Apa Arti Anjir dalam Bahasa Gaul? Ketahui Makna dan Istilah Kekinian Lainnya

Minggu, 06 Februari 2022 12:33
Apa Arti Anjir dalam Bahasa Gaul? Ketahui Makna dan Istilah Kekinian Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Mendengar kata anjir tentu sudah sangat awam diketahui. Namun sudahkah kalian paham apa arti anjir dalam bahasa gaul?

Apa arti anjir sebenarnya hampir mirip dengan anjay. Hanya saja ada sedikit perbedaan antar kedua kata tersebut yang kini termasuk bahasa gaul populer. Kata anjir seringkali digunakan untuk mengekspresikan perasaan karena mengalami dan melihat kejadian sesuatu.

Selain itu apa arti anjir berasal dari sebuah kata plesetan yang akhirnya membentuk kata yang kita kenal dengan anjir ataupun anjay. Penasaran apa sebenarnya arti anjir dalam bahasa gaul?

Untuk tahu selengkapnya mengenai apa arti anjir dalam bahasa gaul, ulasan di bawah ini perlu kalian ketahui. Adapun apa arti anjir dalam bahasa gaul dapat kalian simak sebagai berikut yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Apa Arti Anjir di KBBI

Ada sejumlah bahasa gaul yang diplesetkan hingga populer jadi bahasa kekinian zaman sekarang. Salah satunya kata anjir yang memiliki makna serta arti tersendiri. Sebelum sepopuler sekarang sebagai bahasa gaul, apa arti anjir sebenarnya ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Hanya saja apa arti anjir di KBBI dan dalam bahasa gaul sangatlah berbeda. Lalu apa arti anjir di KBBI?

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa arti anjir adalah terusan. Apa arti anjir di KBBI juga bermakna dengan saluran dalam hal ini saluran air. Serta arti anjir dapat juga diartikan dengan kanal.

Itulah apa arti anjir jika merujuk pada KBBI. Sementara itu terdapat perbedaan antara apa arti anjir di KBBI dan dalam bahasa gaul. Di mana kini kata anjir masih sangat populer jadi bahasa gaul anak muda zaman now.

2. Apa Arti Anjir dalam Bahasa Gaul

Telah disinggung pada ulasan sebelumnya, apa arti anjir di KBBI dan bahasa gaul memang berbeda jauh. Pasalnya apa arti anjir dalam bahasa gaul berasal dari sebuah plesetan. Sejumlah sumber menyebutkan kalau apa arti anjir dalam bahasa gaul adalah plesetan dari kata anj**ng.

Sebelumnya publik juga sempat dibuat heboh dengan kontroversi kata anjay dan anjir. Pasalnya apa arti anjir juga bermakna seperti kata anjay. Sementara itu kontroversial kedua kata ini berawal dari keresahan Lutfi Agizal yang menyebutkan jika kata tersebut mengandung makna yang merendahkan, tidak sopan, dan termasuk umpatan.

Meski begitu, kini persoalan tersebut telah lama surut di publik. Namun apa sebenarnya arti anjir dalam bahasa gaul? Berbicara mengenai apa arti anjir sebenarnya kata ini digunakan untuk mengungkapkan perasaan kaget ataupun terkejut. Apa arti anjir dalam bahasa gaul ini memang begitu populer di sosial media bahkan dalam percakapan anak muda zaman now. Di mana umumnya kata anjir kebanyakan diucapkan oleh anak tongkrongan, antar teman, ataupun sahabat. Itulah apa arti anjir dalam bahasa gaul yang perlu kalian ketahui.

3. Makna Apa Arti Anjir

Lalu apa sebenarnya makna dari arti anjir? Makna anjir memang digunakan untuk mengungkapkan rasa terkejut dan kaget. Makna apa arti anjir sebenarnya dapat disesuaikan dengan intonasi dan situasi pengucapan.

Misalnya saja ketika mengucapkan kata anjir dengan nada tinggi, dapat menandakan kekesalan atau terkejut. Begitu juga dengan situasi lainnya yang dapat menandakan sebuah ejekan ataupun bangga karena hal tertentu. Contohnya saja seperti,

- Anjir hebat banget lo bisa masuk babak final.

- Anjir, siapa yang naro kayu ini di sini, gue jadi kesandung.

- Anjir lo kenapa malah nangis.

Dan beberapa contoh kata anjir lainnya dapat mengekspresikan perasaan atau ungkapan kalian akan sesuatu. Itulah apa arti anjir dan maknanya yang perlu diketahui. Sehingga memudahkan kalian memahami makna di balik arti anjir yang viral di sosial media.

4. Perbedaan Arti Anjir dan Anjay

Mendengar kata anjir, kata anjay terdenger memiliki arti yang mirip. Namun ternyata, ada perbedaan arti anjir dan anjay yang perlu kalian ketahui. Perbedaan antara arti anjir dan anjay sebenarnya dapat dilihat dari penggunaannya saja.

Di mana kalau arti anjir digunakan untuk mengungkapkan ekspresi kaget atau terkejut. Sementara kata anjay digunakan untuk mengungkapkan rasa kagum bahkan terkadang sebuah ekspresi pujian. Meski begitu, apa arti anjir dan anjay terkadang bisa digunakan untuk berbagai situasi.

5. Sinonim Kata Anjir

Setelah tahu apa arti anjir dan perbedaan dengan anjay, terdapat beberapa sinonim dari kata anjir. Sinonim apa arti anjir ini memiliki makna yang sama. Hanya saja diplesetkan lagi sehingga penulisannya berbeda. Penasaran apa saja sinonim kata anjir? Yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini mengenai sinonim kata anjir.

1. Anjay

2. Anjrit

3. Njir

4. Anjis

5. Anying

6. Anjim

Itulah sinonim dari arti anjir yang perlu kalian ketahui. Sehingga ketika menjumpai berbagai jenis kata-kata tersebut, dapat kalian ketahui bahwa makna dan artinya sama dengan anjir.

6. Istilah Kekinian Selain Kata Anjir

Tak hanya kata anjir, ada sejumlah bahasa gaul kekinian yang juga jadi trend di sosial media. Beragam istilah kekinian gaul ini seringkali jadi status ataupun bahasa gaul sehari-hari. Penasaran apa saja itu? Yuk cek di sini klovers.

1. Ambyar: Hancur, rusak, patah

2. Bucin: Budak cinta.

3. Baper: Bawa perasaan.

4. Gabut: Gaji buta.

5. Mager: Malas gerak.

6. OMG: Oh My God.

7. OTW: On the way.

8. FYI: For your information.

9. Mantul: mantap betul.

10. Halu: Halusinasi.

11. Pansos: Panjat sosial.

12. Kepo: Knowing every particular object.

Itulah penjelasan mengenai apa arti anjir yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan dalam memahami makna dan arti anjir.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI