Apa Arti Coli Menurut KBBI? Punya Makna Lain Selain Tentang Aktivitas Sensual

Selasa, 30 November 2021 14:22
Apa Arti Coli Menurut KBBI? Punya Makna Lain Selain Tentang Aktivitas Sensual
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Kata coli mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Wajar saja, sebab kata coli memang jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Pasalnya, apa arti coli cenderung terkesan negatif karena berhubungan dengan hal yang berbau seksual. Oleh karena itu, kata coli mungkin hanya familiar di kalangan tertentu, khususnya mereka yang telah berusia remaja hingga dewasa.

Namun faktanya, arti coli tak hanya merujuk pada sebuah aktivitas seksual saja. Ya, ternyata coli termasuk salah satu kata yang tergolong homonim dalam bahasa Indonesia. Itu artinya, coli mempunyai beberapa makna. Hal ini bisa dibuktikan dengan apa arti coli dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang merujuk pada beberapa makna.

Lantas, seperti apa arti coli dalam KBBI? Mengapa makna kata coli lebih identik pada aktivitas seksual semata? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Apa Arti Coli dalam KBBI

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, secara umum arti kata coli memang lebih merujuk pada aktivitas sebuah seksual. Namun jika ditelisik lebih mendalam, dalam KBBI, kata coli setidaknya masih mempunyai dua arti lain. Pertama, arti coli adalah kutang atau pakaian dalam wanita. Kemudian yang kedua, coli juga diartikan sebagai buah nangka atau cempedak yang sudah mulai masak.

Sebagai salah satu aktivitas seksual, dalam KBBI secara singkat arti coli didefinisikan sebagai onani yaitu proses pengeluaran mani atau sperma tanpa melakukan sanggama atau hubungan seks. Dengan kata lain, coli sama dengan onani atau sepadan juga dengan istilah masturbasi bagi kaum pria.

 

2. Arti Coli sebagai Aktivitas Seksual

Meski punya banyak arti, tak bisa dipungkiri bahwa arti coli lebih dikenal luas sebagai salah satu jenis aktivitas seksual. Namun, mengapa bisa demikian?

Kata coli lumrah dipakai di kalangan sebagian pria dewasa. Hal ini sejalan dengan arti coli sendiri yang merupakan istilah lain untuk menyebut masturbasi untuk kaum pria. Sehingga, meski tak dikenal secara umum, di kalangan pria istilah coli tetap eksis adanya di keseharian pria dewasa.

Dua arti coli lainnya, yaitu 'kutang atau pakaian dalam wanita' dan 'buah nangka atau cempedak yang sudah mulai masak' tak sepopuler coli sebagai masturbasi, juga bukan tanpa sebab. Dalam KBBI, arti coli sebagai 'kutang atau pakaian dalam wanita' ditandai sebagai kata arkais, atau kata lama yang sudah tidak terpakai. Sehingga wajar jika banyak yang tidak tahu bahwa coli bisa berarti 'kutang atau pakaian dalam wanita'.

Sementara, arti coli sebagai 'buah nangka atau cempedak yang sudah mulai masak' ditandai dengan istilah "alias" yang menandakan bahwa kata tersebut merupakan nama lain. Dan, seperti yang kita tahu secara umum dan luas, buah masak selama ini lebih disebut dengan embel-embel "matang" atau "masak".

Itulah sebabnya mengapa arti coli sebagai aktivitas seksual lebih terkenal dibandingkan arti lainnya.

 

3. Coli dari Segi Medis

Coli atau onani atau masturbasi mungkin dianggap sebagai hal yang wajar di kalangan sebagian pria. Banyak pria melakukannya untuk mendapatkan rangsangan seksual demi suatu kepuasan. Meski kerap dianggap sebagai hal yang wajar, faktanya coli juga bisa berdampak bagi kesehatan. Bahkan tak saja kesehatan fisik, tapi juga psikis. Oleh karena itu, penting untuk tahu arti coli dari sudut pandang medis.

Dilansir dari klikdokter.com, berikut beberapa dampak coli bagi kesehatan tubuh.

1) Meningkatkan risiko infeksi pada kemaluan dan saluran kencing, terlebih jika dilakukan dengan bantuan alat lain yang tidak terjamin kebersihannya.

2) Coli atau onani juga berisiko penurunan sensitivitas seksual, terutama pada individu yang sudah memiliki pasangan.

3) Dari segi psikis, kebiasaan melakukan coli atau onani juga cenderung membuat seseorang merasa bersalah setelah melakukannya. Hal ini berpotensi membuat seseorang mengalami stres dan penurunan produktivitas.

Itulah di antaranya ulasan tentang apa arti coli dalam KBBI. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI