8 Jenis-jenis Genre Film Paling Populer dan Banyak Disukai


Berita | Jum'at, 8 Januari 2021 16:11
Editor : Dita Tamara

Kapanlagi.com - Ada beragam jenis-jenis film yang paling populer dan banyak penggemarnya. Pasalnya, film masih menjadi tayangan yang menghibur untuk menghilangkan penat dan stres. Bahkan, banyak orang begitu cintanya dengan film, mereka tak mau ketinggalan menonton berbagai film. Pada dasarnya, setiap orang yang menonton film, memiliki jenis genre film yang berbeda-beda. Jenis genre film diklasifikasikan berdasarkan tema dan karakteristiknya atau juga dari teknik pembuatannya.


Selama ini, genre film yang paling populer dikalangan masyarakat seperti horror, romance dan lain sebagainya. Namun, rupanya genre film juga bisa dikombinasikan sehingga membentuk sub genre baru lho. Misalnya saja jenis gendre film comedy horror dan lainnya. Genre pada film sendiri memang menjadi sebuah hal yang penting. Ketika seseorang ingin menonton film, tentu saja hal pertama kali yang ditanyakan yaitu apakah jenis genre film tersebut. Nah, untuk menambah pengetahuan kalian mengenai gendre film, berikut ini jenis-jenis genre film paling populer dan banyak di sukai. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 8 halaman

1. Horor

(credit: freepik)

Jenis genre film yang pertama yaitu horor. Tidak usah diragukan lagi jika jenis horor yang satu ini memang banyak penikmatnya. Tujuan dari pembuatan film horor ini untuk menakuti penontonnya dengan menunjukkan adegan menyeramkan dan berhubungan dengan hantu, setan, mistis dan dunia ghaib lainnya. Selain itu, film ini dibuat untuk memicu adrenalin para penonton. Jenis film yang satu ini tak melulu menyajikan horor saja, akan tetapi ada sub genre lainnya seperti action horor, comedy horor, horor thriller, natural horor, psychological horror, supernatural horror, slasher, hingga zombie film.

 

2 dari 9 halaman

2. Romance

Bagi kalangan ABG, tentu saja menyukai jenis film yang satu ini. Ya, film romance merupakan jenis film yang berfokus pada kisah cinta atau hubungan tertentu. Kebanyakan, film ini juga berdampingan dengan genre film drama. Film ini juga menampilkan konflik yang nggak jauh-jauh seputar asmara dan percintaan. Film romance pun dibagi dalam beberapa sub genre seperti roman sejarah, drama romantis, komedi romantis, hingga roman paranormal.

 

3 dari 9 halaman

3. Thriller

(credit: freepik)

Selanjutnya, jenis film yang tak kalah banyak peminatnya yaitu thriller. Film ini memiliki tujuan yang kuat untuk memperoleh emosi yang kuat dan menghasilkan ketegangan dan kecemasan. Dalam film thriller, situasi menegangkan dibangun sepanjang film. Jenis film yang satu ini umumnya dipadukan dengan unsur horor, misteri, atau action.

 

4 dari 9 halaman

4. Biografi

Film tentang kehidupan seorang tokoh kita kenal dengan nama film biografi. Singkat kata, film biografi adalah film yang menampilkan kehidupan seorang tokoh yang diambil dari kisah nyata dalam hidupnya. Biasanya orang yang diangkat kisahnya untuk dijadikan film biografi adalah orang yang punya pengaruh besar, dikenal luas oleh masyarakat dan inspiratif.

 

5 dari 9 halaman

5. Action

(credit: freepik)

Action sebagai salah satu genre film yang banyak diidolakan. Genre action memiliki hubungan dekat dengan perselisihan dan narasi perjuangan yang bisa kalian temukan di semua jenis seni dan sastra. Dengan beberapa contoh paling awal yang berasal dari segala hal mulai dari perang historis hingga beberapa penggambaran dasar perampokan kereta, film aksi telah populer di kalangan penonton bioskop.

Hal ini juga salah satu contoh terbaik tentang evolusi perjalanan pahlawan sinematik dan narasi pahlawan klasik vs penjahat, yang akan Anda temukan di seluruh bioskop dan genre. Adapun yang termasuk dalam sub genre action adalah Perang dan Aksi Militer, Aksi Mata-Mata dan Spionase, Aksi Seni Bela Diri, dan Genre Aksi Hibrida.

 

6 dari 9 halaman

6. Komedi

Selanjutnya, jenis genre film yang tak kalah populer yaitu komedi. Jenis film yang satu ini memang banyak melepas penat dan stres setelah seharian beraktivitas. Tujuan dari jenis film ini dibuat yaitu untuk memunculkan gelak tawa dan membuat penonton terhibur.

Adapun sub genre film komedi yaitu seperti black komedi yang bertujuan untuk menyinggung hal-hal tabu. Parody atau spoof yang bertujuan untuk memparodikan film atau karya. Slapsticks yang bertujuan untuk mengandalkan humor secara fisik. Terakhir Dish Out of Water, film komedi saat karakternya berada di situasi yang tidak terduga.

 

7 dari 9 halaman

7. Fiksi Ilmiah

(credit: freepik)

Jenis film bergenre fiksi ilmiah menggabungkan tentang imajinasi dan basis-basis pengetahuan ilmiah. Karakteristik film genre ini bersifat visioner dan futuristik. Biasanya, jenis film ini mengangkat tentang masa depan dan dunia yang lain lengkap dengan kecanggihan teknologi, hingga prediksi-prediksi.

 

8 dari 9 halaman

8. Drama

Film drama adalah jenis film yang mengandung sebuah alur, tokoh, yang memiliki tema tertentu berupa percintaan, kehidupan, sosial, dan lain sebagainya bahkan film perang sekalipun. Jenis film drama sendiri menghadirkan konflik drama dari beberapa tokoh yang ada di dalamnya.

Itulah sederet jenis genre film yang paling populer. Jenis film manakah yang menjadi favorit kalian?

 

(kpl/dtm)

Topik Terkait