Apa Arti Anjay Beserta dengan Pemahaman Konteks Bahasa yang Tepat

Rabu, 27 Oktober 2021 12:22 Penulis: Dhia Amira
Apa Arti Anjay Beserta dengan Pemahaman Konteks Bahasa yang Tepat
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Bukan hanya di Indonesia saja, bahasa gaul memang dimiliki oleh setiap negara. Ada banyak sekali bahasa gaul yang bisa digunakan, biasanya bahasa gaul ini merupakan sebuah istilah keren dalam kata. Salah satu bahasa gaul yang dimiliki oleh Indonesia yaitu ada anjay, walaupun masih banyak perdebatan dengan apa arti anjay yang sebenarnya.

Bahkan ada yang menganggap bahwa arti anjay memiliki arti yang tidak baik. Namun, ada yang beranggapan bahwa arti anjay tak menjadi sebuah kesalahan berat hingga harus mendekam dalam penjara. Namun apa arti anjay yang sebenarnya? Pasti KLovers banyak yang ingin mengetahui arti kata gaul yang kontroversial yang satu ini.

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan apa arti anjay yang sebenarnya, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah arti kata anjay beserta pemahamannya dalam konteks bahasa. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Arti Kata Anjay

Apa sih sebenarnya arti kata anjay itu? Dan berawal dari apa arti kata anjay sebenarnya? Diketahui bahwa, kata anjay sendiri bermulai dari kata hewan dan merupakan sebuah kata umpatan. Ya, anjay merupakan sebuah singkatan dari kata "A*ji*g". Namun ada pula yang berpendapat bahwa kata anjay menjadi sebuah ungkapan kata keren bila memuji sesuatu.

Selain itu, arti kata anjay merupakan bagian dari bahasa gaul yang merupakan kreasi bahasa anak muda pada generasi milenial. Berdasarkan analisis di atas, bisa disimpulkan bahwa, kata anjay merupakan bagian dari bahasa gaul yang digunakan sebagai simbol keakraban yang bermakna kekaguman.

 

2. Pemahaman Konteks Bahasa

Perdebatan kata anjay memang menjadi sebuah kejadian yang begitu viral. Bahkan Ketua Umum Komnas PA Arist Merdeka Sirait pun mengatakan, penggunaan kata tersebut bisa terancam tindak pidana. Hal ini karena termasuk dalam kekerasan verbal yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Namun perlu di mengerti bahwa, kata anjay sendiri belum masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dan menjadi sebuah kata yang baru saja dibuat oleh anak muda masa ini. Dilansir dari theconversation.com, ketika sebuah kata yang belum terdaftar dalam kamus masuk ke dalam sengketa hukum, ahli linguistik forensik biasanya mencoba melihat konteks penggunaan kata tersebut untuk mengetahui maknanya.

Masih dilansir dari theconversation.com, ahli bahasa dari Amerika Serikat Deborah Schiffrin menjelaskan bagaimana pentingnya memahami konteks dalam linguistik forensik untuk mengetahui makna sebuah kata di masyarakat. Pendekatan fungsionalis bisa membantu kita melihat bagaimana sebuah dituturkan dalam konteks tertentu.

Meskipun anjay termasuk kata kasar, selama tidak digunakan sebagai hinaan, makian, alat untuk menyerang seseorang dan tidak menimbulkan konflik. Maka kata anjay tidak dapat diajukan sebagai bahasa kriminal. Apalagi mengingat bahwa, kata tersebut dari bahasa gaul di lingkungan kalangan muda yang penggunaannya sangat cair bergantung pada konteksnya.

 

3. Bahasa Gaul Lainnya

Nah selain mengetahui apa arti anjay, ternyata masih banyak lagi loh kata atau bahasa gaul lain yang bisa kalian gunakan. Bahasa gaul ini bisa membantu kalian memahami mereka yang suka menggunakan istilah gaul, bahkan bisa membuat kalian lebih mudah bersosialisasi. Berikut ini beberapa bahasa gaul lainnya selain kata anjay:

1. Baper: Merupakan kepanjangan dari Bawa Perasaan. Istilah gaul baper ini lebih merujuk pada seseorang yang segala ucapan dan tindakan orang lain dimasukkan ke hati.

2. Bucin: Kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta. Di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cintai.

3. Gabut: Kata ini lebih menggambarkan pada perasaan yang tidak jelas dan tidak tahu harus berbuat apa. Gabut sudah sering dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Biasanya dipakai untuk update status di Instagram story dan terkadang ditampilkan bersama lagu-lagu galau.

4. Gaje: Kata singkatan dari Gak Jelas atau Enggak Jelas. Kata ini digunakan saat seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

5. Gercep: Kata singkatan gaul dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran kepada seseorang untuk bisa bergerak lebih cepat saat melakukan sesuatu hal.

6. Halu: Kata ini merupakan kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

7. Japri: Singkatan gaul ini tentu sudah sering kita dengar. Japri sendiri bisa diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

8. Komuk: Kata singkatan gaul ini merujuk pada Kondisi Muka.

9. Mager: Mager adalah singkatan gaul yang juga sering kita dengar. Mager sendiri berasal dari kalimat Malas Gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

10. Mantul: Kata singkatan gaul dari kata Mantap Betul. Kata ini juga sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

11. Pansos: Pansos adalah kata singkatan gaul kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, Pansos digunakan kepada orang-orang yang suka mencari perhatian publik, terutama di media sosial.

12. Kepo: Akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

13. Nolep: Kata ini merupakan plesetan dari kata No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.

14. Santuy: Istilah ini merupakan plesetan dari kata santai. Biasanya, istilah ini digunakan untuk memberi label kalem atau menyuruh orang agar tidak terburu-buru.

15. Ambyar: Istilah ini diambil dari sebuah kata dalam Bahasa Jawa "ambyar" yang bermakna hancur berkeping-keping.

Bagi kalian yang belum mengetahui apa arti anjay, itulah arti yang bisa kalian ketahui. Beserta dengan pemahaman konteks bahasanya, dan itilah bahasa gaul lainnya.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI