9 Manfaat Lada Putih dan Hitam Bagi Kecantikan, Cegah Penuaan Dini - Sehatkan Rambut

Jum'at, 31 Juli 2020 09:33 Penulis: Nurul Wahida
9 Manfaat Lada Putih dan Hitam Bagi Kecantikan, Cegah Penuaan Dini - Sehatkan Rambut
Manfaat lada putih dan hitam (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Masyarakat pastinya sudah tak asing lagi dengan lada putih sebagai salah satu jenis rempah yang khas berasa sedikit pedas. Bahkan hampir di setiap hidangan masakan, selalu menambahkan lada putih dan hitam sebagai bumbu favorit agar rasanya makin nikmat. Selain digunakan untuk olahan makanan, manfaat lada putih dan hitam rupanya menawarkan sejumlah khasiat untuk kecantikan.

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya rempah dan hasil buminya. Salah satunya adalah lada atau merica yang kerap digunakan sebagai bumbu dalam olahan makanan. Aroma menyengat lada serta sedikit rasa pedasnya, memberi kenikmatan sendiri saat mengonsumsi sejumlah makanan yang ditambahkan dengan bubuk lada.

Berdasarkan jenisnya, masyarakat umumnya mengenal dua jenis lada yakni lada putih dan lada hitam. Lada putih sendiri memiliki warna berwarna putih dan biasanya bertekstur lebih lembut. Namun kedua jenis lada tersebut memang sama-sama menimbulkan sensasi pedas dan panas saat dikonsumsi.

Di luar dari jenis tersebut keduanya juga sama-sama memberikan manfaat bagi tubuh termasuk kesehatan dan kecantikan. Nggak tanggung-tanggung ada sejumlah khasiat yang bisa diperoleh dari lada putih dan hitam bagi kulit dan rambut.

Lalu apas saja manfaat lada putih dan hitam bagi kecantikan kulit dan rambut?

Adapun manfaat lada putih dan hitam bagi kecantikan kulit dan rambut terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui manfaat lada putih dan hitam tersebut bisa jadi rekomendasi perawatan kecantikan alami yang bisa dipilih. Berikut manfaat lada putih dan hitam bagi kecantikan kulit dan rambut bersumber dari msn.com dan stylecraze.com.

 

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat lada putih dan hitam bagi kecantikan kulit salah satunya adalah dapat digunakan untuk eksfoliasi kulit. Eksfoliasi sendiri merupakan proses pengelupasan sel kulit mati. Dimana sel kulit mati ini perlu dilakukan agar menjaga kulit tetap sehat dan bersih.

Nggak hanya menyehatkan kulit, namun proses eksfoliasi juga dapat mendukung penampilan kulit lebih cantik dan menawan. sebab, sel kulit mati yang tak segera dibersihkan bisa menyebabkan penampilan kulit lebih kusam bahkan bisa memunculkan sejumlah masalah tertentu.

Namun rupanya lada putih dan hitam bisa menjadi bahan alami untuk digunakan sebagai scrub dan mengangkat sel kulit mati. Kandungan nutrisi seperti antioksidan dan vitamin dalam lada mampu menyehatkan kulit serta membuatnya tampak lebih menawan. Cara menggunakannya terbilang cukup mudah diaplikasikan. Dimana lada putih dan hitam bubuk ini bisa langsung diaplikasikan sebagai lulur untuk scrub.

2. Cegah Kanker Kulit

Manfaat lada putih dan hitam bagi kecantikan kulit selanjutnya juga bisa digunakan sebagai bahan alami pencegahan kanker kulit. Kanker kulit sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena paparan sinar UV matahari hingga akibat polusi.

Kandungan antioksidan dalam lada putih dan hitam tersebut diklaim mampu memberikan manfaat bagi kulit untuk mencegah kanker. Namun penggunaan ini harus dilakukan dengan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kesehatan. Sebab, beberapa jenis kulit dapat menimbulkan reaksi yang berbeda.

3. Baik untuk Mata

Jarang diketahui, rupanya manfaat lada putih dan hitam bagi kecantikan juga menawarkan kesehatan untuk mata. Dimana kandungan nutrisi dalam lada putih dan hitam dapat meningkatkan sistem penglihatan dan mencegah pandangan kabur.

Terutama saat digunakan dengan bubuk seperti almond dan gula merah yang diklaim dapat membantu menjernihkan penglihatan. Namun untuk menggunakannya disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kesehatan sebab setiap orang dapat memiliki reaksi yang berbeda-beda.

4. Cocok untuk Vitiligo

Manfaat lada putih dan hitam bagi kecantikan kulit yang lainnya juga cocok untuk vitiligo. Sebab kandungan piperin dalam lada putih dan hitam dapat bermanfaat untuk stimulasi pigmentasi kulit. Lada putih dan lada hitam ini pun diklaim cocok untuk kondisi seperti vitiligo yang merupakan masalah kulit yang membuatnya kehilangan melanin warna kulit hingga sebabkan warna putih pucat.

Sehingga lada putih dan hitam tersebut dapat menjadi salah satu solusi terbaik mengatasi kondisi vitiligo. Namun sekali lagi untuk menggunakannya disarankan berkonsultasi dengan dokter kesehatan agar dapat teratasi secara maksimal.

5. Cegah Penuaan Dini

Penuaan dini tentunya tak ingin dialami setiap orang di usianya yang masih terbilang muda. Kondisi ini pun ditandai dengan munculnya sejumlah kerutan pada kulit hingga membuat wajah tampak lebih tua dari usianya.

Namun rupanya manfaat lada putih dan hitam bagi kecantikan kulit dapat mencegah penuaan dini tersebut. Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan dalam lada putih dan hitam yang diklaim mampu cegah penuaan dini.

6. Untuk Hilangkan Rambut di Kulit

Sejumlah orang menginginkan kulit terbebas dari rambut lantaran terlihat lebih halus dan bersih. Kondisi ini rupanya dapat diatasi dengan menggunakan lada sebagai bahan alami penghilang rambut di kulit. Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan mencampurkan bubuk lada bersama minyak almond lalu menggunakan selama 10-15 menit. Setelah waktu tersebut perlahan rambut dapat hilang secara permanent dan membuat kaki dan tangan berbulu dapat lebih bersih serta halus.

7. Atasi Ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang sering dialami setiap orang. Namun ternyata manfaat lada putih dan hitam bagi kecantikan rambut bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe tersebut. Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan bubuk lada tersebut dengan curd yang kemudian diaplikasikan langsung pada kulit rambut. Namun untuk menggunakannya sebaiknya jangan terlalu lama sebab akan menyebabkan rasa panas seperti terbakar.

8. Menyehatkan Rambut

Manfaat lada putih dan hitam bagi kecantikan rambut juga bisa dipakai untuk revitalisasi rambut atau mengembalikan keindahan rambut. Terlebih dengan mencampurkan bubuk lada putih dan hitam dengan biji lemon yang bisa membuat rambut tampak berkilau dan lembut.

Nah itulah 8 manfaat lada putih dan hitam bagi kecantikan kulit dan rambut, cegah penuaan dini hingga sehatkan rambut. Namun perlu diperhatikan untuk menggunakan lada putih dan hitam tersebut sesuai dengan batas wajar. Selain itu hentikan penggunaan apabila timbul iritasi pada kulit ataupun rambut.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI