Apa Arti Ghosting? Ini Penjelasan Lengkap Beserta Alasan Seseorang Melakukannya

Kamis, 14 Oktober 2021 16:33 Penulis: Nurul Wahida
Apa Arti Ghosting? Ini Penjelasan Lengkap Beserta Alasan Seseorang Melakukannya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Istilah ghosting semakin akrab di telinga. Lalu apa arti ghosting sebenarnya? Kata ghosting umumnya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang menghilang tiba-tiba tanpa kabar. Penyebab ghosting bisa dipicu karena beberapa faktor termasuk saat seseorang enggan untuk berkomitmen.

Ghosting menjadi salah satu bahasa gaul di kalangan anak muda. Kata ghosting bahkan sempat viral di sosial media sejak kasus percintaan Kaesang Pangarep dan Felicia ramai diperbincangkan. Istilah ghosting seringkali disangkutpautkan dengan hubungan percintaan.

Ya, ghosting hampir serupa dengan PHP yakni saat seseorang diberi harapan palsu lalu tiba-tiba dirinya justru menghilang tanpa jejak. Rasa kecewa, sakit hati, dan sedih tentunya menjadi dampak saat mengalami ghosting.

Nah selengkapnya tentang apa arti ghosting dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut referensi apa arti ghosting telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Apa Arti Ghosting?

Di kalangan anak zaman sekarang tentu tak asing lagi mendengar istilah ghosting. Istilah ghosting seringkali muncul di platform sosial media yang umumnya terkait dengan hubungan percintaan ataupun pertemanan. Arti ghosting sendiri adalah bahasa gaul yang digunakan untuk menunjukkan situasi saat seseorang tiba-tiba menghilang, tanpa kabar, lost communication, ataupun memutuskan hubungan tanpa kejelasan.

Akhirnya ada salah satu pihak yang mungkin merasa tersakiti atau kecewa lantaran ditinggalkan begitu saja. Pihak yang di ghosting merasa dirinya tak tahu menahu alasan telah di ghosting. Hubungan kalian pun terasa seperti digantung tanpa kejelasan dan kepastian. Inilah yang menyebabkan rasa sakit hati dan perasaan terluka muncul saat seseorang di ghosting. Itulah arti ghosting yang pernah viral di sosial media.

 

2. Alasan atau Penyebab Ghosting

Ada beragam alasan mengapa seseorang melakukan ghosting. Namun memang setiap orang tentunya memiliki alasan tersendiri melakukan ghosting pada pasangan, gebetan ataupun teman mereka. Akan tetapi ada beberapa alasan mengapa ghosting bisa terjadi. Nah, berikut alasan atau penyebab ghosting yang mungkin saja relate kalian rasakan.

- Merasa takut atau khawatir sehingga memutuskan untuk mengakhiri hubungan secara tiba-tiba.

- Menghindari konflik sehingga memilih untuk pergi secara tiba-tiba.

- Merasa kurang nyaman menjalin hubungan dengan seseorang baik gebetan, pasangan ataupun teman.

- Tidak ingin berkomitmen dalam sebuah hubungan.

- Memiliki kesibukan sehingga tidak cukup waktu menjalin hubungan dengan seseorang.

- Menemukan sosok yang lebih menarik.

- Ingin memutuskan hubungan secara langsung sehingga memilih ghosting.

Beberapa alasan di atas mungkin saja relate dengan peristiwa yang pernah kalian alami. Meski begitu ada juga alasan lain seseorang justru memilih ghosting.

 

3. Dampak Ghosting

Setelah tahu apa saja alasan dan penyebab seseorang ghosting. Berikut ini ada dampak dari tindakan ghosting. Pasalnya ini tak sekedar memutuskan hubungan sepihak semata melainkan ada dampak psikologis yang mungkin dirasakan salah satu pihak. Nah langsung saja simak ulasannya tentang dampak ghosting sebagai berikut.

- Memicu perasaan sakit hati, terluka dan sedih.

- Merasa tidak dicintai.

- Merasa tidak dihargai.

- Bisa memicu depresi ataupun stres.

- Hilang kepercayaan diri.

- Merendahkan dan menyalahkan diri sendiri karena tidak dicintai ataupun dihargai.

 

4. Kenali Tanda-Tanda Ini Ketika di Ghosting

Di ghosting memang menyakitkan, apalagi oleh orang yang kalian sayang serta percaya. Sejumlah tanda-tanda ketika kalian sedang di ghosting sebagai berikut mungkin saja bisa membantumu mengendalikan emosi saat benar-benar telah di ghosting. Sehingga kalian bisa menentukan sikap atau tindakan yang diperbuat saat mengetahui telah di ghosting teman, pasangan ataupun gebetan. Berikut tanda-tanda saat tengah di ghosting seseorang.

- Pertama seseorang tiba-tiba menjauh dari hidup kalian.

- Kedua, seseorang tak merespon atau membalas pesan kalian dalam waktu lama.

- Ketiga, mengalami hubungan yang berubah dengan pasangan atau gebetan.

 

5. Cara Move On Setelah di Ghosting

Dalam hubungan percintaan ataupun pertemanan tentunya setiap orang tak ingin merasakan ghosting. Namun, hal ini seringkali tak bisa dihindari karena alasan dan penyebab tertentu. Nah, jika kalian adalah pihak yang di ghosting, ada cara move on darinya. Cara move on setelah di ghosting ini mungkin saja membantumu melupakan dia yang telah pergi tanpa alasan dan kejelasan. Berikut cara move on setelah di ghosting.

- Hindari menyalahkan diri sendiri saat seseorang tiba-tiba ngeghosting. Sebab hal ini bisa menimbulkan perasaan kurang percaya diri bahkan terluka.

- Bertemu dan bersama orang-orang tersayang yang kalian percaya seperti keluarga ataupun sahabat untuk berbagi perasaan. Cara ini bisa membantumu meringankan rasa sesak setelah di ghosting serta mendapatkan kekuatan dari orang terdekatmu.

- Berhenti mencari tahu kabar terbaru tentang dirinya di akun sosial media ataupun orang terdekatnya. Ini membantumu move on secara perlahan dari dirinya.

- Menyibukkan diri dengan hal positif yang membuat perasaanmu jadi lebih happy.

- Berusaha ikhlas dan menerima kenyataan bahwa semua akan baik-baik saja.

Nah itulah apa arti ghosting? Dan penjelasannya lengkap beserta penyebabnya. Beberapa penjelasan tentang arti ghosting di atas mungkin saja bisa membantumu mengetahui apa itu ghosting dan penyebabnya.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI