Apa Arti Penting Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan Beserta Jenis dan Manfaatnya

Kamis, 18 November 2021 15:22 Penulis: Dhia Amira
Apa Arti Penting Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan Beserta Jenis dan Manfaatnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Kerjasama menjadi salah satu hal yang baik dilakukan. Ya, dengan kerjasama kita bisa mempermudah segala urusan. Kerjasama juga bisa menjadi sebuah jalan untuk menjalani hubungan sosial lebih baik lagi. Namun, apa arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan? Apakah menjadi sebuah hal yang penting dan bermanfaat untuk sebuah kehidupan kita?

Ya, apa arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan adalah hal yang harus kita lakukan. Hal ini demi kehidupan yang lebih bahagia dan indah untuk ke depannya. Tapi apa arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan ini bisa kalian pahami dengan baik? Selain itu, ada pula hal lain yang perlu kalian pahami tentang kerjasama. Seperti manfaat dan jenis-jenisnya.

Untuk itu, bagi KLovers yang penasaran dengan apa arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan. Maka berikut ini penjelasan tentang apa arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan beserta dengan jenis kerjasama dan manfaatnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Kerjasama Adalah

Sebelum kalian mengetahui apa arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan, tentu kalian perlu tahu apa arti kerjasama. Pengertian kerjasama adalah pengaturan kemitraan saling menguntungkan yang dilakukan secara sukarela oleh dua bidang usaha atau lebih. Kerjasama ini menjadi hal yang menguntungkan karena beberapa permasalahan menjadi lebih ringan.

Selain itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kerjasama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Manfaat kerjasama yang kecil pun akan mempengaruhi hasil. Sebuah pekerjaan akan terasa lebih mudah jika dikerjakan secara bersama-sama dengan pembagian peran yang jelas.

2. Jenis-Jenis Kerjasama

Ternyata kerjasama juga memiliki jenis-jenisnya loh KLovers. Ada beberapa jenis kerjasama yang bisa kalian pelajari dan pahami untuk kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa jenis-jenis kerjasama yang bisa kalian ketahui:

1. Bagi Hasil

Jenis kerjasama ini merupakan manfaat kerjasama dalam bentuk kerjasama bisnis yang paling sederhana. Dalam dunia kemitraan, sistem bagi hasil dan biasanya dilakukan oleh pelaku bisnis kecil.

2. Membuat Peluang Usaha

Manfaat kerjasama yang berikutnya adalah dapat membuat peluang usaha yang dikenal dengan Business Oportunity yang menawarkan keuntungan pada orang lain atau badan usaha yang menjalankannya.

3. Build, Operate, and Transfer (BOT)

Jenis kerjasama ini biasanya dipakai untuk menghasilkan manfaat kerjasama dalam bisnis properti. Sistem BOT ini mengandalkan kemampuan seseorang untuk melobi pemilik tanah untuk diajak kerjasama. Biasanya tanahnya dioperasikan untuk membangun usaha dalam jangka waktu tertentu.

4. Joint Venture

Joint venture ini merupakan sebuah sistem patungan yang biasanya dilakukan oleh beberapa orang. Yang menguntungkan dari sistem ini adalah pembagian resiko. Selain itu, sistem joint venture ini juga termasuk dalam kegiatan pemodal asing dan ini juga sudah diatur oleh pemerintah.

5. Merger

Jenis kerjasama yang berikutnya adalah merger. Secara sederhana, merger diartikan sebagai penggabungan dengan melibatkan dua perseroan atau lebih yang nanti melahirkan perseroan baru. Merger sendiri juga bisa disebut dengan kuisisi sebuah perusahaan untuk dikembangkan.

6. Kerjasama Langsung

Jenis kerjasama ini adalah bentuk kerja yang dilakukan karena ada perintah dari atasan. Misalnya, kalian harus bekerja sama bersama tim yang dibentuk untuk menyelesaikan suatu proyek.

7. Kerjasama Spontan

Kerjasama ini adalah kerja yang bisa dikatakan sebagai dorongan hati atau kerja yang dilakukan tanpa perencanaan terlebih dahulu. Misalnya, kalian bersama beberapa orang menolong korban kecelakaan di jalan tanpa ada pembagian peran, tapi langsung ada yang memanggil ambulan, memberi P3K, dan mengatur lalu lintas sementara.

8. Kerjasama Tradisional

Merupakan kerjasama sebagai sistem sosial di masyarakat.

3. Manfaat Kerjasama

Tentu setiap usaha yang kita lakukan pasti memiliki hasilnya, terutama untuk kerjasama. Ya, ada banyak sekali manfaat kerjasama yang bisa kita rasakan. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita rasakan untuk sebuah kerjasama:

1. Pekerjaan Menjadi Lebih Cepat Selesai

Pekerjaan mungkin bisa diselesaikan seorang diri, tapi membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama. Jika punya partner, kalian bisa merasakan manfaat kerja sama dalam hal menghemat waktu.

2. Menumbuhkan Rasa Kebersamaan

Jika kalian punya kesadaran bahwa manusia sebenarnya tak bisa hidup sendiri, kemungkinan rasa kebersamaan ini akan tumbuh. Akan ada fase seseorang memasuki kehidupan yang cukup sulit. Pada situasi seperti itu, kalian bisa meminta pertolongan orang sekitar dan merasakan manfaat kerja sama.

3. Memunculkan Ide yang Kreatif dan Unik

Manfaat kerja sama yang sering terasa saat sedang mengadakan rapat, yaitu timbulnya gagasan baru. Jika hal ini terus berlanjut, kemungkinan untuk tim memunculkan ide yang unik dan kreatif semakin terbuka lebar.

4. Meningkatkan Keberhasilan Tim

Kemampuan tim yang punya kekuatan lengkap akan lebih kuat dibandingkan dengan kemampuan yang dimiliki individu. Oleh karena itu, kalian peru bekerja sama untuk mewujudkan kesuksesan suatu tujuan.

5. Menumbuhkan Keberanian

Risiko merupakan salah satu hal yang paling dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Jika sendiri, kemungkinan akan lebih banyak rasa takut yang muncul. Namun, akan beda jika keputusan tersebut diambil oleh sebuah tim yang solid.

6. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Tak semua orang punya keterampilan dalam komunikasi. Namun, hal ini bisa dilatih dengan membiasakan diri dalam sebuah kerja tim karena meningkatkan keterampilan komunikasi merupakan salah satu manfaat kerja sama yang bisa kalian dapat.

7. Meningkatkan Kemampuan Secara Individu

Dalam sebuah tim, individu-individu berkumpul, saling berbagi informasi untuk memperkaya strategi dalam mencapai tujuan. Tak hanya itu, secara tak langsung kalian juga akan saling memberi masukan dan menyemangati rekan satu tim untuk memaksimalkan usaha dalam mencapai tujuan bersama.

4. Arti Penting Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Kerja sama merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Namun apa arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan? Apa arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara akan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Itulah mengapa, pentingnya masyarakat Indonesia menyadari adanya keberagaman dalam kehidupan di masyarakat. Serta penting mengetahui apa arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan. Dan berikut ini arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan yang bisa kalian ketahui:

1. Kerjasama akan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Kerjasama akan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

3. Kerjasama akan mempererat persaudaraan dan kebersamaan.

4. Kerjasama mendorong persaingan di dalam pencapaian tujuan dan peningkatan produktivitas.

5. Kerjasama mendorong berbagai upaya individu agar dapat bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien.

6. Kerjasama mendorong terciptanya sinergi sehingga biaya operasionalisasi akan menjadi semakin rendah yang menyebabkan kemampuan bersaing meningkat.

7. Kerjasama mendorong terciptanya hubungan yang harmonis antar pihak terkait serta menimbulkan rasa kesetiakawanan.

8. Kerjasama akan mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan.

9. Kerjasama akan menjadikan pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat diselesaikan.

10. Kerjasama akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja.

Itulah apa arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan yang bisa kalian ketahui dan pahami. Bukan hanya mengetahui apa arti penting kerjasama dalam berbagai kehidupan saja, namun kalian juga bisa memahami jenis dan manfaatnya sebuah kerjasama.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI