Alat Musik Melodis Adalah Penghasil Nada dalam Lagu, Kenali Jenis-Jenisnya

Penulis: Puput Saputro

Diperbarui: Diterbitkan:

Alat Musik Melodis Adalah Penghasil Nada dalam Lagu, Kenali Jenis-Jenisnya
Pengertian alat musik melodis (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Selama ini kita mengenal ada banyak sekali jenis alat musik. Bahkan barang kali di antara kalian ada yang piawai memainkannya. Dari sekian banyak alat musik, ternyata ada beberapa yang tergolong alat musik melodis. Bagi orang awam, istilah alat musik melodis barang kali masih sangat asing. Alat musik melodis adalah alat musik yang menghasilkan melodi pada lagu.

Melodi merupakan salah satu dari beberapa unsur musik. Melodi adalah tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendek suatu nada dalam sebuah alunan musik. Oleh karena itu, keberadaan alat musik melodis sangat penting dalam sebuah karya seni musik. Dikarenakan bisa menunjukkan nada yang variatif tinggi-rendahnya, membuat alat musik melodis bisa dimainkan secara solo.

Lantas alat musik apa sajakah yang tergolong alat musik melodis? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut simak ulasannya berikut ini.

 

1. Apa Itu Alat Musik Melodis?

Sempat disinggung di awal, alat musik melodis adalah golongan alat musik yang mampu menghasilkan nada variatif tinggi-rendahnya. Alat musik jenis ini sangat berperan untuk membuat alunan musik dan lagu terdengar indah dan merdu. Selain itu, tanpa alat musik melodis, musik tidak akan utuh karena fungsinya untuk mengatur nada dan ritme.

Ada banyak alat musik yang tergolong alat musik melodis. Alat musik melodis adalah alat musik yang penting ada di suatu karya seni musik. Alat musik ini ada banyak sekali jenisnya, mulai dari yang dimainkan dengan cara dipetik, ditekan, digoyang, ditiup, digesek, hingga dihisap. Lebih jelasnya, berikut ini beberapa alat musik yang termasuk alat musik melodis.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Piano

Piano merupakan alat musik yang mempunyai suara merdu. Dimainkan dengan cara ditekan, ternyata piano termasuk alat musik melodis. Piano sebagai alat musik melodis mulai digunakan sejak 1720. Sejak dahulu hingga sekarang piano digunakan banyak musisi untuk menciptakan lagu, menjadi musik pengiring, dan sebagainya. Seiring dengan perkembangannya, dikenal beberapa jenis piano, seperti baby grand piano, grand piano, dan upright piano.

 

3. Biola

Salah satu contoh alat musik melodis adalah biola. Biola dimainkan dengan cara digesek. Suaranya yang unik cukup familiar di telinga. Biola mempunyai beberapa bagian, seperti badan biola, leher biola, senar, papan jari, dan jembatan biola. Di samping itu, biola ternyata juga mempunyai beberapa jenis, mulai dari biola bass, biola kecil, biola menengah, dan biola besar.

Setiap jenis biola di atas menghasilkan suara yang khas dan indah. Uniknya, untuk mengatur nada biola diperlukan beberapa alat khusus. Alat-alat khusus tersebut, di antaranya pasak penyetel, ekor biola, tali, pin, dan beberapa penyetel tambahan dan dagu penyangga.

 

4. Gitar

Siapa yang tidak mengenal gitar? Alat musik yang satu ini terbilang sangat populer. Terbukti banyak sekali orang yang bisa memainkan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini. Bukti lain kepopuleran gitar, alat musik ini digunakan di berbagai genre musik.

Gitar juga mempunyai suara yang khas. Kini, gitar terdapat dalam dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar manual. Gitar akustik adalah gitar yang terbuat dari kayu dan tidak tersambung dengan alat kelistrikan. Sedangkan gitar elektrik adalah instrumen yang dimainkan dengan bantuan aliran listrik.

 

5. Seruling

Seperti yang disinggung sebelumnya, alat musik melodis ada banyak sekali jenisnya. Selain itu, juga ada beragam cara memainkan alat musik melodis salah satunya dengan ditiup. Seruling merupakan contoh alat musik melodis yang dimainkan dengan ditiup. Dengan bentuk panjang serupa bambu dengan 6-7 lubang, seruling dapat menghasilkan suara yang begitu merdu, dengan nada yang beragam.

 

6. Pianika

Contoh lain alat musik melodis adalah pianika. Mirip dengan seruling, pianika dimainkan dengan cara ditiup. Nada yang dihasilkan pianika juga beragam, seprti pada umumnya yaitu nada do re mi fa so la si do.

 

7. Akordion

Angkordion barang kali memang tak begitu populer bagi kalangan awam. Tapi, bagi kalangan musisi dan pecinta musik, tentu sudah tidak asing dengan alat musik satu ini. Akordion yang dibuat oleh seniman asal Jerman. Dahulu akordion sering kali digunakan untuk mengiringi musik religi, namun kini bisa untuk mengiringi musik modern.

Angkordian mempunyai bentuk yang cukup mirip dengan piano. Hanya saja, angkordion biasanya diletakkan menggantung di badan pemainnya. Selain itu, cara memainkan angkordian juga berbeda dengan piano. Bedanya, tangan kiri pemain menekan tombol akord, dan tangan kanan akan memainkan tombol melodi.

Itulah di antaranya beberapa ulasan mengenai alat musik melodis adalah alat musik yang berperan menciptakan melodi, serta jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan, khususnya seputar musik.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending