7 Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi dan HP Agar Jaringan Lebih Kuat

Rabu, 19 Januari 2022 16:44
7 Cara Mempercepat Koneksi Internet WiFi dan HP Agar Jaringan Lebih Kuat
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Internet bisa dikatakan sebagai kebutuhan yang sulit dipisahkan dengan manusia. Sayangnya, terkadang jaringan internet bisa lemot secara tiba-tiba. Lalu, bagaimana cara mempercepat koneksi internet?

Tentu, kalian perlu mengetahui cara mempercepat koneksi internet untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kalian bisa berselancar dengan bebas untuk mendapatkan segala informasi di internet.

Kecepatan dan kestabilan bisa dikatakan sebagai hal utama dalam internet. Nah, jika kalian punya masalah dalam hal tersebut, silakan atasi dengan sejumlah cara mempercepat koneksi internet dalam informasi berikut ini.

1. Cara Mempercepat Koneksi Internet

Demi terhindar dari jaringan yang lemot, ada cara mempercepat koneksi internet yang bisa kalian ikuti di bawah ini.

1. Network Reset dan Flushing DNS

Jaringan internet yang tidak stabil bisa kalian atasi dengan Network Reset dan Flushing DNS. Dengan cara ini, kalian bisa mereset cache DNS client atau komputer digunakan untuk menyesuaikan informasi pada domain, nama server, DNS dengan data baru.

Jika kalian belum mengetahui caranya, silakan simak langkah-langkah berikut ini.

- Buka Command Prompt dengan klik kanan, lalu pilih Run As Administrator.

- Masukkan ipconfig /flushdns lalu klik Enter pada keyboard.

- Setelah selesai, masukkan ipconfig /renew lalu Enter.

- Tutuplah Command Prompt dan cobalah mengakses internet.

2. Ubah Pengaturan QoS

Secara default, Windows 8 ke atas mengalokasikan 20 persen bandwidt untuk kebutuhan Windows Update dan 80 persen untuk kalian gunakan. Kalian bisa mengubahnya sebagai cara mempercepat koneksi internet, seperti berikut ini.

- Klik Start, lalu pilih Run, dan masukkan "gpedit.msc" (tanpa tanda kutip).

- Selanjutnya, silakan klik menuju Local Computer Policy, lanjut Computer Configuration, pilih Administrative Templates.

- Klik Network kemudian QoS Packet Scheduler.

- Setelah itu, klik dua kali (double click) pada Limit Reservable Bandwidth.

- Klik menu Enable. Setelah itu isikan nilai 0 pada bandwidth limit.

- Klik Apply dan restart komputer.

2. Cara Mempercepat Koneksi WiFi

WiFi adalah perangkat penghubung bagi internet dan manusia. Perangkat ini pun sudah digunakan secara luas. Namun, koneksi memang bisa terganggu. Oleh karena itu kalian perlu mengikuti tips atau cara mempercepat koneksi internet Wifi berikut ini.

3. Pilih Tempat dengan Sinyal WiFi Kuat

Lokasi atau tempat yang kalian pilih menjadi hal penting untuk mendapatkan sinyal yang kuat dan stabil. Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu kalian pertimbangkan dalam memilih lokasi.

- Jangan menaruh router di tempat yang terhalang tembok atau besi.

- Gunakan repeater atau alat yang berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi dan memancarkannya kembali, sebagai salah satu cara mempercepat koneksi WiFi.

- Letakkan alat tersebut di area yang minim sinyal WiFi.

- Jangan gunakan peralatan yang menggunakan Bluetooth atau microwave baik dari router maupun komputer karena sinyal dari peralatan-peralatan tersebut akan mengganggu kinerja sinyal.

4. Periksa Router

Perhatikan antena router kalian karena posisinya bisa mempengaruhi kecepatan internet. Usahakan antena tersebut selalu dalam posisi berdiri.

Selain itu, kalian juga perlu memeriksa kualitas router itu sendiri. Jaringan yang lambat bisa terjadi jika router kalian sudah cukup lama dan mengalami kerusakan. Bisa juga karena router yang kalian gunakan kualitasnya rendah.

3. Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP

Koneksi di HP juga tak boleh luput dari perhatian. Kalian bisa menerapkan tata cara mempercepat koneksi internet di HP agar tetap lancar dan stabil saat digunakan.

5. Hapus Cache

Cache yang menumpuk akan menyita banyak memori dan membuat performa HP makin berat. Tak hanya pada performa, tumpukan tersebut juga bisa membuat muatan data makin berat. Oleh karena itu, kalian perlu membersihkan cache secara rutin.

Cara membersihkan cache pun cukup mudah. Kalian hanya perlu masuk ke menu Settings, lalu pilih Storage, klik Cache, kemudian pilih Clear Cache.

6. Matikan Tethering

HP memang menyediakan fitur tethering untuk berbagi jaringan internet. Dengan begitu, HP jadi memungkinkan untuk digunakan sebagai WiFi portable. Sayangnya, hal itu akan berdampak buruk pada performa internet kalian sendiri.

Jika perangkat yang terhubung terlalu banyak maka koneksi internet kalian pun akan makin lambat. Nah, agar koneksi kembali cepat dan stabil, kalian bisa mematikan fitur tethering ini.

7. Gunakan 3G Only, 4G Only atau 5G Only

Jika HP kalian sudah mendukung penggunaan jaringan ini maka ubahlah sesuai dengan pilihan tersebut. Kalian hanya perlu masuk ke menu Settings, lalu pilih Network dan Internet, lanjut pilih Mobile Network, klik Preferred Network Type, kemudian pilih jaringan 3G, 4G, atau 5G.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara mempercepat koneksi internet yang bisa kalian terapkan untuk WiFi maupun HP.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI