9 Makanan Penyebab Usus Buntu yang Jarang Diketahui, Pahami Jenisnya

Sabtu, 16 Januari 2021 09:33 Penulis: Nurul Wahida
9 Makanan Penyebab Usus Buntu yang Jarang Diketahui, Pahami Jenisnya
Makanan penyebab usus buntu (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kandungan nutrisi dan vitamin dalam makanan sebagian besar menawarkan manfaat bagi kesehatan. Namun faktanya ada sejumlah makanan penyebab usus buntu yang jarang diketahui. Sebab beberapa jenis makanan ternyata dapat memicu peradangan pada usus buntu karena sulit dicerna ataupun menyebabkan risiko sumbatan pada usus.

Penyakit usus buntu terjadi pada bagian usus buntu yang dikenal dengan apendiks. Usus buntu mengalami sumbatan yang mengakibatkan peradangan terjadi. Ini menyebabkan beragam gejala seperti nyeri ataupun kram perut yang sangat kuat. Dalam hal ini penyebab usus buntu yang umum terjadi karena sumbatan pada apendiks akibat beberapa faktor seperti penumpukan feses, infeksi pencernaan, ataupun cedera.

Akan tetapi pada faktanya, ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu penyebab usus buntu meradang. Makanan tersebut umumnya tidak mengandung serat yang menyebabkan masalah pada pencernaan. Misalnya saja sembelit yang membuat pencernaan mengalami penumpukan feses terlalu keras memicu risiko usus buntu.

Adapun makanan penyebab usus buntu yang perlu kalian ketahui terdapat pada ulasan di bawah ini. Selengkapnya berikut makanan penyebab usus buntu telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Makanan yang Pedas

Makanan penyebab usus buntu yang pertama adalah sejenis makanan pedas. Makanan pedas seringkali dikaitkan dengan penyebab usus buntu yang cukup populer di masyarakat. Namun benarkah makanan pedas dapat menyebabkan usus buntu?

Pada sejumlah sumber disebutkan bahwa makanan pedas tidak terkait langsung dengan penyebab usus buntu. Hanya saja makanan pedas seringkali menyebabkan dampak pada pencernaan seperti rasa panas area perut, terkadang perih ataupun nyeri. Kondisi tersebut seringkali dikaitkan dengan gejala yang mengarah pada usus buntu. Akan tetapi makanan pedas sebaiknya dibatasi apabila kalian memiliki riwayat maag ataupun asam lambung.

2. Pisang Mentah

Makanan penyebab usus buntu selanjutnya adalah pisang mentah atau yang masih muda. Melansir dari merdeka.com, pisang yang masih muda dikaitkan dengan risiko terserang penyakit usus buntu. Meski pisang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan terutama pencernaan, sayangnya jika kalian konsumsi pisang yang masih muda bahkan mentah justru dampak buruk bisa dirasakan.

Pasalnya pisang yang masih muda dapat memicu sembelit yang berisiko menyebabkan radang usus buntu. Sedangkan mengalami sembelit sendiri dikaitkan dengan risiko usus buntu. Inilah yang membuat konsumsi pisang mentah dapat menyebabkan risiko usus buntu.

3. Alkohol Berlebih

Makanan penyebab usus buntu selanjutnya adalah konsumsi alkohol berlebihan. Seperti diketahui sudah bukan rahasia lagi bahwa dampak konsumsi alkohol berlebih dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan termasuk mengganggu sistem pencernaan. Misalnya saja ini menyebabkan dehidrasi yang juga menjadi faktor pemicu sembelit atau konstipasi.

Akibatnya dapat berdampak pada kesehatan usus, bahkan berisiko menyebabkan iritasi. Sehingga kalian perlu membatasi bahkan menghindari konsumsi alkohol berlebih untuk mencegah masalah usus buntu.

4. Makanan Mengandung Kafein

Sejenis makanan yang mengandung kafein tinggi juga dikaitkan dengan penyebab usus buntu. Makanan penyebab usus buntu seperti kafein dapat terjadi karena bisa berdampak pada sistem pencernaan. Misalnya saja memicu sembelit yang menyebabkan penumpukan feses. Jika terjadi, kondisi tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan usus yang memicu usus buntu. Diantara makanan yang mengandung kafein tinggi seperti kopi ataupun teh. Dampaknya bisa dirasakan jika mengonsumsi secara berlebihan.

5. Konsumsi Daging Merah

Makanan penyebab usus buntu juga dikaitkan dengan sejenis makanan mengandung serat rendah. Daging merah dapat berpengaruh terhadap kesehatan apabila dikonsumsi dalam porsi atau jenis yang tidak tepat. Salah satunya adalah daging yang telah diolah menjadi makanan tertentu seperti ditambahkan dalam junk food atau makanan cepat saji yang meningkatkan risiko kanker usus.

Melansir dari merdeka.com, daging merah juga mengandung lemak dan zat besi tinggi yang memerlukan proses maksimal usus untuk mencernanya. Ini berisiko meningkatkan peradangan usus termasuk usus buntu.

6. Produk Susu

Sejumlah produk susu juga dapat menjadi penyebab risiko usus buntu terjadi. Melansir dari remediva.com, beberapa jenis produk susu dapat menyebabkan risiko sembelit dan peningkatan gas. Dampak tersebut lebih meningkat apabila kalian konsumsi produk susu olahan yang memicu masalah pencernaan termasuk radang usus buntu. Meski begitu konsultasi dengan dokter perlu dipertimbangkan untuk mendapat rekomendasi tepat. Terlebih jika kalian termasuk intoleransi terhadap laktosa tentunya memerlukan saran lebih lanjut.

7. Makanan Mengandung Gluten

Melansir dari remediva.com, sejumlah makanan yang mengandung gluten seperti gandum ternyata dapat berisiko menyebabkan radang usus buntu. Meski mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, sayangnya bagi sejumlah orang yang sensitif terhadap makanan mengandung gluten seperti penyakit celiac dapat berisiko menyebabkan sembelit. Ini bisa meningkatkan risiko gangguan pencernaan termasuk radang usus buntu. Meski begitu, untuk mengetahui penyebab pastinya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

8. Makanan Dengan Pemanis Buatan

Konsumsi makanan yang manis-manis memang sangat nikmat dan banyak digemari masyarakat. Perasa manis pada makanan dapat bersumber dari madu, gula tebu, ataupun gula merah. Namun beberapa jenis makanan mengandung pemanis buatan yang justru dapat berisiko terhadap kondisi tubuh.

Dalam hal ini makanan penyebab usus buntu ternyata bisa berasal dari jenis makanan mengandung pemanis buatan. Misalnya saja puding, soda, ataupun coklat olahan. Hal tersebut dapat mengganggu bakteri baik di pencernaan yang berisiko mengalami masalah sistem pencernaan termasuk usus buntu. Sehingga kalian perlu mewaspadai jenis-jenis makanan dengan pemanis buatan.

9. Makanan Cepat Saji

Makanan penyebab usus buntu selanjutnya dapat berasal dari sejenis makanan cepat saji atau fast food. Seperti diketahui sebagian besar fast food mengandung lemak tinggi dan rendah nutrisi yang dapat memicu masalah kesehatan. Termasuk berpengaruh terhadap kesehatan sistem pencernaan. Rendahnya kandungan serat pada makanan cepat saji memicu terjadinya sembelit serta penumpukan feses. Akibatnya kondisi tersebut dapat berisiko mengalami radang usus buntu.

Melansir dari remediva.com, bersumber dari penelitian mengungkapkan bahwa anak dengan riwayat sakit usus buntu memiliki asupan rendah serat.  Selain itu dampak fast food bukan hanya pada pencernaan melainkan juga kesehatan lainnya seperti jerawat, risiko jantung, ataupun risiko obesitas.

Nah itulah 9 makanan penyebab usus buntu jarang diketahui beserta jenisnya. Meski begitu setiap untuk mengetahui penyebab pasti radang usus buntu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebab sejumlah orang mengalami masalah usus buntu dengan penyebab yang berbeda.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI