Apa Arti Komitmen? Ketahui Contoh dan Tipsnya Agar Bisa Berkomitmen dalam Menjalani Hubungan

Selasa, 23 November 2021 20:22 Penulis: Puput Saputro
Apa Arti Komitmen? Ketahui Contoh dan Tipsnya Agar Bisa Berkomitmen dalam Menjalani Hubungan
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Apa arti komitmen? Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui jawabannya. Padahal, komitmen sudah jadi kata yang tentu sudah tidak asing di telinga. Istilah komitmen identik dengan suatu perjanjian. Selain itu, ada pula yang mengaitkan komitmen dengan kesetiaan seseorang dalam menjalin dan mempertahankan suatu hubungan.

Dari sekilas pandangan di atas, kita tahu bahwa apa arti komitmen merupakan hal yang penting untuk diketahui. Sebab, komitmen berhubungan erat dengan kesanggupan dan kesetiaan seseorang, dari hati dan tanpa adanya paksaan. Namun untuk memahami apa itu komitmen, tentu penjelasan singkat di atas tidaklah cukup.

Untuk memahami lebih dalam arti komitmen serta cara untuk menjaganya, simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Apa Arti Komitmen

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti komitmen adalah perjanjian atau suatu hubungan keterikatan dalam melakukan suatu hal. Berdasarkan arti dalam kamus tersebut, apa arti komitmen berkaitan erat dengan tanggung jawab.

Dengan kata lain, komitmen merupakan hal yang dapat menimbulkan suatu efek berupa hubungan keterikatan dan rasa tanggung jawab pada suatu. Tak heran jika kemudian apa arti komitmen sering dikaitkan pada suatu hal yang bersifat mengikat, seperti hubungan pernikahan ataupun janji.

Selain arti dalam kamus, beberapa ahli juga mempunyai penjelasan tentang apa arti komitmen. Salah satunya, Sri Kuntjoro yang beranggapan bahwa komitmen menunjukkan rasa keterlibatan, loyalitas, dan identifikasi yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasi.

Steers dan Porter juga mengemukakan pendapatnya mengenai komitmen. Menurutnya, komitmen adalah keadaan saat seseorang terikat oleh tindakannya. Hal ini lantas berdampak pada munculnya keyakinan untuk menunjang aktivitas dengan keterlibatannya.

2. Contoh Komitmen di Keseharian

Di kehidupan sehari-hari, tanpa kita sadari kita telah menciptakan komitmen pada berbagai hal. Misalnya, pada diri sendiri, orang lain, bahkan lembaga. Tak saja menciptakannya, mau tak mau kita juga harus berpegang pada komitmen tersebut. Untuk lebih memahami apa arti komitmen, berikut adalah contohnya di kehidupan sehari-hari.

1) Contoh Komitmen pada Diri Sendiri

Komitmen pada diri sendiri merupakan komitmen yang paling mendasar. Komitmen pada diri sendiri menjadi dorongan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Contoh dari komitmen pada diri sendiri adalah: komitmen melakukan diet, komitmen hidup sehat, dan sebagainya.

2) Contoh Komitmen pada Keluarga

Sementara itu komitmen terhadap keluarga juga jadi penting. Sebab, komitmen ini menjadi mendorong untuk terbentuknya keluarga yang harmonis dan berkecukupan. Contoh komitmen pada keluarga adalah menyediakan waktu khusus untuk keluarga.

3) Contoh Komitmen pada Hubungan

Seperti yang disinggung sebelumnya, apa arti komitmen sering kali dikaitkan dengan sebuah hubungan. Ya, dalam menjalin hubungan asmara, baik itu dalam tahap pacaran maupun pernikahan komitmen menjadi hal yang penting. Komitmen akan mempermudah pasangan untuk saling berkompromi untuk menjaga hubungan mereka.

Dalam kaitannya menjalin hubungan, komitmen bisa diwujudkan dalam bentuk sikap sikap setia, saling terbuka, rela berkorban, saling percaya, dan sama-sama menatap masa depan.

4) Contoh Komitmen pada Pekerjaan

Komitmen pada pekerjaan akan membuat tanggung jawab di kantor terasa lebih mudah dikerjakan. Sebab, komitmen membuat seseorang menyelesaikan pekerjaannya atas dasar kemauan sendiri tanpa paksaan. Dengan begitu, pekerjaan akan jadi terasa lebih ringan dan mudah.

Contoh konkretnya adalah seorang pekerja yang komitmen menyelesaikan pekerjaannya sesuai jam kerja, sehingga bisa pulang tepat waktu.

3. Tips Menjaga Komitmen Bersama Pasangan

Tak bisa dipungkiri, bahwa di keseharian kita kata komitmen memang sudah sangat identik dengan jalinan hubungan asmara. Apalagi bisa dibilang, menjaga komitmen dalam hubungan merupakan salah satu yang tersulit, jika dibanding dengan jenis komitmen lainnya seperti komitmen pada diri sendiri atau pekerjaan. Sebab, dalam menjalin hubungan diperlukan dua orang yang harus saling sepakat menjaga komitmen.

Berikut beberapa tips untuk menjaga komitmen dengan pasangan, agar hubungan tetap harmonis dan langgeng.

1) Jadikan Pasangan sebagai Sahabat Terbaik

Saat menjadikan pasangan sebagai sahabat, kita akan lebih mudah untuk terbuka dan berbagi keluh kesah. Sebagai sahabat, pasangan juga bisa menjadi partner dalam segala hal. Dengan begitu, hubungan dengan pasangan akan semakin erat dan kompak. Sehingga menjaga komitmen menjadi hal yang lebih mudah diwujudkan.

2) Saling Percaya dan Jauhkan Keraguan

Saling percaya adalah kunci dalam menjaga komitmen dalam berhubungan. Jauhkan segala keraguan dan prasangka negatif pada pasangan. Berikan pasangan ruang yang cukup untuk dirinya sendiri. Sebab, terlalu posesif bisa jadi pertanda bahwa kalian ragu pada pasangan. Hal ini justru bisa mengganggu komitmen untuk setia satu sama lain.

3) Membuat Target Bersama Pasangan

Membuat target bersama pasangan bisa jadi satu cara memperkuat komitmen. Adanya target atau tujuan juga akan membuat hubungan jadi lebih terarah.

4) Menerapkan Cinta yang Timbal Balik

Hubungan asmara yang sehat adalah hubungan yang sudah semestinya berjalan dua arah atau timbal balik. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh filsuf China, Lao Tzu, bahwa sangat dicintai oleh seseorang memberi kekuatan, sementara mencintai seseorang secara mendalam memberi keberanian.

Itulah di antaranya ulasan tentang apa arti komitmen beserta contohnya di keseharian. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bekal kalian untuk menjadi pribadi yang lebih berkomitmen.

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI