Arti FWB dan ONS Beserta Risiko Menjalin Hubungan Tanpa Status

Rabu, 17 November 2021 19:22
Arti FWB dan ONS Beserta Risiko Menjalin Hubungan Tanpa Status
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Arti FWB dan ONS mungkin bukan lagi menjadi hal asing, terutama bagi orang-orang yang menjalani pergaulan yang begitu bebas. Ya, FWB dan ONS sering dikaitkan dengan kehidupan anak muda yang tinggal di kota besar. Padahal, hubungan ini berpotensi dilakukan oleh siapa saja.

Arti FWB mungkin bisa dikatakan mirip dengan 'teman tapi mesra', sedangkan ONS mirip dengan 'cinta satu malam'. Keduanya merupakan hubungan yang sama-sama tak memiliki komitmen. Biasanya, orang melakukan hal ini karena tak tertarik dengan hubungan resmi atau tak mau menanggung masalah yang kerap muncul dalam hubungan asmara.

Relasi ini pun hanya mengedepankan pemuasan nafsu seksual tanpa melibatkan emosi atau perasaan cinta. Dengan begitu, mereka bisa kencan dengan orang lain dengan bebas. Meski berusaha menghindari masalah dari hubungan resmi, bukan berarti relasi seperti bisa bebas dari masalah.

Banyak risiko buruk yang mengincar para pasangan FWB dan ONS ini. Jika kalian tertarik untuk mengetahui arti FWB, ONS, dan risikonya, silakan simak informasi berikut ini.

1. Arti FWB

FWB punya kepanjangan friends with benefits. Sesuai dengan istilah tersebut, arti FWB adalah relasi yang melibatkan dua orang yang saling menguntungkan. Keuntungan yang dimaksud merujuk pada hubungan fisik dan seksual tanpa menjalin hubungan resmi. Tak ada komitmen yang harus dijaga saat kalian terlibat hubungan tersebut.

Secara umum, model pertemanan seperti ini sudah dikenal oleh banyak orang. Istilah lain yang bisa dipakai untuk menggambarkan situasi tersebut, yaitu 'teman tapi mesra'. Artinya, orang yang terlibat dalam relasi ini sepakat untuk melakukan aktivitas fisik yang intim, seperti ciuman, bercumbu, hingga berhubungan seksual.

Tak ada perasaan cinta dan setelah melakukannya akan kembali seperti teman biasa, meski hubungan intim tersebut telah terjadi berkali-kali. Meski begitu, perasaan cinta tetap akan berpotensi tumbuh. Bisa berujung ke hubungan yang lebih serius jika kedua belah pihak menginginkan. Bisa juga hubungan tersebut merenggang karena salah satu pihak terjebak oleh perasaannya sendiri.

2. Arti ONS

Arti ONS adalah One Night Stand. Berbeda dengan arti FWB, relasi ini hanya terjadi dalam satu malam. Kisahnya pun tak jauh beda dengan 'cinta satu malam'. Orang yang terlibat dalam ONS akan melakukan hubungan intim dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang baru dikenal atau belum pernah ditemui sebelumnya.

Kisah satu malam itu pun bisa berakhir begitu saja tanpa ada lagi interaksi antara kedua belah pihak. Disebut ONS karena mereka hanya akan berhubungan intim satu kali saja dengan orang yang sama. Jika dibandingkan, ONS merupakan hubungan yang lebih bebas daripada FWB.

Pasangan FWB masih bisa menjalin pertemanan hingga waktu yang cukup lama bahkan berpotensi berakhir dengan hubungan serius. Sementara ONS, lebih banyak berakhir begitu saja. Pada kesempatan lain, orang tersebut bisa berganti dan berhubungan intim lagi jika bertemu dengan orang yang sama-sama menginginkannya.

3. Risiko Menjalin FWB dan ONS

Setelah mengetahui arti FWB dan ONS, kini kalian juga perlu membekali diri dengan berbagai risiko yang sangat berpotensi terjadi pada hubungan seperti itu. Mulai dari penyakit menular seksual, depresi, hingga kehamilan tidak direncanakan. Agar lebih jelas, silakan simak penjelasan berikut ini.

- Penyakit Menular Seksual

Orang yang berganti pasangan cenderung mempunyai risiko penyakit menular seksual (PMS) yang lebih besar. Tidak adanya komitmen pada hubungan FWB dan ONS membuka kesempatan bagi pasangan untuk berganti pasangan sesuka hati.

Seks bebas merupakan masalah besar yang harus diatasi, terutama pada para remaja. Apalagi jika hubungan tersebut dilakukan tanpa pengaman dan tanpa komitmen yang jelas. Mereka rentan terkena penyakit berbahaya, seperti, HIV, HPV, sifilis, gonore, dan lain sebagainya.

- Depresi

Meski konsep FWB atau ONS sudah jelas tanpa adanya ikatan, tapi masih banyak orang yang terjebak. Hubungan FWB bisa berakhir hanya dalam hitungan bulan, minggu, bahkan hari. Pada saat itu, potensi untuk tumbuh perasaan cinta tentu ada.

Ketika salah satu pihak yang terlanjur nyaman tak tak mendapat sambutan baik dari pihak lain, stres hingga depresi merupakan kemungkinan yang bisa terjadi. Perasaan cinta yang tumbuh dari kedekatan, sentuhan, dan kemesraan itu akan berubah menjadi rasa sakit yang luar biasa.

FWB dan ONS berpotensi membuat salah satu pihak lupa bahwa hubungan tersebut hanya dilandasi perasaan nafsu dan pemuasan satu sama lain. Bagi orang yang tak bisa mengelola emosi, situasi ini akan berakhir dengan perasaan seperti ditolak dan diabaikan.

- Kehamilan Tidak Direncanakan

Meski dilakukan dengan kesepakatan, kehamilan tidak direncanakan punya potensi yang besar pada hubungan FWB dan ONS. Hubungan ini dilakukan dengan teman tanpa ada komitmen bahkan dengan orang asing. Sedangkan hubungan seksual selalu punya potensi untuk menyebabkan kehamilan, apalagi jika dilakukan tanpa kontrasepsi.

Niat awal untuk mendapatkan kepuasan itu justru berubah menjadi masalah. Solusi yang biasa ditempuh pun mengarah ke hal-hal yang tak menyenangkan. Mereka bisa melanjutkan kehamilan tanpa ada perasaan cinta dan lebih buruk lagi, melakukan aborsi yang tidak aman. Keduanya berisiko pada kesehatan reproduksi pihak perempuan.

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti FWB dan ONS beserta risiko buruk yang perlu kalian ketahui.

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI