5 Jenis Rempah Ini Bisa Dipakai Saat Mandi, Bikin Tubuh Harum dan Kulit Sehat

Rabu, 08 Juli 2020 14:22 Penulis: Dhia Amira
5 Jenis Rempah Ini Bisa Dipakai Saat Mandi, Bikin Tubuh Harum dan Kulit Sehat
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Rempah-rempah merupakan sebuah tanaman yang dapat dengan mudah kita jumpai di Indonesia. Rempah memiliki banyak jenis serta manfaat bagi tubuh bila dikonsumsi. Biasanya rempah akan diolah menjadi bumbu dapur penyedap makanan serta jamu.

Tetapi selain hal tersebut ternyata manfaat rempah juga bagus untuk digunakan sebagai air mandi loh KLovers. Kira-kira rempah apa saja ya yang bisa digunakan sebagai air mandi? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat rempah yang baik digunakan sebagai air mandi.

1. Daun Salam

Manfaat rempah pertama yaitu ada daun salam. Ternyata daun yang sering digunakan untuk penyedap makanan, ini bisa menjadi salah satu rempah yang bagus untuk air mandi loh. Daun salam memang memiliki aroma harum khas yang baik untuk kesehatan tubuh.

Memiliki anti bakteri membuat daun salam sangat bagus sebagai aroma terapi saat kita akan mandi. Aroma dari daun salam yang khas akan membuat pernapasan menjadi lega, karena uap daun salam dapat mencairkan dahak. Selain itu uap air daun salam dapat membuat tubuh lebih relaks dan juga dapat menghilangkan sakit kepala.

2. Daun Pandan

Manfaat rempah yang selanjutnya yaitu ada daun panda. Rempah yang sering digunakan sebagai pewarna makanan alami, serta memberikan aroma harum ini juga dapat menjadi salah satu rempah untuk air mandi. Daun pandan memiliki kandungan minyak dan antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan.

Selain itu kandungan ini juga bagus untuk mengatasi kulit yang kering, dan dapat membuat kulit lebih halus. Tentunya daun salam ini sangat ampuh memberikan wangi pada tubuh, karena aroma yang keluar pada daun pandan.

3. Batang Serai

Ternyata batang serai juga memiliki manfaat yang baik loh untuk kecantikan ketika menjadi air mandi. Manfaat rempah yang satu ini dapat mengatasi jerawat, hal ini karena anti mikrophobia pada batang serai dapat mengatasi berbagai macam masalah jerawat, terutama yang disebabkan kotoran ataupun kuman.

Selain itu batang serai juga dapat memberikan kesehatan pada kulit tubuh, karena kandungan asam dari serai dapat membantu mencegah kanker kulit. Dan air rebusan serta uap yang dikeluarkan dari batang serai juga mampu menurunkan berbagai macam gejala depresi seperti cemas, stres hingga gangguan tidur atau insomnia.

Hal ini karena aroma terapi dari serai dipercaya bisa menenangkan dan membantu relaksasi otot dan saraf sehingga bisa tidur dengan nyenyak. Jadi tidak ada salahnya bila kalian menggunakan rebusan batang serai untuk air mandi.

4. Bunga Chamomile

Selain dibuat untuk teh, ternyata bunga chamomile juga memiliki banyak manfaat loh KLovers. Manfaat rempah yang satu ini memang sudah terkenal dapat mengatasi berbagai macam masalah kecantikan terutama kulit. Diketahui bahwa chamomile dapat mencegah proses penuaan dini karena antioksidan yang dimiliki.

Selain itu chamomile juga dapat menghilangkan lingkar mata hitam yang berlebihan, serta mencerahkan kulit. Hal ini juga karena antioksidan yang dimiliki oleh chamomile. Itulah mengapa tidak ada salahnya bila kalian menjadikan chamomile sebagai air rebusan untuk mandi ataupun cuci muka.

5. Pala

Dan manfaat rempah yang terakhir yaitu datang dari buah pala. Selain dapat menjadi salah satu rempah penyedap masakan, ternyata pala juga dapat berfungsi sebagai salah satu rempah yang dapat mengatasi masalah kulit loh KLovers. Buah pala dapat mengatasi beberapa masalah kulit seperti, jerawat, mengurangi minyak berlebih, dan mencerahkan wajah.

Hal ini karena buah pala dapat mengurangi dampak pigmentasi pada kulit, sehingga kulit dapat cerah secara merata. selain itu buah pala juga memiliki kandungan anti bakteri dan juga anti inflamasi yang dapat mengurangi jerawat berlebih pada kulit terutama wajah. Tetapi tidak disarankan untuk menggunakan buah pala secara berlebih ya, karena dapat membuat kulit menjadi merah.

Itulah 5 manfaat rempah yang baik digunakan sebagai air mandi. Selain aman karena alami, menggunakan rempah juga tidak akan menguras kantong kalian dan dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI