Apa Arti Mood, Moody, dan Bad Mood? Ketahui Juga Fakta-fakta Menarik Seputarnya

Rabu, 17 November 2021 20:22 Penulis: Puput Saputro
Apa Arti Mood, Moody, dan Bad Mood? Ketahui Juga Fakta-fakta Menarik Seputarnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Kata atau istilah mood tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Pasalnya, kata mood sangat sering dipakai di percakapan sehari-hari. Secara umum, apa arti mood sering dikaitkan dengan kondisi suasana hati seseorang. Oleh karena itu, ada pula istilah bad mood yang dipakai untuk menyebut suasana hati yang buruk.

Kata mood sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris. Namun, belakangan kata mood seolah sudah jadi kosakata asli dalam bahasa Indonesia karena terus menerus dipakai oleh masyarakat di keseharian. Meski kini telah menjelma jadi kata yang sedemikian populer dan terus dipakai di keseharian, faktanya masih banyak orang yang tak mengerti apa arti mood sebenarnya.

Untuk menjawab rasa penasaran, terkait apa arti mood yang sesungguhnya, simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Apa Arti Mood

Seperti yang disinggung sebelumnya, mood sejatinya merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Inggris. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, apa arti mood adalah suasana hati atau keadaan emosi seseorang. Secara lebih luas, mood sering diartikan sebagai suasana hati atau keadaan emosi seseorang dalam kurun waktu tertentu.

Artinya, suasana hati atau mood seseorang tidak akan stagnan. Seseorang bisa saja mengalami perubahan mood. Sebab, seperti yang kita tahu seseorang tidak bisa terus-terusan merasa bahagia atau berlarut-larut dalam kesedihan dalam waktu yang panjang. Sebaliknya, mood seseorang bisa berubah sewaktu-waktu. Pasalnya, memang ada banyak hal yang diketahui bisa mempengaruhi kondisi mood seseorang.

2. Istilah Lain Berkaitan dengan Mood

Selain kata mood itu sendiri, kita mengenal ada berbagai istilah lain yang berkaitan dengan kata mood. Sebut saja moody, bad mood, mood swings, bahkan mood booster. Nah selain apa arti mood, penting juga untuk tahu makna dari istilah-istilah tersebut sebagai pengetahuan tambahan. Selain itu, pengetahuan tentang istilah-istilah ini mungkin juga akan berguna dalam mengendalikan suasana hati untuk ke depannya.

Berikut penjelasan arti dari istilah moody, bad mood, mood swings, dan mood booster.

1) Moody

Moody atau kerap juga disebut dengan moodiness merupakan kondisi perubahan suasana hati atau mood seseorang yang bisa terjadi secara mendadak. Misalnya dari yang semula marah bisa tiba-tiba bahagia atau sebaliknya.

2) Bad Mood

Bad mood merupakan istilah umum untuk menyebut kondisi suasana hati yang buruk. Kondisi bad mood bisa ditunjukkan dengan reaksi seseorang yang negatif terhadap suatu hal.

3) Mood Swing

Sementara, mood swing adalah perubahan mood (suasana hati) yang tampak jelas dalam kurun waktu tertentu. Mood swing dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, mood swing juga bisa jadi pertanda dari kondisi mental yang alami bipolar.

4) Mood Booster

Mood booster merupakan sebutan untuk berbagai hal atau sesuatu yang mendongkrak suasana hati karena termotivasi juga memiliki dampak yang positif dalam diri sendiri.

3. Fakta Menarik Tentang Mood

Seperti yang disinggung sebelumnya dalam penjelasan apa arti mood, bahwa secara umum mood adalah suasana hati. Namun di samping itu, ternyata ada beberapa fakta menarik tentang mood yang mungkin masih belum banyak orang tahu. Apa sajakah itu? Berikut di antaranya beberapa fakta menarik tentang mood.

1) Cuaca Jadi Faktor yang Bisa Mempengaruhi Mood

Dari sekian banyak hal, ternyata cuaca adalah salah satu yang cukup berperan dalam mempengaruhi mood seseorang. Hal ini bahkan telah dibuktikan melalui sejumlah penelitian. Cuaca yang cerah disinyalir bisa membuat suasana hati seseorang menjadi lebih ceria dan bahagia. Sebaliknya, cuaca mendung dan hujan bisa membuat seseorang merasa lebih sedih dan muram.

2) Kondisi Mood Bisa Menular

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kondisi mood seseorang. Namun siapa sangka, ternyata mood atau suasana hati merupakan suatu hal yang bisa menular. Maksudnya, perasaan atau mood seseorang ternyata terbukti bisa mempengaruhi suasana hati orang lain. Itulah sebabnya, saat menghadapi seorang yang sedang bad mood, kita bisa terbawa perasaan menjadi ikut jengkel, lelah, bahkan marah.

3) Cokelat Bisa Memperbaiki Mood

Pernah dengar kalau cokelat bisa perbaiki mood? Ternyata, hal ini ada benarnya. Cokelat diyakini bisa membuat suasana hati jadi happy kembali lantaran kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Namun perlu diketahui, bahwa ternyata jenis cokelat terbaik untuk memperbaiki mood adalah cokelat hitam.

4) Wanita Cenderung Lebih Sering Alami Bad Mood dan Mood Swing

Dibandingkan laki-laki, ternyata wanita cenderung lebih rentan mengalami bad mood dan mood swing. Hal ini bahkan juga sudah dibuktikan lewat penelitian. Dilansir dari klikdokter.com, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Wharton, dkk, perubahan mood pada wanita banyak dipengaruhi karena naik dan turunnya kadar hormon estrogen selama siklus reproduksi.

Itulah di antaranya penjelasan apa arti mood dan fakta-fakta menarik seputarnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI