Apa Arti PAP? Inilah Penjelasan dan Cara Penggunaannya, Ketahui Juga Istilah Lain yang Populer di Media Sosial

Kamis, 11 November 2021 18:44 Penulis: Puput Saputro
Apa Arti PAP? Inilah Penjelasan dan Cara Penggunaannya, Ketahui Juga Istilah Lain yang Populer di Media Sosial
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Banyak istilah baru muncul dari media sosial. PAP adalah salah satunya. Istilah yang berasal dari singkatan Post a Picture ini, saat ini sudah jadi kata populer di kalangan masyarakat. Kata ini telah dipakai masyarakat umum, khususnya remaja dan anak muda masa kini di media sosial. Lantas, apa arti PAP yang sebenarnya?

Sampai saat ini, PAP mungkin masih jadi istilah yang asing bagi sebagian orang, khususnya mereka yang lagi muda dan tidak aktif di media sosial. Pasalnya, penggunaan istilah PAP memang lebih umum dipakai di media sosial. Sangat jarang orang menggunakan kata PAP dalam percakapan yang berlangsung secara langsung.

Karena sudah jadi istilah populer yang cukup umum, maka penting untuk tahu apa arti PAP yang sesungguhnya. Di samping agar tidak ketinggalan zaman, kalian juga perlu tahu arti PAP untuk menghindari kesalahpahaman.

Daripada semakin penasaran, langsung saja, simak ulasan tentang apa arti PAP berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Arti PAP

Istilah PAP sebenarnya sudah ada sejak dulu. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, PAP merupakan bentuk singkatan dari Post a Picture. Jika dilihat dari kepanjangannya itu, maka arti PAP adalah istilah untuk menyebut postingan foto seseorang di media sosial. Namun ternyata, tetap ada perbedaan antara PAP dengan memposting foto di media sosial seperti biasa.

Istilah PAP lebih dimaksudkan sebagai suatu dokumentasi atau bukti atas suatu kejadian. Sebagai contoh, saat seseorang harus terlambat untuk menghadiri acara karena suatu hal, misal jalanan macet. Seseorang tersebut bisa memposting foto situasi di sekitar sebagai bukti. Itu artinya, PAP tak sekadar memposting foto di media sosial. PAP dilakukan dengan tujuan dan maksud tertentu tergantung pada dua pihak yang terlibat.

2. Penggunaan Istilah PAP dalam Online Shop

PAP mungkin jadi istilah yang baru hits belakangan ini. Meski sebenarnya, apa arti PAP sudah ada dan dipakai sejak dulu. Seperti yang disinggung sebelumnya, PAP dipakai sesuai dengan tujuan dan maksud berdasarkan kesepakatan dua pihak yang terlibat dalam pesan chat. Oleh karena itu, awalnya PAP banyak dimanfaatkan untuk praktik operasional online shop.

PAP dilakukan untuk membuktikan barang yang dijual dan dibeli itu sesuai dengan deskripsi. Dengan melakukan PAP, penjual dapat meyakinkan calon pembeli bahwa barang yang akan dibeli asli dan dalam kondisi baik. Inilah awal mula pemakaian istilah PAP, hingga akhirnya istilah ini juga dipakai di kalangan masyarakat luas dalam berbagai situasi.

3. Kegunaan PAP Secara Lebih Luas

Setelah bertambah populer, penggunaan PAP juga semakin meluas. Kini, PAP tak saja dipakai dalam ranah online shop. Apa arti PAP juga dimanfaatkan untuk berbagai hal dalam kebutuhan sehari-hari. Berikut uraian tentang penggunaan istilah dan arti PAP yang lebih luas.

1) Untuk Menjadi Bukti Suatu Kejadian atau Kegiatan

Sempat disinggung sebelumnya, di keseharian PAP sering diterapkan untuk menunjukkan bukti terkait suatu kejadian atau kegiatan. Dengan memposting atau mengirimkan foto, seseorang akan lebih mudah untuk percaya dengan situasi yang terjadi.

2) Untuk Menunjukkan Lokasi

Salah satu fungsi PAP adalah untuk menunjukkan lokasi terkini. Hal ini biasa dilakukan oleh seseorang yang sedang membuat janji dengan orang lain. Dengan memposting foto suasana sekitar, teman orang yang diajak janjian akan lebih mudah menemukan lokasi kita.

3) Untuk Mengenal Sosok Orang Lain

Beberapa orang yang aktif di media sosial sering membagikan keseharian mereka melalui foto. PAP juga akan memudahkan kita untuk mengenali sosok seseorang, hanya dengan melihat apa yang mereka posting di media sosial. Misalnya, terkait hobi, pekerjaan, dan sebagainya.

4) Untuk Menunjukkan Foto Produk

Bagi kalian yang mempunyai bisnis online, PAP akan sangat berguna untuk menunjukkan wujud produk yang kalian jual. Dengan begitu, promosi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan murah.

4. Istilah Gaul di Media Sosial Lainnya

PAP sebenarnya hanya satu di antara banyaknya istilah baru yang populer lewat media sosial. Selain PAP, masih ada banyak istilah populer dan gaul lain yang juga sering dipakai masyarakat umum. Sehingga, mengetahui setiap makna dari kata gaul di media sosial itu juga tak kalah penting dengan memahami apa arti PAP. Lantas, kata gaul apa saja yang hits dan sering dipakai di media sosial? Berikut beberapa daftarnya.

1) ASAP merupakan singkatan dari bahasa Inggris As Soon As Possible. Singkatan ini biasa digunakan untuk memberi anjuran pada orang lain agar melakukan sesuatu sesegera mungkin.

2) BTW merupakan singkatan dari bahasa Inggris By The Way. Dalam bahasa Indonesia, singkatan ini bisa bermakna 'ngomong-ngomong'.

3) CMIIW merupakan singkatan dari bahasa Inggris Correct Me If I'm Wrong. Dalam bahasa Indonesia, singkatan ini bisa berarti 'koreksi (saya) jika saya salah'.

4) DM: merupakan singkatan dari Direct Message, yaitu pesan yang dikirim secara langsung melalui fitur pesan di aplikasi instagram.

5) FYI merupakan singkatan dari bahasa Inggris For Your Information. Singkatan ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

6) GWS merupakan singkatan dari bahasa Inggris Get Well Soon. Singkatan ini biasa digunakan untuk mendoakan teman yang sakit agar cepat sembuh.

7) IDK merupakan singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

8) IMO merupakan singkatan dari In My Opinion yang berarti menurutku.

9) OOT merupakan singkatan dari Out of Topic. Singkatan ini biasa digunakan sebagai peringatan untuk menanggapi sesuatu di luar dari kategori atau topik yang sudah ditetapkan.

10) OTW merupakan singkatan gaul dari kalimat On The Way, Singkatan ini menandakan seseorang sedang berada di perjalanan.

Itulah di antaranya ulasan terkait penjelasan dari apa arti PAP. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan, serta menjawab rasa penasaran kalian.

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI