Tata Cara Sholat Idul Fitri Lengkap dengan Bacaan Niat, Ketahui Juga Sunnah-Sunnahnya

Rabu, 14 April 2021 14:44
Tata Cara Sholat Idul Fitri Lengkap dengan Bacaan Niat, Ketahui Juga Sunnah-Sunnahnya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Setelah berpuasa Ramadan selama satu bulan, umat muslim akan berjumpa dengan hari raya Idul Fitri. Ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan dalam hari raya umat muslim tersebut, yaitu melaksanakan sholat Idul Fitri atau yang juga dikenal dengan istilah sholat Ied. Oleh karena itu, sudah semestinya setiap umat muslim mengetahui tata cara sholat Idul Fitri yang benar.

Sebagai sholat yang dikerjakan di waktu khusus, tentu sholat Idul Fitri berbeda dengan sholat wajib dan sholat sunnah lainnya. Sehingga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tata cara sholat Idul Fitri agar tidak keliru. Terlebih pada Idul Fitri masa pandemi tahun 2020 silam, sholat Idul Fitri sempat dianjurkan untuk dikerjakan masing-masing di rumah.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tata cara sholat Idul Fitri yang benar, simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

 

 

 

 

1. Hukum Sholat Idul Fitri

Terdapat beberapa pandangan terkait hukum dari sholat Idul fitri. Dilansir dari brilio.net, hukum sholat Idul Fitri adalah sunnah muakad. Hal ini berdasarkan Rasulullah diketahui selalu mengerjakannya setiap tahun.

Namun menurut beberapa pandangan, seperti pendapat imam Abu Hanifah sholat Idul Fitri hukumnya fardhu 'ain. Sementara, menurut imam Ahmad hukum sholat Idul Fitri adalah fardhu kifayah.

Namun secara umum, hukum sholat Idul Fitri adalah sunnah bagi orang yang mukmim ataupun musafir, merdeka atau budak, baik laki-laki maupun perempuan.

 

 

 

 

 

 

2. Pelaksanaan Sholat Idul Fitri

Sholat Idul Fitri merupakan sholat yang dikerjakan pada hari raya Idul Fitri. Umumnya, sholat Idul Fitri dikerjakan secara berjamaah di masjid atau tanah lapang.

Selain itu, sebenarnya sholat ini juga bisa dikerjakan secara sendiri atau munfarid. Namun, tetap lebih dianjurkan untuk mengerjakannya secara berjamaah di masjid. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan dalam hadis:

Rasulullahi Sholalallahu Alaihi Wasalam, yuhruju yaumal fitri wal adha ilal musholla.

Artinya:

"Rasulullah shallalahu 'alaihi wa sallam biasa keluar pada hari raya 'Idul Fitri dan 'Idul Adha menuju tanah lapang." (HR Abu Said).

 

 

 

 

 

 

3. Niat Sholat Idul Fitri

Sama halnya sholat dan ibadah lain, sholat pelaksanaan sholat Idul Fitri bermula dari niat. Malahan, niat menjadi hal penting yang bisa menentukan akan diterima atau tidaknya suatu amalan. Begitu pula dalam hal sholat Idul Fitri yang harus diucap dan diyakini dengan ketulusan hati. Berikut bacaan niat sholat Idul Fitri.

1) Niat Idul Fitri untuk Imam:

Usholli rakataini sunnatan liidil fitri imaman lillahi taala.

Artinya:

"Aku berniat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat sebagai imam karena Allah taala."

2) Niat Idul Fitri untuk makmum:

Usholli rakataini sunnatan liidil fitri mamumam lillahi taala.

Artinya:

"Aku berniat sholat sunnah Idul Fitri dua rakaat sebagai makmum karena Allah taala."

 

 

 

 

 

 

4. Tata Cara Sholat Idul Fitri

Ada beberapa hal yang berbeda dalam tata cara sholat Idul Fitri dan sholat pada umumnya, terutama dalam bacaan takbir. Oleh karena itu, setiap muslim harus memahami perbedaan tersebut agar tidak keliru. Berikut tata cara dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri.

1. Berwudhu

2. Membaca niat salat Idul Fitri di dalam hati dengan khusyuk

3. Melakukan takbiratul ihram

4. Melakukan akbir zawa-id sebanyak tujuh kali. Di antara setiap takbir, membaca dzikir seperti ini: "Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar".

5. Membaca surat Al Fatihah dan dilanjutkan surat pendek lainnya.

6. Ruku'

7. I'tidal

8. Sujud

9. Duduk di antara dua sujud

10. Sujud kedua

11. Bangkit dari sujud dan melakukan takbiratul ihram

12. Takbir zawa-id sebanyak lima kali, di antara takbir membaca dzikir lagi

13. Membaca surat Al Fatihah dilanjutkan surat lainnya

14. Ruku'

15. I'tidal

16. Sujud

17. Duduk di antara dua sujud

18. Sujud kedua

19. Duduk tasyahud

20. Salam

 

 

 

 

 

 

5. Sunnah-Sunnah Sholat Idul Fitri

Selain melakukan tata cara sholat Idul Fitri dengan benar, ada beberapa sunnah yang bisa menambah pahala di hari raya. Sunnah tersebut baik dikerjakan sebelum dan setelah tata cara sholat. Beberapa sunnah-sunnah tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Mengumandangkan takbir sebagai pujian atas kebesaran Allah SWT. Adapun takbir yang dikumandangkan berbunyi: "Allahu Akbar , Allahu Akbar, Allahu Akbar, La Ilaha Illa Allah, Allahu Akbar, Allahu Akbar wa lillahi Alhamd" (Allah adalah yang paling agung, tidak ada yang berhak disembah selain Allah. Allah adalah yang paling agung, dan bagi Allah adalah milik semua pujian.)

2. Mandi sebelum menjalani tata cara sholat Idul Fitri.

3. Mengenakan pakaian terbaik dan memakai wewangian.

4. Mengisi perut atau makan sebelum pergi ke lokasi sholat Idul Fitri.

5. Bertegur sapa dengan mengucap salam dan doa, saat berjumpa orang lain di perjalanan menuju lokasi sholat Idul Fitri.

Itulah di antaranya ulasan mengenai tata cara sholat Idul Fitri berikut bacaan niat, serta sunnah-sunnahnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah keimanan kita sebagai seorang muslim. Amiin.

 

 

 

 

 

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI