Weton Jodoh Orang Kelahiran Sabtu Kliwon Menurut Primbon Jawa, Ketahui Cara Hitungnya


Berita | Jum'at, 23 Februari 2024 12:33

Kapanlagi.com - Primbon Jawa jadi bagian dari kepercayaan masyarakat Jawa selama berabad-abad. Primbon Jawa dipergunakan dalam berbagai keperluan, termasuk meramalkan jodoh seseorang. Dalam pandangan primbon Jawa, pasangan ideal dapat ditentukan melalui weton, yang merujuk pada hari kelahiran seseorang. Sebagai salah satu weton yang sering menjadi pusat perhatian, banyak yang penasaran dengan jodoh orang kelahiran pada Sabtu Kliwon.


Pasalnya, banyak yang percaya bahwa seseorang yang lahir pada Sabtu Kliwon memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya cocok dengan pasangan yang memiliki weton tertentu. Dengan pasangan yang wetonnya sesuai, Sabtu Kliwon akan menjalani kehidupan rumah tangga yang bahagia dan harmonis.

Jadi penasaran kan, weton apa saja yang sekiranya cocok untuk jadi pasangan Sabtu Kliwon? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini:

1 dari 3 halaman

1. Hitungan Neptu Sabtu Kliwon

Hitungan Neptu Sabtu Kliwon (credit: unpslash)

Menurut primbon Jawa, dalam menentukan weton yang dianggap cocok dan berjodoh bisa dilakukan dengan metode hitungan neptu. Oleh karena itu, sebelum mengetahui weton yang berjodoh dengan Sabtu Kliwon, terlebih dahulu kita perlu mengetahui bilangan neptu Sabtu Kliwon.

Bagi yang masih belum familiar, neptu merupakan bilangan khusus setiap weton yang diperoleh melalui proses menjumlahkan nilai hari kelahiran dan pasaran Jawa. Ya, dalam budaya Jawa setiap hari lahir dan Pasaran Jawa dipercayai memiliki nilai-nilai yang unik. Untuk lebih memahami konsep ini, simak uraian berikut:

Nilai Hari Lahir:

- Minggu bernilai 5

- Senin bernilai 4

- Selasa bernilai 3

- Rabu bernilai 7

- Kamis bernilai 8

- Jumat bernilai 6

- Sabtu bernilai 9

Nilai Pasaran Jawa:

- Legi bernilai 5

- Pahing bernilai 9

- Pon bernilai 7

- Wage bernilai 4

- Kliwon bernilai 8

Menurut daftar nilai hari lahir dan pasaran di atas, maka bisa diketahui neptu Sabtu Kliwon berjumlah 17, hasil dari 9 (nilai hari Kamis) + 8 (nilai pasaran Kliwon).

2 dari 4 halaman

2. Metode Hitungan Jodoh Menurut Primbon

Metode Hitungan Jodoh Menurut Primbon (credit: unsplash)

Proses meramalkan jodoh primbon Jawa berdasarkan weton sebenarnya caranya sangatlah sederhana. Setelah mengetahui neptu pihak laki-laki dan perempuan, langkah berikutnya adalah menjumlahkan kedua angka neptu tersebut. Nantinya, hasil penjumlahan neptu pihak laki-laki dan perempuan inilah yang dapat dipergunakan untuk mengecek tingkat kecocokan berdasarkan Primbon Jawa.

Dalam isi ramalan jodoh Primbon Jawa, setiap angka diyakini bisa menunjukkan prediksi kehidupan rumah tangga mereka kelak. Untuk lebih jelasnya, berikut daftar isi ramalan jodoh menurut Primbon Jawa:

1. Pasangan PEGAT jika hasil hitungannya adalah 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, atau 36. Pasangan ini diperkirakan mengalami banyak masalah, seperti ekonomi dan perselingkuhan, yang dapat mengancam keharmonisan rumah tangga.

2. Pasangan RATU jika hasil hitungannya adalah 2, 11, 20, atau 29. Pasangan ini dianggap takdir bersama, harmonis, dan dihormati di lingkungannya.

3. Pasangan JODOH jika hasil hitungannya adalah 3, 12, 21, atau 30. Pasangan ini diprediksi memiliki kecocokan tinggi, menerima kelebihan dan kekurangan satu sama lain, dan menjalani rumah tangga yang harmonis.

4. Pasangan TOPO jika hasil hitungannya adalah 4, 13, 22, atau 31. Pasangan ini mungkin menghadapi kesulitan awal pernikahan, tetapi dengan kesabaran, mereka dapat meraih kebahagiaan dan kesuksesan.

5. Pasangan TINARI jika hasil hitungannya adalah 5, 14, 23, atau 32. Pasangan ini diharapkan menemukan kebahagiaan dan kemudahan dalam mencari rezeki, menjadikan hidup mereka berkeberuntungan.

6. Pasangan PADU jika hasil hitungannya adalah 6, 15, 24, atau 33. Meski sering bertengkar, pasangan ini diperkirakan tetap kuat dan tidak sampai pada perceraian.

7. Pasangan SUJANAN jika hasil hitungannya adalah 7, 16, 25, atau 34. Pasangan ini mungkin mengalami konflik dan masalah perselingkuhan, baik dari pihak laki-laki maupun perempuan.

8. Pasangan PESTHI jika hasil hitungannya adalah 8, 17, 26, atau 35. Pasangan ini diprediksi tetap rukun dan damai hingga tua, meskipun menghadapi beberapa masalah dalam perjalanan hidup mereka.

3 dari 4 halaman

3. Jodoh Paling Tepat untuk Sabtu Kliwon

Jodoh Paling Tepat untuk Sabtu Kliwon (credit: unsplash)

Berdasarkan ramalan Primbon Jawa, rumah tangga diharapkan bahagia jika hasilnya RATU, JODOH, PESTHI, atau TINARI. Untuk mencapai hasil tersebut, weton Kamis Pahing perlu bersatu dengan pasangan yang memiliki weton tertentu.

- Agar jadi pasangan RATU, weton Sabtu Kliwon harus bertemu weton yang neptunya berjumlah 12. Weton dengan neptu berjumlah 12 antara lain adalah Minggu Pon, Selasa Pahing, Rabu Legi, dan Kamis Wage.

- Agar jadi pasangan JODOH, weton Sabtu Kliwon harus bertemu weton yang neptunya berjumlah 13. Weton dengan neptu berjumlah 13 antara lain adalah Senin Pahing, Kamis Legi, Jumat Pon, dan Sabtu Wage.

- Agar jadi pasangan PESTHI, weton Sabtu Kliwon harus bertemu weton yang neptunya berjumlah 9 atau 18. Weton dengan neptu berjumlah 9 adalah Minggu Wage dan Senin Legi. Sementara, weton dengan neptu berjumlah 18 adalah Sabtu Pahing.

- Agar hasilnya TINARI, maka weton Sabtu Kliwon harus bertemu weton yang neptunya berjumlah 15. Weton dengan neptu berjumlah 15 adalah Rabu Kliwon, Kamis Pon, dan Jumat Pahing.

Itulah di antaranya beberapa weton jodoh untuk kelahiran Sabtu Kliwon menurut primbon Jawa. Keputusan untuk percaya atau tidak percaya sepenuhnya dikembalikan ke tangan pembaca. Semoga bisa disikapi secara bijaksana.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(kpl/psp)

Topik Terkait