9 Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan Tubuh, Jaga Tekanan Darah - Atasi Insomnia

Selasa, 19 Januari 2021 11:11 Penulis: Puput Saputro
9 Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan Tubuh, Jaga Tekanan Darah - Atasi Insomnia
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Garam jadi salah satu bumbu wajib yang digunakan hampir di setiap jenis masakan. Dalam masakan, garam berfungsi untuk memberikan rasa asin. Belakangan, ada satu jenis garam yang sedang cukup populer, yaitu garam himalaya. Sama seperti garam pada umumnya, garam ini juga dapat digunakan untuk memasak. Bedanya, manfaat garam himalaya diyakini lebih banyak dibanding garam biasa.

Garam himalaya diyakini lebih menyehatkan dibandingkan garam pada umumnya. Hal ini lantaran, garam himalaya merupakan jenis garam yang paling murni. Sehingga, kandungan nutrisi dan mineral dalam garam jenis ini juga lebih terjaga. Banyaknya manfaat garam himalaya untuk kesehatan membuatnya kian digemari. Terlebih, garam yang mempunyai warna merah muda ini juga mulai mudah ditemui di pasaran.

Lantas, apa sajakah manfaat garam himalaya untuk kesehatan? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.

1. Menjaga Tekanan Darah

Selama ini garam yang mengandung sodium dipercaya menjadi salah satu penyebab dari tekanan darah tinggi atau hipertensi. Itulah sebabnya, penderita darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam. Namun ternyata, kandungan sodium dalam garam himalaya tak sebanyak pada garam biasanya. Hal ini membuat garam himalaya relatif lebih aman untuk dikonsumsi secara harian, karena lebih bisa menjaga tekanan darah.

2. Menjaga Kekuatan Otot

Manfaat garam himalaya yang kedua berkaitan dengan kekuatan otot. Hal ini dikarenakan dalam garam himalaya tersimpan kandungan elektrolit seperti sodium, kalsium dan potasium yang cukup tinggi. Bagi tubuh, elektrolit berguna untuk menjaga kekuatan otot, serta mencegah terjadinya kram.

3. Membantu Detoksifikasi

Detoksifikasi merupakan cara tubuh dalam memproses racun. Detoksifikasi menjadi proses yang penting bagi tubuh kita. Untuk mendukung proses detoksifikasi yang berjalan lancar, kalian bisa menggunakan garam himalaya.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kalian tidak harus mengonsumsinya secara langsung. Kalian hanya perlu berendam dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam himalaya. Selain memberikan efek rileks, cara ini diyakini akan membantu menghilangkan racun-racun dalam tubuh.

4. Menangkal Radikal Bebas

Garam himalaya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sebagaimana yang kita tahu, dalam tubuh, antioksidan mempunyai peranan yang sangat penting. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Padahal, radikal bebas bisa jadi salah satu penyebab dari berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti hipertensi, jantung, hingga kanker. 

5. Menghilangkan Jerawat

Selain digunakan untuk memasak, garam himalaya juga sering dipakai untuk perawatan kulit dan wajah secara alami. Ya, salah satu manfaat garam himalaya ternyata juga dapat dirasakan pada kulit. Gangguan kesehatan kulit seperti jerawat bisa diatasi dengan bantuan garam himalaya. Caranya juga terbilang mudah. Kalian cukup mencampurkan garam himalaya dengan essential oil atau madu, kemudian menggunakannya sebagai masker.

6. Baik untuk Sistem Pernapasan

Manfaat garam himalaya berikutnya berkaitan dengan sistem pernapasan. Hal ini dikarenakan dalam garam himalaya terdapat sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Dengan kedua sifat ini, garam himalaya diyakini mampu mengurangi lendir yang menghambat sistem pernapasan. Selain itu, sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri juga dipercaya akan membantu tubuh dalam transportasi mukosiliar dalam rangka mengeluarkan patogen.

7. Baik untuk Tulang

Tulang jadi salah satu dari bagian tubuh yang punya peranan penting sebagai penyangga tubuh. Artinya, menjaga kesehatan tulang merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk menjaga tulang adalah dengan menggunakan garam himalaya.

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, garam himalaya merupakan jenis garam murni yang masih terjaga nutrisi dan mineralnya. Kandungan nutrisi dan
mineral inilah yang diyakini mampu membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

8. Mengatasi Insomnia

Gangguan susah tidur atau insomnia cukup sering diderita oleh banyak orang. Siapa sangka ternyata, salah satu manfaat garam himalaya adalah ampuh mengatasi insomnia. Dilansir dari liputan6.com, sebuah penelitian pada 1980 mengungkap saat tubuh kekurangan sodium hingga dibawah 500 mg per hari, dapat menjadi pemicu insomnia. Sementara, garam himalaya bisa menjadi salah satu alternatif dari sumber sodium.

Meski demikian, tetap perlu diingat bahwa mengonsumsi sodium dalam jumlah berlebihan bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

9. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi saat tubuh mengalami kekurangan cairan. Akibatnya tubuh akan terasa lemas seolah tak berdaya. Selain itu, dehidrasi juga sering menimbulkan gangguan lain seperti sakit kepala hingga mual. Itulah sebabnya, dehidrasi tak bisa dianggap sebagai masalah yang enteng.

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi, kalian bisa mengonsumsi garam himalaya. Kandungan elektrolit dan mineral dalam garam himalaya dipercaya bisa cegah dehidrasi. Baiknya, konsumsi campuran air garam himalaya saat berolahraga untuk mencegah dehidrasi.

Itulah di antaranya ulasan mengenai 9 manfaat garam himalaya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI