Arti Implementasi Menurut Para Ahli, Beserta Tujuan dan Tahapannya

Selasa, 23 November 2021 12:22
Arti Implementasi Menurut Para Ahli, Beserta Tujuan dan Tahapannya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Bagi seorang pelaksana dalam sebuah perencanaan, mengetahui arti implementasi merupakan hal yang sangat diperlukan. Implementasi adalah kunci penting untuk mewujudkan ide yang sudah kalian susun dalam sebuah perencanaan. Hal ini juga diperlukan untuk membantu kalian dalam menjalankan manajemen perusahaan.

Selain mengenai arti implementasi, kalian juga harus benar-benar paham dengan tujuan atau goal yang ingin diraih. Selanjutnya, kalian juga harus menyiapkan tim yang solid melalui tahap pengorganisasian. Apalagi jika kalian merupakan seorang implementor pemula dengan tim yang belum memiliki banyak pengalaman.

Dengan begitu, kerja yang kalian rencanakan bisa lebih terarah. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai arti implementasi, tujuan, penerapan dalam berbagai bidang, serta langkah-langkah yang perlu ditempuh, langsung saja simak informasi yang dirangkum dalam berbagai sumber berikut ini.

1. Arti Implementasi Menurut Para Ahli

Sebelum mengetahui arti implementasi dari para ahli, tak ada salahnya untuk memeriksa Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) untuk mengetahui pengertiannya secara umum. Menurut KBBI, implementasi adalah pelaksanaan atau penerapan, pengembangan versi kerja sistem dari desain yang diberikan. Selanjutnya, silakan simak pengertian senada dari para ahli berikut ini.

1. Solichin Abdul Wahab

Menurut Solichin, implementasi adalah adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu1 atau pejabat-pejabat, kelompok-kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan.

2. Sudarsono

Menurut Sudarsono dalam bukunya Analisis kebijakan publik, implementasi adalah suatu aktivitas yang berkaitan dengan penyelesaian suatu pekerjaan dengan penggunaan sarana (alat) untuk memperoleh hasil dari tujuan yang diinginkan.

3. Purwanto dan Sulistyastuti

Menurut Purwanto dan Sulistyastuti, Implementasi intinya adalah kegiatan untuk mendistribusikan keluaran kebijakan (to deliver policy output) yang dilakukan oleh para implementor kepada kelompok sasaran (target group) sebagai upaya untuk mewujudkan kebijakan.

4. Nurdin Usman

Implementasi adalah bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan atau adanya mekanisme suatu sistem, implementasi bukan sekedar aktivitas, tapi suatu kegiatan yang terencana dan untuk mencapai tujuan kegiatan.

2. Implementasi Dalam Berbagai Bidang

- Ilmu Politik

Arti implementasi dalam ilmu politik mengacu pada rencana dan pelaksanaan kebijakan publik. Ada berbagai faktor yang akan mempengaruhinya, antara lain niat legislatif, kapasitas administrasi birokrasi pelaksana, aktivitas kelompok kepentingan dan oposisi, serta dukungan presiden atau eksekutif.

- Teknologi Informasi

Pengertian implementasi teknologi dan informasi berkaitan dengan transaksi setelah penjualan untuk membimbing pelanggan dalam penggunaan perangkat keras atau perangkat lunak yang dibeli.

- Air dan Sumber Daya Alam

Implementasi dalam bidang air dan sumber daya alam berkaitan dengan aktualisasi praktik pengelolaan yang bertujuan untuk melestarikan sumber daya alam dan meningkatkan kualitas air.

3. Tujuan Implementasi

Dari berbagai arti implementasi menurut para ahli di atas, tentu kalian sudah memahami pentingnya implementasi dalam mewujudkan suatu rencana. Nah, selanjutnya, kalian perlu mengetahui tujuan dari pentingnya dilakukan implementasi, seperti berikut ini.

1. Menguji Rencana yang Telah Dibuat

Pengujian rencana yang telah dibuat sebelumnya merupakan tujuan utama dari implementasi. Dengan begitu, kalian bisa mengukur efektivitas rencana atau ide yang sudah disusun.

2. Meninjau Sistem dengan Kebutuhan Konsumen

Peninjauan sistem juga merupakan tujuan dari implementasi, terutama untuk mengukur penerapannya pada sasaran yang dituju, misalnya konsumen. Jika ditemukan kekurangan, kalian bisa melakukan perubahan pada rencana.

3. Mendokumentasikan Sistem

Pendokumentasian pelaksanaan adalah salah satu tujuan implementasi. Melalui aksi nyata dari suatu rencana kalian bisa memperoleh gambaran mengenai langkah yang dibutuhkan.

4. Membuat dan Menyelesaikan Rencana

Melalui implementasi, kalian bisa menyelesaikan rencana yang mungkin sebelumnya belum matang. Kalian juga sudah punya gambaran sesuai data lapangan untuk penerapan.

4. Tahapan Implementasi

Setelah mengetahui arti implementasi dan tujuannya, kini saatnya kalian mempelajari tahapannya.

1. Pengorganisasian

Implementasi tak bisa dilakukan begitu saja. Bagi tim yang belum pernah melakukan sebelumnya, hal ini bisa menjadi sesuatu yang membingungkan. Oleh karena itu, sebelum praktik kalian perlu melakukan pengorganisasian dengan langkah-langkah berikut ini.

- Mengorganisir kewajiban, hak, wewenang semua pihak yang terlibat.

- Pembagian pekerjaan atau

- Susunan dan desain organisasi.

- Sistem pendelegasian organisasi.

- Budaya disorganisasi.

- Sistem koordinasi dan integrasi antar anggota, dan masih banyak lainnya.

- Sistem rektrut, peletakan, dan pengembangan sumber tenaga kerja.

2. Kepemimpinan dan Menggerakkan Sistem

Agar rencana bisa berjalan, dibutuhkan sosok pemimpin untuk menggerakkan sistem. Pemimpin juga memiliki kapasitas untuk memilih cara kerja, memutuskan sesuatu jika terjadi masalah, dan membagi ruang gerak. Kerja tersebut perlu memperhatikan beberapa aspek, antara lain:

- Motivasi.

- Kerja sama.

- Negosiasi.

- Efektivitas kepemimpinan.

- Norma dan aturan kerja.

- Komunikasi dan mutu kerja tim itu sendiri.

3. Pengendalian

Controlling atau pengendalian merupakan hal yang perlu dilakukan secara berkala. Beberapa hal yang perlu kalian kontrol, antara lain:

- Biaya / keuangan.

- Desain pengendalian.

- Kebijakan dan aturan yang menjadi acuan penerapan sistem.

- Sistem informasi manajemen.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti implementasi beserta tujuan, penerapan di berbagai bidang, dan langkah-langkah yang perlu kalian tempuh saat melakukannya.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI