6 Langkah-Langkah Pola Hidup Sehat, Pahami Pengertian dan Cara Penerapannya


Berita | Selasa, 5 Januari 2021 12:11
Editor : Puput Saputro

Kapanlagi.com - Menerapkan pola hidup sehat adalah cara menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Ajakan untuk menjalankan pola hidup sehat juga selalu digaungkan, terlebih di situasi pandemi seperti saat ini. Pola hidup sehat seolah jadi kunci untuk daya tahan tubuh yang stabil sehingga dapat terhindar dari virus corona covid-19.


Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Meski selalu digaungkan, nyatanya standar pola hidup sehat masih dirasa membingungkan bagi sebagian orang. Akibatnya, ajakan pola hidup sehat kini tak ubahnya slogan pada umumnya. Sebab, tak sedikit orang yang merasa bingung bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat di kehidupan sehari-hari.

Padahal menerapkan pola hidup sehat akan membawa bayak sekali manfaat. Selain untuk kesehatan, manfaat pola hidup sehat adalah baik untuk menjaga stamina dan mood, sehingga bisa lebih produktif. Untuk itu penting untuk memahami bahwa pola hidup sehat adalah hal yang penting diterapkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah menerapkan pola hidup sehat.

1 dari 6 halaman

1. Konsumsi makanan dan minuman bergizi

Konsumsi yang bergizi (credit: freepik)

Langkah awal untuk menerapkan pola hidup sehat adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Sudah jadi rahasia umum, bahwa makanan dan minuman yang kita konsumsi mengandung nutrisi yang akan berpengaruh pada kesehatan. Artinya, memilih jenis makanan dan minuman yang akan dikonsumsi adalah hal yang penting dalam menjaga kesehatan.

Agar tubuh sehat, pilih makanan dan minuman yang bergizi. Selalu pastikan kebutuhan asupan nutrisi seperti vitamin, mineral, serta zat-zat gizi terpenuhi. Dengan begitu, tubuh akan tetap sehat, segar, dan kuat. Sebaliknya, hindari juga makanan-makanan yang kurang bergizi dan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

 

2 dari 7 halaman

2. Rajin Berolahraga

Olahraga (credit: freepik)

Olahraga jadi salah satu aktivitas fisik yang membawa banyak manfaat. Tak heran, rajin berolahraga juga termasuk dalam pola hidup sehat. Dengan olahraga, tubuh akan mejadi lebih sehat dan bugar. Selain itu, daya tahan tubuh juga akan lebih terjaga sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti jantung hingga obesitas.

Meski begitu olahraga juga tetap harus dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kondisi fisik masing-masing. Alih-alih menyehatkan tubuh, olahraga yang terlalu diforsir justru bisa berdampak buruk pada kesehatan. Jadi, pilih waktu dan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan.

 

3 dari 7 halaman

3. Menjaga Kebersihan

Selain mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga, langkah lain dalam menerapkan pola hidup sehat adalah dengan menjaga kebersihan. Dalam hal bukan saja kebersihan tubuh yang perlu dijaga, melainkan juga kebersihan lingkungan. Sebab sebagaimana yang kita tahu, lingkungan yang kotor bisa menjadi sumber penyakit.

Lingkungan yang kotor bisa menjadi sarang dari kuman, bakteri, dan virus. Oleh karena itu, kita harus rajin membersihkan lingkungan sekitar demi hidup yang lebih sehat dan nyaman.

 

4 dari 7 halaman

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat cukup (credit: freepik)

Salah satu faktor penting dalam pola hidup sehat adalah istirahat yang cukup. Tubuh kita setiap harinya beraktivitas dari pagi sampai malam hari. Untuk mengembalikan tenaga yang hilang, tubuh kita memerlukan waktu untuk beristirahat. Istirahat yang cukup tidak saja berguna untuk mengganti tenaga, tapi juga menghindari kelelahan hingga stres.

Sebagaimana yang kita tahu, dalam satu hari orang dewasa dianjurkan untuk istirahat atau tidur selama kurang lebih 8 jam. Tidur yang cukup juga terbukti dapat menjaga mood di kemudian hari. Dengan begitu, kita tidak hanya akan terhindar dari stres dan kelelahan, melainkan juga bisa jadi lebih produktif.

 

5 dari 7 halaman

5. Mengatur Gaya Hidup

Hal yang tidak kalah penting dalam penerapan pola hidup sehat adalah mengatur gaya hidup. Pasalnya selain lingkungan, gaya hidup atau kebiasaan yang kita lakukan selama ini juga berpotensi mengganggu kesehatan. Seperti yang kita tahu, beberapa kebiasaan seperti merokok, mengonsumsi alkohol, begadang, dan sebagainya dapat mengancam kesehatan.

Dengan demikian, artinya kita perlu mengatur gaya hidup kita selama ini. Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan yang merugikan dan dapat mengganggu kesehatan. Sebaliknya, perbanyak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang menyehatkan.

 

6 dari 7 halaman

6. Menghindari Stres

Hindari stres (credit: freepik)

Kondisi psikis atau mental seseorang juga akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Oleh karena itu, menerapkan pola hidup sehat tidak akan lengkap tanpa menghindari stres. Meski begitu, stres memang menjadi hal yang biasa terjadi. Pasalnya, permasalahan dan berbagai tekanan hidup acap kali datang silih berganti.

Namun jangan khawatir, ada banyak cara untuk menghindari dan mengatasi stres. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan menyenangkan yang menjadi hobi, atau melakukan meditasi secara rutin untuk menenangkan pikiran juga hati.

Itulah di antaranya penjelasan mengenai pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan aspek kesehatan, serta langkah-langkahnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan dalam menjaga kesehatan.

 

(kpl/psp)

Topik Terkait