94 Kata Sindiran Buat Orang Sok Bijak, Penuh Nasihat Tapi Menyentil Perasaan

Selasa, 24 Agustus 2021 10:55
94 Kata Sindiran Buat Orang Sok Bijak, Penuh Nasihat Tapi Menyentil Perasaan
Ilustrasi (credit: shutterstock.com)


Kapanlagi Plus - Kata sindiran buat orang sok bijak mengandung pesan nasihat dan teguran agar dia menyadari tindakannya. Sebab kebijaksanaan seseorang tak hanya bisa terlihat dari ucapannya melainkan juga tindakan serta sikap.

Orang bijaksana seharusnya bisa lebih bijak dalam menghadapi persoalan hidup. Di antaranya selalu bersabar, ikhlas, berpikir positif, mengendalikan emosi dan amarah serta mau belajar dari kesalahan.

Sedangkan berbeda dari orang sok bijak yang memiliki sikap serta tindakan tak sesuai terkadang justru meninggikan dirinya sendiri. Tidak heran jika ada rasa kesal saat menjumpai orang sok bijak karena ucapannya.

Karena itulah ada sejumlah kata sindiran buat orang sok bijak yang menyentil perasaan agar membuatnya mau introspeksi diri. Berikut ulasannya tentang kata sindiran buat orang sok bijak penuh nasihat berharga telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Kata Sindiran Buat Orang Sok Bijak

Orang bijak seharusnya bisa mengendalikan sikap, ego, dan emosinya dalam menghadapi beragam persoalan hidup. Selain itu, biasanya orang yang bijaksana mau belajar, sabar, ikhlas dan berusaha memperbaiki kesalahannya. Namun lain halnya dengan orang sok bijak yang mana sikap dan ucapan mungkin saja berbeda atau tak sesuai. Seperti kata sindiran buat orang sok bijak berikut ini menggambarkan rasa kesal seseorang untuk mereka yang tak bijaksana.

1. "Berbicara sok bijak padahal apa yang dilakukannya tidak lebih baik dari orang yang dinasehati. Itu hanyalah sebuah kemunafikan."

2. "Seseorang yang luar biasa itu cenderung lebih sederhana dalam ucapannya, tetapi hebat dalam tindakannya."

3. "Orang yang jago bertutur kata, tapi tindakannya tidak benar-benar nyata. Yang terlihat hanyalah kebodohannya saja."

4. "Terkadang aku merasa sedih ketika ada orang yang sok benar, bijak, dan sok alim mengucapkan sesuatu yang tidak dilakukannya."

5. "Jika anda merasa bahwa diri anda lah yang paling benar dan paling hebat dari semuanya. Maka anda dalam masalah besar."

6. "Tak perlu kau ceritakan apa yang mereka bilang tentangku. Ceritakan bagaimana mereka bisa dengan nyaman mengatakannya padamu." - Jay Z

7. "Omongan tanpa tindakan hanyalah omong kosong."

8. "Orang terbodoh yang saya kenal adalah mereka yang mengetahui semuanya." - Malcolm Forbes

9. "Orang akan memperhatikan perubahan sikapmu terhadap mereka, tapi tidak memperhatikan tingkah laku mereka yang membuatmu berubah."

10. "Telinga ini sudah terlalu sering mendengar orang-orang munafik berbicara sok bijak dan benar padahal apa yang dilakukannya tidak lebih baik dari perkataannya."

11. "Jika kamu tahu semuanya, apa yang tersisa untuk dipelajari?"

12. "Orang bodoh mengira mereka tahu semuanya. Mereka berpura-pura berani. Orang bijak tahu mereka tidak tahu apa-apa." 

13. "Saat kamu merasa mengetahui semuanya, tidak banyak yang akan kau pelajari." - Ralph Marston

14. "Konon, tak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Yang ada paling-paling hanya manusia sok sempurna."

15. "Musuh terbesar dari pengetahuan bukanlah ketidaktahuan, itu adalah ilusi pengetahuan." - Stephen Hawkings

16. "Katakan padaku, apakah kamu tidak mampu menahan diri, atau apakah kamu bangga menjadi orang yang tahu segalanya yang tidak tertahankan?" - Severus Snape

17. "Seseorang mengenakan topeng, lalu lama-lama wajahnya jadi menyesuaikan dengan topeng yang dipakai." - George Orwell

18. "Itu orang yang mukanya ada dua, sumbangin salah satunya ke orang yang hobi cari muka sana."

19. "Semua orang terlihat paling mengetahui bagaimana cara membesarkan anak, kecuali orang-orang yang memiliki anak."

20. "Hingga namamu menjadi Google, berhenti bertingkah seakan tahu segalanya."

21. "Selalu curiga terhadap mereka yang berpura-pura mengetahui semuanya, mengklaim bahwa jalan mereka adalah cara terbaik, dan bersedia memaksakan cara mereka pada kita semua." - Walter E. Williams

22. "Makin kecil realitas Anda, makin yakin Anda bahwa Anda tahu segalanya."

23. "Mereka yang mengira mereka tahu semuanya tidak memiliki cara untuk mengetahuinya." - Leo Buscaglia

24. "Kadang berpura-pura bodoh cukup efektif untuk mengukur kepintaran orang lain."

 

2. Kata Sindiran Buat Orang Sok Bijak Penuh Nasihat dan Teguran

Bertemu orang sok bijak terkadang bikin perasaanmu mungkin saja kesal bahkan kecewa. Tidak heran jika ada kata sindiran buat orang bijak penuh dengan nasihat dan teguran. Kata sindiran buat orang sok bijak tersebut diharapkan bisa membuatnya sadar diri atas kesalahannya. Langsung saja simak ulasannya tentang kata sindiran buat orang sok bijak penuh nasihat dan teguran berikut ini.

25. "Tidak perlu pamer identitas, yang penting kualitas."

26. "Menghitung dosa orang lain tak akan membuatmu menjadi orang suci." - Hussein Nishah

27. "Seseorang mestinya melihat dirinya terlebih dahulu baik-baik sebelum berpikir untuk mencerca keburukan orang lain." - Moliere

28. "Jangan pernah memercayai saran yang diberikan oleh orang yang sedang menghadapi kesulitan."

29. "Perhatikan, dengarkan, dan pelajari. Kamu tidak bisa mengetahui semuanya sendiri. Siapa pun yang mengira mereka bisa melakukannya sendiri, ditakdirkan untuk menjadi biasa-biasa saja." - Donald Trump

30. "Cukup aku sendiri yang menasehati diriku akan kesalahanku. Kamu tidak perlu menasehatiku tentang apa yang tidak kamu lakukan."

31. "Kebenaran hanya milik Allah semata. Jika kamu merasa selalu benar, maka kamu merasa lebih baik dari Allah."

32. "Kalau memang telanjur bermuka dua, beda antara yang ditunjukkan di depan dan di belakang orang lain, setidaknya tampilkanlah muka terbaikmu."

33. "Hal terpintar adalah mengetahui bahwa saya tidak mengetahui semuanya dan masih banyak yang harus dipelajari." - Tony dicicco

34. "Jangan terlalu sering mengkritik hidup orang lain sehingga lupa bahwa hidupmu sendiri saja masih lebih buruk dari hidup orang yang kamu kritik."

35. "Tidak apa-apa untuk jujur tentang tidak mengetahui daripada menyebarkan kebohongan. Meski sering dikatakan bahwa kejujuran adalah kebijakan terbaik, diam adalah kebijakan terbaik kedua." - Criss Jami

36. "Orang yang memandang rendah orang lain, tidak akan berakhir dengan dipandang tinggi orang lain."

37. "Manusia berhenti berpikir ketika mereka pikir mereka tahu semuanya."

38. "Jika hidupmu habis kamu gunakan untuk mengomentari orang lain, kapan kamu memanfaatkan waktu untuk memperbaiki diri sendiri?"

39. "Satu-satunya hal yang layak dipelajari adalah hal-hal yang kau pelajari setelah kamu mengetahui semuanya." - Harry S. Truman

40. "Semakin sering kau berbicara seolah kau tahu segalanya, semakin banyak orang yang berusaha menjauhimu."

41. "Jika kamu pikir kamu tahu semuanya, kamu tidak mendengarkan." - Marsha Johnson Evans

42. "Salah seorang dari kalian dapat melihat kotoran kecil di mata saudaranya, tetapi lupa akan kayu besar yang ada di matanya." - H.R. Bukhari

43. "Kamu tidak bisa mengetahui semuanya. Tidak peduli seberapa pintar dirimu, tidak peduli seberapa komprehensif pendidikanmu, tidak peduli seberapa luas pengalamanmu, tidak ada cara untuk memperoleh semua kebijaksanaan yang kamu butuhkan untuk membuat bisnismu berkembang." - Donald Trump

44. "Tapi, aku juga harus belajar lebih banyak. Aku tidak merasa sudah selesai atau aku tahu semuanya."

45. "Saya mengingat sarannya dan beralih dari "tahu segalanya" menjadi "pelajari semuanya." - T. Harv Eker

46. "Kalau kamu ingin membuat dunia menjadi lebih baik, cobalah untuk melihat dirimu sendiri dan buatlah perbedaan."

47. "Aku benci, tahu semuanya, tolong berhentilah berpura-pura tahu sesuatu, padahal kami semua tahu kamu tidak tahu apa-apa."

48. "Tanda penting dari seorang pemimpin yang baik adalah mengetahui bahwa Anda tidak mengetahui semuanya dan tidak akan pernah." - Anne M. Mulcahy

49. "Bicara itu ada seninya. Jangan mengatakan apa yang seharusnya tidak kamu katakan."

 

3. Kata Sindiran Buat Orang Sok Bijak Menyentil Perasaan

Selalu berpikir negatif kepada orang lain menjadi salah satu tanda dari orang yang kurang bijaksana. Karena orang bijak tentunya bisa berpikir lebih positif dan terbuka terhadap berbagai hal. Berikut kata sindiran orang sok bijak yang menyentil perasaan. Dengan kata sindiran buat orang sok bijak tersebut bisa jadi cara membuatnya sadar diri.

50. "Buat apa bicara sok bijak dan sok benar, kalau apa yang dilakukannya sendiri saja sering salah dan menyimpang?"

51. "Jangan menjual jati diri untuk meraih pamer diri."

52. "Daripada berbicara ngelantur ngalor ngidul nggak jelas. Lebih baik belajar sedikit demi sedikit, biar IQ-mu yang rendah tidak begitu tampak."

53. "Seperti pepatah 'tong kosong berbunyi nyaring'. Sikapmu membuatku percaya akan pepatah itu ada pada dirimu."

54. "Orang bijak akan merasa malu jika kata-katanya lebih baik daripada tindakannya." - Confucius

55. "Saat seorang wanita berkata, 'Aku benci drama!' maka hampir bisa dipastikan ia adalah ratu drama."

56. "Kalau semua orang berkaca sebelum menilai orang lain. Tidak ada orang yang sok suci menghakimi sesamanya." - Mario Teguh

57. "Satu-satunya orang bodoh yang lebih besar dari orang yang mengetahui semuanya, adalah orang yang berdebat dengannya."

58. "Seorang genius sejati takut terlihat tidak sempurna dan biasanya lebih suka diam daripada mengatakan sesuatu yang tidak berarti."

59. "Mereka yang mengira mereka tahu semuanya sangat menjengkelkan bagi kita yang benar-benar tahu."

60. "Orang bijak tidak pernah tahu segalanya, hanya orang bodoh yang tahu segalanya." - Pepatah Afrika

61. "Begitu banyak orang yang pandai menilai diri orang lain, tapi bodoh menilai dirinya sendiri."

62. "Seseorang dinilai dari tindakannya, bukan omong kosongnya."

63. "Menurutmu apa yang aku pikirkan ketika kamu berbicara dengan penuh kebijakan layaknya motivator kondang? Muak dan rasanya mau muntah."

64. "Kamu itu orang apa kalkulator? Kok nggak pernah mau disalahkan?"

65. "Orang yang sok tahu adalah orang yang tahu segalanya, kecuali betapa menyebalkannya dirinya." - Demetri Martin

66. "Hidup ini memang sandiwara, namun sayangnya banyak yang aktingnya buruk."

67. "Gue memang bukan orang baik, tapi gue tahu harus berbuat apa di situasi apa."

68. "Ketika perkataanmu lebih baik dari perbuatanmu, yakinlah kalau orang-orang akan mulai menjauhimu."

69. "Waktuku habis karena mendengarkan omong kosong darimu."

70. "Mengucapkan hal-hal yang benar, suci, dan alim. Tapi Tindakan tidak mencerminkan ucapannya. Tidak lebih baik dari anjing yang menggigit majikannya sendiri.

71. "Kata-kata yang keluar dari mulutmu seperti parfum isi ulang. Wangi, tapi sayangnya palsu."

72. "Mereka yang mengira mereka tahu semuanya sebenarnya berpendidikan di luar kecerdasan mereka."

73. "Semakin sering ia berbicara, ia semakin terdengar seperti fortune cookie."

 

4. Kata Sindiran Buat Orang Sok Bijak dan Sombong

Tak hanya sok bijak, bertemu orang sombong juga bisa bikin perasaan jadi kesal karena kesombongannya. Karena itulah tindakan orang sok bijak dan sombong cenderung tidak disukai banyak orang. Berikut beberapa referensi kata sindiran buat orang sok bijak dan sombong.

74. "Perkataanmu membuatku yakin bahwa kelakuanmu tidak lebih baik darinya."

75. "Gayamu yang selangit seakan membuatmu lupa, kalo masih menginjak tanah."

76. "Terkadang, seseorang menjadi ria dan pamer karena dia merasa lebih dibandingkan dengan sekitarnya. Namun demikian, dia lupa bahwa semua itu hanyalah sementara."

77. "Tidak perlu marah dengan orang yang suka pamer kebahagiaan. Mungkin dia tidak cukup bahagia sehingga perlu pengakuan orang lain."

78. "Tak butuh pengakuan. Karena langit tidak perlu menjelaskan bahwa dirinya tinggi."

79. "Bahagia itu dirasakan bersama, bukan selalu diperlihatkan bersama."

80. "Setiap orang berhak menjadi bodoh. Tapi anda menyalahgunakan wewenang tersebut."

81. "Jangan suka pamer dan sombong, karena apa yang kamu punya saat ini bukan hasil dari keringat jerih payah kamu sendiri."

82. "Buatlah hidup yang hebat dalam kehidupanmu. Bukan malah hidup yang kelihatannya hebat, hanya ingin terlihat kaya dan bisa."

83. "Dengan cara bicaramu ini, aku khawatir kamu akan segera mendapatkan karma."

84. "Orang sombong dan sok suci ditandai dengan tatapan mata merendahkan dan ucapan yang meninggikan diri sendiri."

85. "Percayalah, manusia yang sombong akan ditundukkan dan orang yang angkuh akan direndahkan."

86. "Gini bro, jangan suka mengada-ada hal yang lo nggak punya. Itu namanya lo sombong. Jadi nggak usah sok kaya kalau ternyata lo sendiri nggak punya apa-apa."

87. "Kesombongan tidak menghantarkan kita menuju tempat yang lebih baik, terkadang itu justru mendorong mundur tanpa kita sadari."

88. "Berbagi kebahagiaan dan pamer memang beda tipis. Terkadang tidak disadari. Bisa seperti api yang perlahan memakan kayu."

89. "Kalau mau pamer, pas sudah berhasil saja. Jangan saat sama-sama lagi bermimpi, Emang yang jago hanya kamu doang? Jadi jangan sombong."

90. "Terkadang aku membutuhkan hanya apa yang bisa kamu berikan, bukan yang kamu ucapkan."

91. "Setiap orang punya masalah dan berupaya mengatasinya. Akan terlihat aneh jika kau malah pamer masalah dan menantikan belas kasihan."

92. "Beberapa orang akan membuat kebahagiaan ke mana pun ia pergi, sementara yang lainnya membuat kebahagiaan setiap kali mereka pergi."

93. "Miliki lebih dari yang kau tunjukkan, bicaralah lebih sedikit dari yang kamu tahu."

94. Semua orang berpikir untuk mengubah dunia. Tapi jarang yang berpikir untuk mengubah dirinya sendiri."

Nah itulah 94 kata sindiran buat orang sok bijak, penuh nasihat dan menyentil perasaan. Beberapa referensi kata sindiran buat orang sok bijak di atas bisa mewakili perasaanmu untuknya agar lebih introspeksi diri.

 

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI