Kata Penutup Pidato yang Menarik dengan Berbagai Jenis Topik, Beserta Pengertian dan Metode yang Digunakan

Rabu, 13 Oktober 2021 18:22 Penulis: Dhia Amira
Kata Penutup Pidato yang Menarik dengan Berbagai Jenis Topik, Beserta Pengertian dan Metode yang Digunakan
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Pidato merupakan pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Tentu semua isi dalam pidato itu penting, salah satunya kata penutup. Kalian bisa kok KLovers membuat kata penutup pidato yang menarik.

Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Itulah mengapa memilih pidato yang singkat dan menarik menjadi sebuah pilihan oleh mereka yang akan menyampaikan sebuah pidato.

Selain itu pula dalam berpidato, kalian juga perlu memiliki keberanian dan kepercayaan diri agar orasi yang disampaikan baik serta membuat orang lain terpukau. Bahkan membuat penutup yang unik dalam sebuah pidato dapat menjadi sebuah hal penting untuk mengakhiri sebuah pembicaraan.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa contoh kata penutup pidato yang keren beserta dengan pengertian pidato, jenis, dan metode yang digunakan. Langsung saja yuk dicek KLovers.

1. Apa Itu Pidato

Sebelum kalian membuat sebuah pidato, tentu kalian harus mengetahui pengertian dari sebuah pidato. Ya, apa sih sebenarnya pidato itu? Menurut KBBI, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Secara umum, pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum yang dilakukan untuk menyatakan pendapat, atau memberikan gambaran mengenai suatu hal. Pidato bisa dibacakan di khalayak umum yang banyak hingga sebuah perkumpulan.

2. Jenis Pada Pidato

Ternyata pidato sendiri memiliki jenisnya loh KLovers. Ya, jenis pidato sendiri ada 4 jenisnya, dan berikut ini penjelasan dari jenis pidato tersebut:

1. Pertama ada pidato kenegaraan, ya jenis pidato ini dilakukan oleh kepala negara di depan DPR/MPR atau pidato resmi kepala negara. Jadi jenis pidato satu ini merupakan jenis pidato yang resmi.

2. Kemudian jenis pidato yang kedua yaitu ada pidato pengukuhan. Jenis pidato yang satu ini diucapkan secara tradisional oleh seorang guru besar universitas pada saat diangkat secara resmi. Sama seperti jenis pidato yang pertama, jenis pidato yang kedua ini juga merupakan jenis pidato yang resmi.

3. Selanjutnya untuk jenis pidato ketiga yaitu ada pidato radio. Untuk jenis pidato satu ini diucapkan atau disiarkan melalui radio. Bisa secara resmi ataupun semi resmi.

4. Dan jenis pidato yang terakhir yaitu ada jenis pidato televisi. Untuk jenis pidato berikut ini diucapkan atau ditayangkan melalui televisi. Sama seperti pidato radio, pidato televisi juga bersifat resmi dan semi resmi.

3. Metode yang Digunakan Dalam Pidato

Bukan hanya mengungkapkan sebuah pernyataan atau kata-kata saja, pidato juga memiliki metodenya ya KLovers. Sama seperti jenis pidato, metode pidato juga memiliki 4 jenis. Berikut ini beberapa metode yang bisa kalian gunakan untuk sebuah pidato:

1. Impromptu: Untuk jenis metode yang pertama ini yaitu, suatu metode pidato yang dilakukan secara langsung atau spontanitas tanpa adanya persiapan terlebih dahulu.

2. Memoriter: Kemudian untuk jenis metode yang kedua yaitu ada memoriter, metode ini yaitu sebuah metode berpidato dengan cara menghapalkan naskah teks pidato terlebih dahulu.

3. Naskah: Selanjutnya ada naskah, yaitu sebuah metode berpidato dengan cara membacakan teks yang telah disiapkan pada saat berpidato.

4. Ekstemporan: Dan yang terakhir yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan konsep pidato secara garis besar dengan membuat catatan kecil.

4. Contoh Kata Penutup Pidato yang Menarik Tentang Narkoba

Berikut ini ada contoh kata penutup pidato yang menarik tentang narkoba, yuk langsung saja dicek:

Hadirin yang saya hormati

Mengonsumsi narkoba adalah satu di antara perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan, perbuatan setan, dan sekaligus perbuatan keji yang harus dijauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tenteram tidak ada satu kejahatan pun.

Janganlah sekali-kali mencoba untuk menggunakan narkoba, karena jika kita mencobanya, maka akan rugi seumur hidup. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.

Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa, mulai sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Hadirin yang saya hormati

Mungkin hanya ini pidato yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

5. Contoh Kata Penutup Pidato yang Menarik untuk Perpisahan Sekolah

Selanjutnya berikut ini ada contoh kata penutup pidato yang menarik tentang perpisahan sekolah, yuk langsung saja dicek:

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangatlah berarti dan akan terus kami kenang.

Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan telaten membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami yang tercinta ini. Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

6. Contoh Kata Penutup Pidato yang Menarik Tentang Pendidikan

Kemudian ada pula contoh kata penutup pidato yang menarik tentang pendidikan, yuk langsung saja dicek:

Hadirin yang saya hormati

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangat penting sehingga orang yang bersamanya dapat menimba ilmu pengetahuan darinya, walau hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah SWT dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan diridhoi Allah SWT. Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

7. Contoh Kata Penutup Pidato yang Menarik Tentang NKRI

Tak hanya itu saja, berikut ini ada contoh kata penutup pidato yang menarik tentang kecintaan kita pada NKRI, yuk langsung saja dicek:

Indonesia memiliki budaya yang melimpah. Di Indonesia ada berbagai macam budaya. Budaya di dalam negeri kita turun-menurun karena budaya itu dipakai oleh anak cucunya. Contoh budaya itu adalah tari adat pernikahan, music, dan masih banyak lagi budaya yang terdapat di Indonesia. Suatu saat juga budaya itu akan dipakai oleh anak kita sendiri.

Sebelum saya menutup pidato saya,saya ingin bertanya. Apakah kalian tahu apa kesimpulan dari pidato ini? Jika tidak ada yang mengetahuinya, akan saya beri tahu. Kesimpulannya adalah kita harus saling mengenal satu sama lain, mencintai produk budaya kita sendiri, dan yang terakhir kita harus mencintai budaya dan Negara kita sendiri. Itulah kesimpulan dari pidato saya,sebelum saya menutup pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak saya akan mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

8. Contoh Kata Penutup Pidato yang Menarik Maulid Nabi

Dan yang terakhir ada contoh kata penutup pidato yang menarik tentang Maulid Nabi. Berikut ini ada contoh kata penutup pidato yang menarik tentang Maulid Nabi, yuk langsung saja dicek:

Berkat beliau kita jadi mengerti akan berbagai macam tindakan yang baik dan benar, serta terlepas dari zaman jahililyah. Berkat beliau kita semua dibimbing untuk dapat berjalan ke jalan penuh cahaya iman dan juga takwa kepada Allah SWT.

Terutama pada bulan ini, marilah kita semua menambahkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW sesuai dengan firman Allah SWT yang dicantumkan di dalam Al-Quran surat Al Ahzab ayat 6,"Nabi itu lebih utama bagi orang-orang yang beriman dari diri mereka sendiri."

Maka dari itu, sebagai umat Islam kita diharuskan untuk mendahulukan kecintaan kita terhadap Allah SWT dan rasul-Nya dalam hati ini dibandingkan dengan hal-hal lainnya yang bersifat duniawi. Ingat bahwa hidup di dunia ini hanya sesaat dan akhirat adalah yang lebih kekal.

Itulah beberapa kata penutup pidato yang menarik beserta dengan pengertian, jenis, dan metode yang bisa dilakukan. Semoga contoh di atas bisa menjadi sebuah ilmu baru bagi para KLovers.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI