Penyebab Ganglion dan Gejalanya, Kista di Area Persendian

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

Penyebab Ganglion dan Gejalanya, Kista di Area Persendian
Penyebab ganglion (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Ganglion adalah sejenis kista yang tumbuh pada area persendian atau bagian tendon. Ada kemungkinan penyebab ganglion dapat dipicu karena pernah cedera atau trauma yang terjadi pada area persendian. Ini seringkali menimbulkan gejala yang membuat penderitanya merasakan kurang nyaman apabila menekan saraf.

Terdengar cukup asing, namun kista ganglion seringkali terjadi pada area pergelangan tangan ataupun kaki. Secara tidak disadari mungkin ada sebagian dari kalian pernah menjumpai seseorang atau bahkan mengalami timbulnya benjolan di pergelangan tangan atau kaki yang menonjol keluar.

Bisa jadi itu adalah kista ganglion yang dapat berukuran kecil sebesar kacang polong ataupun yang paling besar dengan diameter sekitar satu inci atau 2,5 cm. Munculnya kista ganglion kerap ditandai dengan benjolan menonjol keluar. Benjolan tersebut bisa berbentuk bulat ataupun oval yang di dalamnya berisi cairan.

Kista ganglion mungkin akan terasa kenyal ataupun lunak ketika disentuh. Kista ganglion tersebut dapat menyerang siapa saja namun lebih banyak dijumpai pada wanita dengan rentang usia antara 20 hingga 40 tahun.  Meski sebagian besar kasus kista ganglion tidak menimbulkan risiko serius, namun penyebab ganglion perlu diwaspadai sedini mungkin.

Namun penyebab kista ganglion sejauh ini belum dapat diketahui pasti akan tetapi berisiko pada sejumlah orang tertentu. Adapun faktor risiko penyebab ganglion dan gejalanya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut penyebab ganglion telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Faktor Usia dan Gender

Faktor risiko penyebab ganglion yang merupakan kista di sepanjang persendian terutama pergelangan tangan ataupun kaki dapat berisiko pada usia dan jenis kelamin tertentu. Seperti telah disinggung sebelumnya, kista ganglion seringkali dijumpai pada wanita berusia 20 hingga 40 tahun. Selain itu kista ganglion cenderung jarang ditemui pada anak-anak. Meski begitu kondisi tersebut bisa dialami berbeda-beda pada setiap orang.

Beberapa kejadian munculnya kista ganglion dapat disertai gejala ataupun tidak. Namun jika kalian mengalami gejala atau tanda-tanda memiliki kista ganglion pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk mengatasi keluhan kesehatan yang muncul.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Pernah Cedera Sendi

Penyebab ganglion selanjutnya juga dapat terjadi apabila kalian pernah mengalami cedera area persendian. Melansir dari mayoclinic.org, risiko mengalami kista ganglion lebih rentan apabila kalian memiliki riwayat cedera atau trauma area persendian atau tendon. Misalnya saja cedera akibat olahraga ataupun pernah terluka pada area tersebut kalian perlu mewaspadainya. Meski bukan termasuk gangguan kesehatan yang berbahaya, seringkali gejalanya menimbulkan rasa tidak nyaman terutama jika menekan area saraf.

3. Menderita Osteoartritis

Osteoartritis adalah gangguan kesehatan yang terjadi karena peradangan kronis pada area sendi. Ini menyebabkan beberapa gejala yang dapat dirasakan pengidapnya seperti nyeri, bengkak ataupun kaku. Berkaitan dengan risiko penyebab ganglion, apabila kalian pernah mengalami osteoartritis kemungkinannya lebih rentan terhadap munculnya kista ganglion.

Osteoartritis dapat terjadi pada jari tangan yang juga bisa mengembangkan kista ganglion. Melansir dari mayoclinic.org, apabila mengalami osteoartritis pada area jari tangan maka berisiko mengalami kista ganglion di dekat sendi tersebut. Tidak perlu panik, apabila gejalanya muncul dan menimbulkan rasa tidak nyaman kalian perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penganan tepat.

4. Gejala Kista Ganglion

Setelah mengetahui penyebab ganglion dan faktor risikonya, beberapa gejala dapat dikenali sedini mungkin. Gejala umumnya biasanya menyebabkan pembengkakan atau muncul benjolan, akan tetapi ini bisa jadi tidak muncul gejala sama sekali. Adapun gejala kista ganglion yang bisa diperhatikan atau dikenali sebagai berikut dilansir dari mayoclinic.org:

- Muncul benjolan pada area tendon atau persendian, terutama pergelangan tangan ataupun kaki.

- Benjolan biasanya lunak dan tidak bergerak saat disentuh.

- Ukuran dari yang kecil hingga besar.

- Bentuk bulat ataupun oval.

- Dapat menimbulkan nyeri apabila mengalami cedera, trauma sendi ataupun menekan saraf.

- Ukuran dapat berubah sewaktu-waktu bahkan bisa hilang dan kambuh kembali.

5. Jenis Kista Ganglion

Seringkali muncul pada area pergelangan tangan, beberapa jenis kista ganglion juga perlu dikenali. Jenis tersebut juga muncul berdasarkan area persendian yang terjadi serta dikelompokkan pada usia tertentu. Adapun jenis kista ganglion sebagai berikut dilansir dari nhsinform.scot:

- Kista di belakang pergelangan tangan: kista ganglion yang muncul pada area pergelangan tangan terutama belakang pergelangan tangan umumnya terjadi pada usia dewasa muda. Ini dapat hilang dengan sendirinya bahkan bisa tanpa pengobatan.

- Kista di depan pergelangan tangan: Kista ganglion yang muncul pada area depan pergelangan tangan. Kista tersebut seringkali dijumpai pada dewasa muda bahkan dapat dialami usia lanjut dengan riwayat penyakit osteoartritis.

- Kista di pangkal jari: kista ganglion ini tumbuh pada selubung tendon fleksor atau pangkal jari. Jenis ini dapat menyerang orang dewasa muda.

- Kista di jari: kista ganglion tersebut terjadi pada jari yang umumnya dijumpai pada orang paruh baya atau bahkan usia lebih tua.

Nah itulah penyebab ganglion dan gejalanya yang perlu diketahui. Meski seringkali tidak berbahaya namun mewaspadai masalah kesehatan ini juga perlu diperhatikan. Konsultasi dan pemeriksaan dokter dapat dipertimbangkan apabila kista ganglion menimbulkan rasa nyeri area persendian.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending