Apa Arti Mine Sebagai Posessive Pronoun, Ketahui Juga Kata Ganti Kepemilikan Lainnya di Bahasa Inggris

Kamis, 20 Januari 2022 12:33 Penulis: Puput Saputro
Apa Arti Mine Sebagai Posessive Pronoun, Ketahui Juga Kata Ganti Kepemilikan Lainnya di Bahasa Inggris
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris telah diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Tak heran, jika ada banyak kosakata bahasa Inggris yang pasti sudah cukup familiar. Kata mine adalah salah satunya. Kata mine pasti sudah sering kita jumpai, baik pada teks maupun dalam percakapan. Lantas, apa arti mine yang sebenarnya?

Dalam buku teks atau percakapan langsung maupun film, apa arti mine kerap dipakai untuk menggambarkan status kepemilikan seseorang. Tak saja status kepemilikan untuk benda, kata mine juga dipakai untuk menyatakan kepemilikan atas seseorang seperti kekasih atau pasangan. Itulah sebabnya, kata mine juga sering muncul dalam lirik lagu romantis.

Untuk tahu apa arti mine lebih mendalam, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Apa Arti Mine sebagai Kata Ganti

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mine merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, untuk tahu apa arti mine, pertama kita harus mengecek maknanya di dalam kamus. Dilansir dari kamus digital dictionary.cambridge.org, mine tergolong dalam kelas kata pronoun atau kata ganti.

Lebih lanjut, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, menurut kamus digital dictionary.cambridge.org, arti mine kurang lebih adalah kata ganti untuk menyatakan status kepemilikan atas suatu benda yang terhubung dengan subjek aku atau saya. Sehingga, dalam bahasa Indonesia apa arti mine bisa dibilang sama dengan ungkapan atau frasa "milikku" atau "milik saya".

Sebagai contoh:

- She's an old friend of mine. (Dia adalah teman lamaku)

- Your son is the same age as mine. (Anak laki-lakimu seusia anak laki-lakiku)

- "Whose bag is this?" (Tas siapa ini) // "It's mine." (Tas itu punyaku)

- Mine is the silver car. (Mobil saya yang warna silver)

- Could I borrow a pen? I've lost mine. (Boleh aku pinjam bolpen? Aku menghilangkan bolpen punyaku)

- He's my sister's friend really, not mine. (Dia teman kakakku, bukan temanku)

2. Arti Lain Kata Mine

Berdasarkan penjelasan apa arti mine di atas, bisa dipahami bahwa kurang lebih kata mine berkedudukan sebagai possesive pronoun atau kata ganti milik untuk subjek saya. Namun perlu diketahui, bahwa ternyata ada arti lain dari kata mine dalam bahasa Inggris.

Ya, selain sebagai kata ganti kepemilikan kata mine ternyata juga bisa berarti ranjau atau jebakan, dan juga tambang. Terkait hal ini, kata mine bisa dijumpai dalam bentuk lain seperti mined ataupun mining sebagai bentuk kegiatan atau kata kerja.

Maka dari itu, untuk memahami apa arti mine dalam suatu kalimat bahasa Inggris, kita juga perlu memperhatikan konteksnya. Agar lebih paham, berikut beberapa contoh kalimat dengan kata mine yang bukan merupakan kata ganti kepemilikan, melainkan justru berarti ranjau dan tambang.

- They mine a lot of copper around these parts. (Mereka menambang banyak tembaga di sekitar bagian ini.)

- The desert was heavily mined. (Gurun itu banyak ditambang.)

3. Kata Ganti Milik Lainnya dalam bahasa Inggris

Selain mine, perlu diketahui bahwa ada banyak kata ganti kepemilikan atau posessive pronoun dalam bahasa Inggris. Sehingga, juga penting untuk tahu apa arti mine dan posessive pronoun lainnya tersebut. Berikut beberapa jenis kata ganti milik atau posessive pronoun dalam bahasa Inggris beserta contoh penggunaannya dalam kalimat.

1. Yours

Jenis posessive pronoun atau kata ganti milik bahasa Inggris lainnya yaitu yours. Jika mine, dipakai untuk menyatakan kepemilikan saya. Maka, yours dipakai untuk menyatakan kepemilikan kamu (lawan bicara tunggal). Sehingga, yours berarti "milikmu" atau "milik kamu".

Sebagai contoh:

- Is this pen yours? (Apakah pensil ini milikmu)

- That house is yours now (Rumah itu milikmu sekarang)

2. Yours

Selain dipakai untuk menyatakan kepemilikan kamu (lawan bicara tunggal). Ternyata, yours juga bisa dipakai untuk menyatakan kepemilikan kalian (lawan bicara yang jamak).

Sebagai contoh:

- Those friends are yours (Teman-teman itu adalah teman-temanmu)

3. Hers

Sementara itu, hers merupakan kata ganti kepemilikan atau posessive pronoun untuk subjek berupa dia berjenis kelamin perempuan.

Sebagai contoh:

- "Do you know Tina?" "Yes, I'm a friend of hers." (Kamu tahu Tina? Ya, aku adalah temannya)

- This expensive lipstick is hers (Lipstick mahal ini miliknya)

4. His

Sedangkan, his merupakan kata ganti kepemilikan atau posessive pronoun untuk subjek berupa dia berjenis kelamin laki-laki.

Sebagai contoh:

- I don't know how he can afford a new car on his salary. (Saya tidak tahu bagaimana dia bisa membeli mobil baru dengan gajinya.)

- The room in that corner is his (Ruangan di pojok itu miliknya)

5. Its

Its merupakan kata ganti kepemilikan atau posessive pronoun untuk subjek berupa hewan atau benda selain manusia.

Sebagai contoh:

- The dog hurt its paw. (Anjing itu melukai cakarnya.)

- The company increased its profits. (Perusahaan meningkatkan keuntungannya.)

6. Ours

Ours merupakan kata ganti kepemilikan atau posessive pronoun untuk subjek berupa kami. Itu artinya, menyatakan sesuatu yang merupakan kepemilikan bersama.

Sebagai contoh:

- There were mutters that other departments received more money than ours. (Ada gumaman bahwa departemen lain menerima lebih banyak uang daripada kami.)

- The cute cat is ours (Kucing manis itu milik kami)

7. Theirs

Theirs merupakan kata ganti kepemilikan atau posessive pronoun untuk subjek berupa mereka. Itu artinya, menyatakan sesuatu yang merupakan kepemilikan bersama. Tapi kita tidak termasuk di dalamnya.

Sebagai contoh:

- The neighbours have erected a huge fence between our house and theirs. (Para tetangga telah mendirikan pagar besar antara rumah kami dan rumah mereka.)

- These balls are theirs (Bola-bola ini adalah milik mereka)

Itulah di antaranya penjelasan apa arti mine dan posessive pronoun atau kata ganti milik lainnya dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian!

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI