4 Cara Reset HP Oppo dengan Praktis Saat Mengalami Error Berulang

Rabu, 13 Oktober 2021 18:55 Penulis: Anik Setiyaningrum
4 Cara Reset HP Oppo dengan Praktis Saat Mengalami Error Berulang
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Cara Reset HP Oppo adalah trik yang harus kalian ketahui ketika mengalami Error berulang kali. Apalagi jika error atau kesalahan yang terjadi selalu sama. Ketika mengalami hal tersebut, apalagi disertai dengan kerusakan sejumlah file atau cache sampah yang sudah menumpuk, kalian perlu melakukan reset HP.

Cara Reset HP Oppo ke pengaturan pabrik juga diperlukan jika kalian mengalami gangguan dari pihak ketiga. Cara tersebut biasa disebut sebagai hard reset. Namun, sebelum melakukan hal tersebut, kalian disarankan untuk mencadangkan file penting terlebih dahulu.

Produk HP ternama asal Tiongkok ini memiliki cukup banyak peminat di Indonesia. Jika kalian merupakan salah satu pengguna, tapi tidak mengetahui cara reset HP Oppo, tak perlu khawatir. Informasi berikut ini memuat petunjuk dan penjelasan untuk kalian ikuti saat ingin mereset HP.

 

1. Cara Reset HP Oppo Melalui Settings

Sekali lagi, sebelum kalian mempraktikkan cara reset HP Oppo melalui settings, disarankan untuk mencadangkan data atau file penting. Reset ini akan mengakibatkan semua data di memori internal terhapus. Jika sudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Pertama, buka menu 'Settings' atau 'Pengaturan' di HP Oppo kalian.

- Cari opsi 'Additional Settings' yang berada di bawah, lalu klik.

- Pilih opsi Backup dan Reset

- Setelah itu, akan ada dua pilihan yang muncul.

- Jika kalian ingin mereset HP tapi ingin tetap mempertahankan beberapa data seperti foto dan musik, pilih 'Erase Phone Storage'

- Jika kalian ingin mereset dan menghapus semua data tanpa tersisa, pilih 'Remove All Contents and Settings/Reset Phone'.

- Tunggu proses reset selesai dan HP Oppo kalian siap digunakan kembali.

 

2. Cara Reset HP Oppo dengan Fitur Factory Reset

Cara reset HP Oppo dengan fitur factory reset ini bisa kalian lakukan ketika HP menjadi lemot, banyak cache sampai menumpuk, atau mengalami masalah dengan aplikasi pihak ketiga. Melakukan reset ini berarti menghapus semua data di HP secara permanen. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah berikut ini.

- Buka 'Pengaturan'.

- Pilih 'Pengaturan Tambahan'.

- Selanjutnya, 'Buat Cadangan dan Reset'.

- Klik 'Reset ke Data Pabrik' untuk me-reset HP Oppo kalian.

Melansir dari laman resmi, Oppo punya lima pilihan reset, antara lain:

-Reset Pengaturan Sistem

Dengan memilih ini, berarti kalian melakukan pengaturan ulang semua pengaturan sistem tanpa menghapus data atau file media.

- Hapus Aplikasi yang Diunduh dan Data Aplikasinya

Pilihan ini akan menghapus aplikasi yang dapat dihapus dan semua data aplikasi kecuali file aplikasi yang kalian simpan, seperti foto dan musik.

- Bersihkan Semua Data

Seperti namanya, pilihan ini akan semua data di HP OPPO akan terhapus, termasuk konten, pengaturan, foto dan musik. Ponsel OPPO akan disetel ulang ke keadaan awal yang tidak aktif, yaitu keadaan pabrik.

- Bersihkan Kontak dan Riwayat Panggilan di Telepon Ini

Semua kontak dan riwayat panggilan di kartu SIM kalian akan terhapus jika memilih opsi ini. Data lain di ponsel OPPO tidak akan terpengaruh.

- Bersihkan Pesan SMS dan MMS di Telepon Ini

Opsi ini akan menghapus semua pesan SMS dan MMS di kartu SIM kalian dan data lain di ponsel OPPO tidak akan terpengaruh.

3. Cara Reset HP Oppo Jika Gagal dengan Fitur Factory Reset

Jika kalian mengalami masalah saat menempuh cara reset HP Oppo di atas, berikut ini ada solusi yang bisa kalian tempuh.

- Matikan HP kalian, kemudian tekan lama tombol Power dan tombol Volume bawah secara bersamaan dan kalian akan masuk ke Mode Recovery.

- Tentukan bahasa agar kalian mudah mengikuti langkahnya.

- Selanjutnya, klik 'Hapus Data' lalu 'Simpan SMS, Kontak dan Foto' untuk menghapus.

- Dengan begitu, semua data kalian akan terhapus kecuali Kontak, SMS, Aplikasi yang terpasang dan file yang disimpan seperti File Foto, Musik, Video dan file Zip.

- Sebagai usaha menjaga privasi dan keamanan seluler kalian, Kata Sandi Layar Kunci juga akan disimpan.

4. Cara Reset HP Oppo Saat Terjadi Bootloop

Cara Reset HP Oppo saat terjadi bootloop ini juga bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah lain, seperti lupa sandi, hardbrick, mati total, dan lain sebagainya.

- Pertama, matikan HP kalian dengan cara menekan tombol Power dan tahan sampai ponselmu mati.

- Selanjutnya, tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan hingga kalian melihat tampilan Recovery Mode.

- Tombol volume atas dan bawah bisa kalian sebagai navigasi dan tombol power sebagai konfirmasi. Namun, pada beberapa ponsel OPPO tipe terbaru, sudah tersedia tombol navigasi dan konfirmasi di touch screen.

- Temukan menu 'Wipe Data dan Cache', lalu klik.

- Setelah muncul notifikasi, klik OK untuk memulai tindakan hard reset OPPO.

- Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi 'Data and Cache Wiped Successfully' sebagai tanda bahwa proses hard reset OPPO telah berhasil.

- Setelah itu, kalian perlu restart HP OPPO dengan klik Reboot dan konfirmasi dengan menekan tombol OK.

- Proses ini biasanya memakan waktu yang cukup lama maka kalian bisa meninggalkannya.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai tata cara reset HP Oppo ketika mengalami berbagai masalah yang biasa dialami oleh para pengguna.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI