5 Jenis Beras Beserta Ciri dan Manfaat Bagi Kesehatan, Manakah yang Favorit?

Penulis: Dita Tamara

Diperbarui: Diterbitkan:

5 Jenis Beras Beserta Ciri dan Manfaat Bagi Kesehatan, Manakah yang Favorit?
(credit: freepik)

Kapanlagi.com - Di Indonesia, beras menjadi salah satu bahan pokok yang paling penting. Tak heran jika sebagian masyarakat mencari beras untuk dikonsumsi setiap harinya. Kandungan berbagai macam nutrisi di dalam beras menyimpan manfaat sehat untuk tubuh. Beras sendiri juga merupakan sumber energi yang murah dan bergizi. Beras mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh.

Umumnya, jenis beras yang sering kalian temui yaitu beras putih dan merah. Akan tetapi, tahukah kalian jika jenis beras juga bervariasi lho. Bahkan, jenis beras pun mempunyai karakteristik dan keunggulannya sendiri-sendiri. Entah itu aromanya, teksturnya, hingga rasanya yang berbeda. Lalu, kira-kira ada berapa jenis beras? Untuk menambah pengetahuan kalian tentang beras, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

 

1. Beras Putih

Jenis beras yang pertama yaitu beras putih. Beras ini merupakan makanan paling umum dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Beras putih sendiri berasal dari padi yang sudah dihilangkan dari sekam, bekatul, dan benihnya. Nasi putih yang sering dikonsumsi menjadi nasi ini memiliki kandungan karbohidrat tinggi, itulah mengapa nasi ini menjadi salah satu makanan pokok.

Beras putih juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaatnya seperti mengurangi gangguan pencernaan seperti diare, radang usus besar, dan dapat mengurangi morning sickness bagi ibu hamil. Meski begitu, Perlu kalian ketahui bahwa beras putih memiliki dampak yang cukup besar terhadap gula darah sehingga penderita diabetes harus berhati-hati.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Beras Merah

Jenis beras yang kedua yaitu beras merah. Beras merah juga termasuk salah satu jenis beras yang banyak dikonsumsi juga. Sesuai dengan namanya, beras merah mempunyai warna merah, hal ini lantaran beras ini berasal dari kandungan antosianin dengan rasa mirip dengan kacang tanah. Dibandingkan dengan beras putih, beras merah memiliki tekstur yang lebih keras. Meskipun begitu, manfaat beras merah sudah tidak perlu diragukan lagi. Berbeda dengan beras putih, beras merah memiliki kandungan serat tinggi dan gula yang rendah.

Tak heran jika ketika diubahnya menjadi nasi, hal tersebut membuat cepat kenyang dan sangat cocok untuk kalian yang sedang menjalani program diet. Sementara, kandungan antioksidan flavonoid yang ada di dalamnya yaitu anthocyanins apigenin, myricetin, dan quercetin. Flavonoid dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh. Menurut sebuah penelitian, beras merah juga dapat melawan radikal bebas.

 

 

3. Beras Ketan

Selanjutnya, jenis beras yang perlu kalian ketahui yaitu beras ketan. Berbeda dengan jenis beras lainnya, beras ketan memiliki warna yang transparan dan lengket saat dimasak. Hal ini karena beras ketan punya amilopektin yang tinggi, namun amilose yang rendah.

Umumnya, beras ketan juga sering dijadikan campuran untuk membuat sushi supaya lebih lengket. Tak hanya itu, beras ketan juga sering digunakan untuk makanan tradisional atau untuk membuat bubur.

Sama seperti jenis beras lainnya, beras jenis ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Beras ini banyak mengandung zat tembaga yang dapat memperkuat jaringan ikat, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan fungsi otak yang sehat.

 

 

4. Beras Cokelat

Sudahkah kalian pernah mencicipi beras cokelat? Beras yang satu ini juga nggak kalah populer dari jenis beras lainnya lho. Ciri khas dari beras ini hampir mirip dengan beras merah. Tak heran jika banyak orang yang terkecoh ketika memilihnya. Jika dijadikan nasi, jenis beras ini membutuhkan waktu yang lama untuk dimasak. Selain itu, daya tahan dari beras ini pun tidak lama. Jadi, sebaiknya langsung habis setelah dimasak. Beras coklat memiliki banyak manfaat karena kandungan karbohidrat, serat, vitamin B kompleks, fosfor, fenol, selenium, mangan, kalium, dan magnesium.

Kandungan dalam beras coklat inilah yang memberikan banyak manfaat, seperti menurunkan risiko kanker usus besar, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker payudara, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, menguatkan tulang, menguatkan sistem saraf, menjaga sistem pencernaan, dan menjaga berat badan. Itulah mengapa beras coklat banyak dikonsumsi oleh seseorang yang sedang diet.

 

 

5. Beras Hitam

Sesuai dengan namanya, beras hitam punya warna yang sangat pekat, tapi akan berubah jadi ungu setelah dimasak. Warna ini juga berasal dari kandungan antosianin yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang paling banyak dimiliki dibandingkan dengan beras lainnya. Menurut sebuah penelitian, jika beras hitam mempunyai antioksidan yang tinggi sehingga dapat menjadikannya pilihan jenis beras yang kaya gizi.

Selain itu, beras hitam punya kandungan zat besi, vitamin E, serat, dan antioksidan. Tak sedikit orang yang beranggapan jika beras hitam menjadi salah satu beras yang paling menyehatkan, terutama untuk mengobati Alzheimer dan diabetes. Meski begitu, beras hitam tergolong jenis beras yang susah ditemukan.

Itulah sederet jenis beras sesuai dengan karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Kira-kira jenis beras manakah yang menjadi favorit kalian?

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending