Arti Al Ikhlas 1 - 4 Beserta Makna dan Keutamaan untuk Diamalkan

Diperbarui: Diterbitkan:

Arti Al Ikhlas 1 - 4 Beserta Makna dan Keutamaan untuk Diamalkan
Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Kapanlagi.com - Arti Al Ikhlas 1 - 4 menjadi salah satu surat yang menarik untuk dibahas. Selain karena cukup familiar dan sering dibaca sebagai surat pendek dalam bacaan sholat, ternyata banyak sekali keutamaan yang perlu diketahui.

Arti Al Ikhlas merujuk pada Keesaan Allah SWT. Keesaan atau esa berarti satu atau tunggal. Surat ini turun saat kaum musyrik mempertanyakan tentang Tuhan yang disembah oleh Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA : Ketahui Arti Dari Qul Huwallahu Ahad Serta Keutamaannya

Sebagai umat Islam, tentu kalian ingin mengetahui arti Al Ikhlas sebagai surat yang punya banyak keutamaan. Oleh karena itu, berikut ini terdapat informasi mengenai makna dan keutamaan yang bisa kalian amalkan dalam keseharian.

 

 

 

 

1. Arti Al Ikhlas 1 - 4

Al Ikhlas merupakan salah satu surat pendek yang cukup mudah dihafal. Wajar jika kalian pun sudah menghafalnya sejak kecil karena terhitung mudah dan hanya terdiri dari empat ayat. Namun, apa kalian sudah tahu arti Al Ikhlas yang mungkin sudah sering kalian baca?

Jika belum, kalian tak perlu khawatir. Berikut ini terdapat arti surat Al Ikhlas 1 - 4 yang bisa kalian simak.

1. Qul huwallaahu ahad

(Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa)

2. Allahhus-samad

(Allah tempat meminta segala sesuatu)

3. Lam yalid wa lam yuulad

((Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan)

4. Wa lam yakul-lahu kufuwan ahad

(Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia)

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Makna Al Ikhlas

Seperti yang sudah kalian simak sebelumnya, arti Al Ikhlas menggambarkan tentang keesaan Allah SWT. Selain itu, surat ini juga menggambarkan ketauhidan. Esa berarti tunggal atau satu, sesuai dengan arti per ayat surat Al Ikhlas.

Berkaitan tentang hal tersebut, kalian juga perlu mengetahui latar belakang diturunkannya surat ini. Seperti surat lain di Alquran, surat Al Ikhlas pun punya asbabun nuzul. Turunnya ayat ini berkaitan dengan peristiwa yang dialami Rasulullah saat menghadapi orang musyrik yang mempertanyakan Allah.

Pada sebuah riwayat Imam Ahmad dari Ubay bin Ka'ab berikut ini:

"Hai Muhammad, gambarkanlah kepada kami tentang Tuhanmu." maka Allah menurunkan (Katakanlah: Dialah Allah yang Maha Esa).

Saat itulah, surat Al Ikhlas diturunkan. Selain itu, makna dari Al Ikhlas bisa kalian simak dalam tafsir Imam Ibnu Katsir berikut ini.

"Dia Yang pertama dan Esa, tidak ada tandingan dan pembantu, tidak ada yang setara dan tidak ada yang menyerupai-Nya, dan tidak ada yang sebanding (dengan-Nya). Kata ini tidak digunakan untuk menetapkan pada siapapun selain pada Allah Subhanahu wa Ta'ala, karena Dia Maha Sempurna dalam seluruh sifat-sifat-Nya dan perbuatan-perbuatan-Nya."

 

 

 

3. Tafsir Surat Al Ikhlas

Setelah mengetahui bacaan surat Al Ikhlas dan artinya, di bawah ini terdapat tafsir surat Al Ikhlas yang perlu kalian pahami. Adapun penjelasan mengenai tafsir surat Al Ikhlas dapat kalian simak sebagai berikut. Ini penjelasan tafsir surat Al Ikhlas masing-masing ayatnya.

1. Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa.

Tafsir ayat pertama menjelaskan tentang Keesaan Allah SWT yang terdapat dalam kata Ahad atau Satu. Di mana, menurut Sayyid Qutb bunyi ayat pertama surat Al Ikhlas juga bermakna serupa dengan Wahid. Artinya bahwa Allah tidak dapat dipersekutukan dengan apapun.

2. Allah tempat meminta segala sesuatu.

Tafsir ayat kedua surat Al Ikhlas menjelaskan bahwa setiap makhluk menggantungkan diri kepada Allah SWT. Sebab Allah adalah Tuhan yang Maha Sempurna, Maha Mulia, Maha Besar, dan Maha Hidup. Selain itu menurut Tafsir Al Misbah bacaan Ash Shamad dalam ayat kedua surat Al Ikhlas mengandung tafsir yang memiliki arti yang dituju. Artinya bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang dituju oleh semua makhluk untuk mengabulkan segala doa.

3. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

Tafsir ayat ketiga surat Al Ikhlas menurut Ibnu Katsir bahwa Allah tidak beranak, tidak diperanakkan, serta tidak memiliki istri. Sementara Sayyud Qutb juga menjelaskan bahwa ayat ketiga surat Al Ikhlas mengandung makna bahwa Allah itu tetap, abadi, dan azali. Dengan kata lain sifat Allah itu mutlak dan tidak ada yang mustahil bagi Allah.

4. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia

Tafsir ayat keempat surat Al Ikhlas berikutnya adalah bahwa tidak ada apapun yang dapat menandingi kekuasaan Allah SWT. Sebab tidak ada yang setara dengan Allah SWT.

 

 

4. Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas

1. Seperti Membaca Sepertiga Alquran

Keterangan mengenai keutamaan ini bisa kalian temukan dalam hadis riwayat Abu Sa'id al Khudri berikut ini:

"Sesungguhnya seseorang mendengar orang lain membaca surat Al Ikhlas dengan mengulang-ulangnya, maka tatkala pagi harinya, ia mendatangi Rasulullah dan menceritakan hal itu kepadanya, dan seolah-olah orang itu menganggap remeh surat itu, maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam: "Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya surat itu sebanding dengan sepertiga Alquran"

2. Menjadi Pelindung Bagi yang Membacanya

Surat Al Ikhlas yang dibaca bersamaan dengan surat Al Falaq dan An Nas bisa menjadi pelindung bagi siapa saja yang membacanya. Hal tersebut terdapat dalam Hadis bin 'Amir al Juhani berikut ini:

"Tatkala aku menuntun kendaraan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah peperangan, tiba-tiba beliau berkata: "Wahai Uqbah, katakanlah," aku pun mendengarkan.

Kemudian beliau berkata (lagi): "Wahai Uqbah, katakanlah," aku pun mendengarkan. Dan beliau mengatakannya sampai tiga kali, lalu aku bertanya: "Apa yang aku katakan?"

Beliau pun bersabda: "Katakan Qul huwallahu ahad lalu beliau membacanya sampai selesai. Kemudian beliau membaca Qul audzu birabbil falaq, aku pun membacanya bersamanya hingga selesai.

Setelah itu beliau membaca Qul audzu birabbin nas, aku pun membacanya bersamanya hingga selesai. Kemudian beliau bersabda: "Tidak ada seorang pun yang berlindung (dari segala keburukan) seperti orang orang yang berlindung dengannya (tiga surat) tersebut."

3. Bisa Membawa Umat Muslim Masuk Surga

Penjelasan mengenai keutamaan surat Al Ikhlas yang dapat membawa umat muslim bisa kalian temukan dalam Hadis Riwayat Abu Hurairah berikut ini:

"Aku datang bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu beliau mendengar seseorang membaca surat Al Ikhlas. Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Telah wajib," aku bertanya: "Apa yang wajib?" Beliau bersabda, "(Telah wajib baginya) surga."

4. Membaca Surat Al Ikhlas Sebelum Tidur Seperti Rasulullah

Kebiasaan membaca surat Al Ikhlas sebelum tidur dilakukan oleh Rasulullah, seperti yang diterangkan dalam riwayat Bukhari dan Muslim berikut ini:

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam apabila menghampiri tempat tidurnya, beliau menyatukan kedua telapak tangannya kemudian meniupnya, lalu membacakan pada keduanya, "Qul huwallahu ahad, Qul a'udzu birobbil falaq, Qul a'udzu birobbin naas." Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang dapat ia jangkau. Beliau mulai dari kepala, wajah, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan itu tiga kali." (Muttafaqun 'alaih) [HR. Bukhari, no. 6320 dan Muslim, no. 2714]

Mengetahui arti Al Ikhlas dan keutamaannya tentu membuat kalian ingin mengamalkannya dalam keseharian. Oleh karena itu, kalian perlu menyimak beberapa amalan surat Al Ikhlas berikut ini.

Dapat diamalkan sebelum tidur dengan membaca surat Al Ikhlas sebanyak tiga kali.

- Sholat witir tiga rakaat.

- Sehabis sholat Maghrib pada malam Jumat.

- Membaca surat Al Ikhlas setelah selesai sholat.

- Dzikir surat Al Ikhlas pagi dan sore.

- Membaca surat Al Ikhlas saat menjalankan qobliyah Subuh.

 

 

5. Fakta-Fakta Menakjubkan Surat Al Ikhlas

Surat Al Ikhlas artinya adalah Kemurnian Keesaan Allah. Dengan kata lain, Al Ikhlas artinya punya makna bahwa Allah itu Esa atau tunggal. Sehingga sebagai umat Islam, dilarang untuk menyekutukan Allah SWT. Termasuk surat pendek yang terdiri dari tiga ayat, surat Al Ikhlas memiliki sejumlah fakta-fakta menakjubkan. Di antara fakta-fakta menakjubkan surat Al Ikhlas yang artinya mengandung salah satu sifat terpuji bagi Allah SWT yakni Keesaan Allah, berikut ini ulasan yang perlu kalian ketahui.

1. Surat Al Ikhlas merupakan urutan surat terakhir di Alquran yakni 112.

2. Surat Al Ikhlas tergolong surat Makiyyah karena diturunkan di kota Mekah.

3. Akan dijaga sebanyak 50 ribu malaikat bagi seseorang yang akan mengamalkannya. Hal ini sesuai dengan sebuah riwayat yang berbunyi,

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat Al-Ikhlas tiga kali ketika menjelang tidurnya maka Allah akan mengutus untuknya lima puluh ribu malaikat-Nya yang akan menjaganya sampai waktu subuh."

4. Terhindar dari kemiskinan bagi yang mengamalkannya. Hal ini sesuai dengan riwayat yang berbunyi,

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat Al Ikhlas sekali sampai ia masuk rumahnya maka dijauhkan kemiskinan untuknya."

5. Menghapus segala dosa bagi seseorang yang mengamalkannya. Dalam sebuah riwayat disebutkan tentang keistimewaan surat Al Ikhlas ini yakni sebagai berikut.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca Qul Huwallahu Ahad dua ratus kali maka dosanya (dosa kecil) akan diampuni selama lima puluh tahun, kecuali apabila ia memiliki hutang."

6. Mendapatkan keutamaan disholati 70 ribu malaikat ketika meninggal dunia. Sebuah riwayat menyebutkan tentang keistimewaan ini yang mana ketika seorang hamba mengamalkan surat Al Ikhlas artinya adalah Kemurnian Keesaan Allah SWT maka 70 ribu malaikat akan mensholatinya.

7. Dibangunkan rumah di surga bagi seseorang yang mengamalkan surat Al Ikhlas sebanyak 10 kali. Seperti sebuah riwayat yang berbunyi,

"Barang siapa membaca surat Al-Ikhlas hingga selesai 10x, maka Allah membangunkan baginya sebuah rumah di surga."

8. Dengan mengamalkan surat Al Ikhlas semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

KLovers, itulah arti Al Ikhlas beserta makna dan keutamaan yang bisa kalian amalkan dalam keseharian.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending