Cara Menghapus Akun Shopee dengan Mudah dan Cepat, Pahami Syarat Ketentuannya

Senin, 29 November 2021 20:22 Penulis: Puput Saputro
Cara Menghapus Akun Shopee dengan Mudah dan Cepat, Pahami Syarat Ketentuannya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Belanja online kini sudah jadi hal yang sangat lumrah dilakukan masyarakat. Apalagi, saat ini sudah banyak tersedia aplikasi e-commerce yang bisa diakses dengan mudah. Salah satu e-commerce yang banyak digunakan adalah shopee. Meski kini jadi salah satu aplikasi ecommerce yang paling populer, nyatanya ada saja orang yang justru mencari cara menghapus akun shopee.

Tentu setiap orang mempunyai alasan tersendiri mengapa ingin mencoba cara menghapus akun shopee miliknya. Bisa jadi, seseorang ingin menghapus akun shopee miliknya lantaran menghindari ketagihan belanja online. Pasalnya, tak bisa dipungkiri kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan shopee acap kali membuat seseorang jadi lebih konsumtif.

Selain itu, mungkin juga seseorang ingin menghapus akun miliknya agar terhindar dari penipuan atau sejenisnya. Ya, cara menghapus akun shopee memang bisa jadi langkah bijak untuk hidup lebih sederhana dan aman. Namun perlu diketahui, tentu ada konsekuensi yang harus ditanggung jika menghapus akun shopee. Oleh karena itu, sebelum melakukannya penting untuk mencari tahu informasi yang mendetail.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang cara menghapus akun shopee dan informasi penting lain seputarnya.

1. Syarat dan Ketentuan Menghapus Akun Shopee

Menghapus akun mungkin memang menjadi hak bagi pengguna atau pemilik akun. Namun, seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa ada konsekuensi yang harus dipahami pengguna yang menghapus akun shopee miliknya.

Selain itu, ada syarat dan ketentuan juga harus dipenuhi dan dipahami oleh pemilik akun. Penting juga untuk tahu poin-poin yang menjadi syarat dan ketentuan tersebut. Agar, proses pelaksanaan tata cara menghapus akun shopee bisa berjalan lancar dan mendapatkan persetujuan. Berikut beberapa syarat dan ketentuan dalam cara menghapus akun shopee.

- Pengajuan penghapusan akun harus melalui proses persetujuan. Sehingga, untuk memastikan permintaan disetujui, pemilik akun terlebih dahulu wajib pelajari lebih berbagai informasi terkait hal-hal yang bisa menjadi alasan penolakan penghapusan akun.

- Keputusan disetujui atau tidaknya pengajuan penghapusan akun berada di kewenangan pihak Shopee.

- Akun Shopee yang akan dihapus juga harus terbebas dari transaksi yang belum selesai. Setiap transaksi yang belum selesai akan dianggap bentuk sikap tidak tanggung jawab, sehingga akan mempengaruhi keputusan disetujui atau tidaknya proses pengajuan penghapusan akun.

- Penghapusan akun shopee akan bersifat permanen dan tidak dapat diubah. Itu artinya, setelah proses penghapusan akun dinyatakan berhasil, pemilik tidak dapat lagi mengakses akun tersebut, termasuk untuk sekadar login dan melihat riwayat transaksi.

- Penghapusan akun shopee akan membuat koin shopee ikut hangus dan tidak bisa digunakan atau diuangkan.

2. Cara Menghapus Akun Shopee

Cara menghapus akun shopee bisa dilakukan dengan mudah dan praktis hanya melalui aplikasi di hp. Berikut langkah-langkah dalam cara menghapus akun shopee.

1. Buka aplikasi shopee di hp kalian, kemudian klik "saya".

2. Masuk ke menu pengaturan dengan melakukan klik pada ikon bergambar gerigi.

3. Selanjutnya, pilih "Ajukan Pengajuan Penghapusan Akun", klik Ok.

4. Setelah itu, pilih lanjutkan.

5. Berikutnya, kalian akan diminta memasukkan kode verifikasi atau OTP yang dikirimkan melalui aplikasi whatsapp atau SMS.

6. Setelah memasukkan kode OTP, klik berikutnya.

7. Selanjutnya, pilih salah satu pilihan alasan mengapa ingin menghapus akun.

8. Jika sudah, masukkan alamat email yang terdaftar.

9. Periksa syarat dan ketentuan yang berlaku, kemudian terakhir tinggal klik kirim.

3. Alasan Pengajuan Menghapus Akun Ditolak

Cara menghapus akun shopee bisa dinyatakan gagal apabila syarat dan ketentuannya tidak terpenuhi. Selain itu, sebagaimana yang tercantum dalam syarat dan ketentuan, pihak shopee juga bisa secara sepihak menggagalkan pengajuan permohonan penghapusan akun karena berbagai alasan. Berikut beberapa alasan pengajuan menghapus akun shopee bisa ditolak.

1. Akun Telah Dibatasi

Pada umumnya, setiap akun yang melakukan pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan shopee akan dibatasi. Akun yang dibatasi tersebut tidak akan bisa melakukan proses penghapusan sebelum dilakukan proses pemulihan terlebih dahulu.

2. Nomor Hp Terdaftar di Akun Lain

Penggunaan 1 nomor hp untuk dua akun berbeda atau lebih, juga berisiko membuat penghapusan akun digagalkan. Tapi jangan khawatir, jika kalian mengalami hal ini kalian bisa langsung mengurusnya dengan mengontak costumer service.

3. Transaksi Pesanan yang Belum Selesai

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam syarat dan ketentuan, bahwa pesanan yang belum selesai bisa dinilai sebagai bentuk sikap tidak bertanggung jawab.

4. Masih Mempunyai Tagihan SPayLater atau SPinjam

Sama seperti transaksi pesanan yang belum selesai, untuk menghapus akun, pemilik juga harus menyelesaikan transaksi kredit pada SPayLater dan SPinjam.

5. Masih Terdapat Saldo ShopeePay

Untuk bisa melakukan cara menghapus akun shopee, saldo ShopeePay harus Rp 0,00. Untuk mengosongkan saldo ShopeePay, pengguna bisa melakukan transfer ke akun ShopeePay lain atau melakukan penarikan ke rekening bank.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara menghapus akun shopee berikut informasi penting seputarnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI