rakaat ganjil yakni 1 rakaat, 3 rakaat, dan seterusnya. Selain itu sholat witir disebut sebagai sholat sunnah penutup dan penyempurna sholat lainnya yang mana dianjurkan untuk selalu menjaga sholat ini di malam hari.

Sebab ada begitu banyak keutamaan sholat witir yang luar biasa terutama ketika dikerjakan pada bulan Ramadan. Sehingga dengan mengamalkan dan selalu istiqomah menjaga sholat witir maka beragam keutamaan bisa kalian raih.

Adapun sejumlah keutamaan sholat witir yang luar biasa di bulan Ramadan dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut keutamaan sholat witir yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Dikabulkannya Doa dan Hajat

Keutamaan sholat witir yang pertama adalah dikabulkannya permintaan doa dan hajat. Ini adalah salah satu keutamaan luar biasa yang bisa diperoleh umat muslim ketika selalu menjaga sholat witir.

Dimana setiap orang tentunya memiliki keinginan dan hajat tersendiri yang mana selalu berdoa agar dapat dikabulkan Allah SWT. Dalam hal ini setiap doa dan hajat dapat dipanjatkan setelah selesai menunaikan sholat witir terutama pada waktu sepertiga akhir malam yang menjadi saat mustajab untuk berdoa.

 

2. Penyempurna dan Penutup Sholat Malam

Keutamaan sholat witir selanjutnya adalah sebagai penyempurna dan penutup sholat malam. Seperti diketahui ada beragam sholat malam yang dapat dikerjakan sesuai dengan keutamaan masing-masing. Nah salah satunya sholat witir yang disebut sebagai penyempurna sholat malam.

Artinya tanpa adanya sholat witir maka tidak akan sempurna sholat malam yang dilakukan seseorang. Adapun hadisnya sebagai berikut,

"Jadikan sholatmu yang paling akhir di waktu malam berupa sholat witir," (HR Bukhari dan Muslim).

 

3. Tambahan Sholat Bernilai Pahala

Keutamaan sholat witir yang lainnya adalah sebagai tambahan sholat untuk dikerjakan antara sholat Isya dan sholat Subuh. Artinya sholat witir dapat menjadi tambahan sholat yang bernilai pahala untuk kalian jaga dan amalkan. Adapun keutamaan ini sesuai dengan hadis sebagai berikut dilansir dari liputan6.com,

"Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memberi kalian tambahan sholat, yaitu sholat Witir, maka salat Witirlah kalian antara waktu sholat 'Isya' hingga sholat Subuh." (HR. Ahmad)

Begitu juga pada penjelasan hadis berikut ini,

"Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memberi kalian tambahan sholat, maka peliharalah dia, yaitu sholat Witir."

 

4. Semakin Dicintai Allah SWT

Sebagai umat muslim sudah sewajarnya untuk menjaga segala bentuk amalan ibadah baik sunnah dan wajib serta menjauhi larangan yang diperintah Allah SWT. Hal ini dimaksudkan agar mendapatkan berkah dan karunia Allah SWT. Salah satu yang bisa dikerjakan adalah sholat witir yang mana disebut sebagai ibadah sunnah yang dicintai Allah SWT. Hal ini sesuai dengan bunyi hadis sebagai berikut:

"Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat Witir, maka sholat Witirlah, wahai para ahli Al-Quran."

Sehingga dari hadis tersebut maka dapat diambil pelajaran berharga untuk selalu menjaga sholat witir agar semakin dicintai Allah SWT.

 

5. Nilanya Lebih Baik dari Unta Merah

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa keutamaan sholat witir salah satunya adalah sholat yang lebih baik dari unta merah. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut tentang keutamaan sholat witir yang luar biasa.

Telah menceritakan kepada Kami (Abul Walid Ath Thayalisi) dan (Qutaibah bin Sa'id) dari (Kharijah bin Hudzafah), Abu Al Walid Al Adawi berkata: Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam keluar menemui Kami dan berkata: "Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah sholat yang dia lebih baik bagi kalian dari pada unta merah, yaitu sholat witir, dan telah menjadikannya berada di antara sholat Isya hingga terbit fajar." (HR Abu dawud)

Keutamaan ini bisa diperoleh setiap umat muslim yang mengerjakannya terutama pada waktu sebelum sholat Subuh. Sehingga menjaga dan mengamalkan sholat witir bisa kalian kerjakan agar mendapatkan keutamaan tersebut.

 

6. Sholat yang Disaksikan Malaikat

Keutamaan shoalt witir yang juga sangat luar biasa adalah sholat yang disaksikan malaikat. Keutamaan ini dapat diperoleh terutama jika dikerjakan pada penghujung malam. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Hafsh dan Abu Muawiyah dari Al Amasy dari Abu Sufyan dari Jabir ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama)." Abu Mu'awiyah berkata;" Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat)." (HR. Muslim)

 

7. Mengamalkan Sunnah Rasulullah SAW

Sholat witir disebut juga sebagai sholat sunnah yang selalu dikerjakan oleh Rasulullah SAW. Sebab Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat witir dan apabila beliau meninggalkannya maka akan mengqadha sholat witir yang ditinggalkan. Hal ini sesuai dengan hadis yang berbunyi,

"Kekasihku Rasulullah memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan sholat dhuha 2 rakaat dan sholat witir sebelum aku tidur." (HR. Bukhari)

Sehingga dengan melaksanakan sholat witir, secara tidak langsung dapat mengamalkan ajaran dan sunnah Rasulullah SAW. Untuk itulah kalian dapat menjaga sholat witir di malam hari.

 

8. Mendapat Petunjuk dari Allah SWT

Melansir dari liputan6.com, sholat witir disebut dapat membantu kalian untuk mendapatkan petunjuk dan kekuatan dari Allah SWT. Artinya ketika kalian tengah dihadapkan dengan cobaan hidup yang cukup sulit dan rumit, maka akan mendapatkan pertolongan dan petunjuk Allah SWT. Kalian dapat mengamalkan doa qunut pada saat sholat witir agar mendapatkan petunjuk dan pertolongan Allah SWT. Doa qunut tersebut memiliki arti sebagai berikut,

"Ya Allah, kepada-Mu kami beribadah, untuk-Mu kami melakukan salat dan sujud, kepada-Mu kami berusaha dan bersegera (melakukan ibadah). Kami mengharapkan rahmat-Mu, kami takut kepada siksaan-Mu. Sesungguhnya siksaan-Mu akan menimpa pada orang-orang kafir. Ya Allah, kami minta pertolongan dan memohon ampun kepada-Mu, kami memuji kebaikan-Mu, kami tidak ingkar kepada-Mu, kami beriman kepada-Mu, kami tunduk kepada-Mu dan meninggalkan orang-orang yang kufur kepada-Mu."

 

9. Diamalkan Para Ahli Al-Quran

Keutamaan sholat witir yang luar biasa selanjutnya adalah sholat sunnah ini diketahui diamalkan oleh ahli Al-Quran. Hal ini dimaksudkan agar semakin dicintai Allah SWT sebab sholat witir adalah ibadah yang dicintai Allah SWT. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut seperti melansir dari liputan6.com.

"Sesungghnya Allah itu witir, mencintai witir, maka lakukanlah salat witir wahai ahli Al-Quran." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; shahih)

"Wahai ahli Al-Quran, lakukanlah salat witir. Karena sesungghnya Allah Azza wa Jalla itu witir, mencintai yang witir." (HR. An Nasa'i dan Ibnu Majah; shahih) 

Nah itulah keutamaan sholat witir yang luar biasa di bulan Ramadan, salah satunya dikabulkannya doa. Sejumlah keutamaan sholat witir tersebut bisa menjadi referensi buat kalian agar selalu mengamalkannya.

Sumber: Liputan6.com

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI