Cara Melihat Jawaban di Google Form di HP dan Laptop, Lakukan dengan Bijak

Kamis, 18 November 2021 17:44
Cara Melihat Jawaban di Google Form di HP dan Laptop, Lakukan dengan Bijak
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Sekolah dari rumah atau online, memaksa para siswa dan guru untuk beradaptasi. Salah satu bentuk adaptasi itu di antaranya adalah dengan mengadakan ujian secara online menggunakan google form. Tapi, tahukah kalian bahwa ada beberapa tips dan trik dalam mengakses google form saat ujian. Salah satu tips dan trik itu adalah cara melihat jawaban di google form.

Ya, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat jawaban di google form. Namun sepertinya cara ini masih belum banyak orang yang tahu, lantaran google form memang jadi hal yang baru banyak digunakan belakangan ini. Meski tidak dianjurkan, cara melihat jawaban di google form ini bisa dicoba di saat-saat yang mendesak.

Penasaran, bagaimana cara melihat jawban di google form? Dilansir dari berbagai sumber, langsung saja simak cara dan langkah-langkahnya berikut ini.

1. Hal yang Harus Diperhatikan Sebelumnya

Sebelum mengetahui cara melihat jawaban di google form, ada beberapa hal yang terlebih dahulu harus dipahami. Pertama, cara melihat jawaban ujian di google form sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, seperti yang kita tahu ujian diadakan untuk mengukur kemampuan siswa. Oleh karenanya, ujian sebaiknya dilakukan dengan jujur agar mendapatkan hasil yang sesuai kemampuan.

Namun, apabila kalian merasa tetap perlu menggunakan cara melihat jawaban di google form. Kalian juga bisa menggunakan cara ini di akhir setelah ujian selesai untuk mencocokan jawaban ujian kalian dengan kunci jawaban. Maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Beberapa hal tersebut antara lain sebagai berikut.

1) Soal ujian dalam google form telah di-setting untuk menampilkan jawaban yang salah dan yang benar setelah melakukan submit jawaban.

2) Untuk mengisi soal ujian dalam google form dibutuhkan akun Google. Maka dari itu, untuk mencoba cara melihat jawaban di google form pastikan untuk mempunyai lebih dari satu akun Google.

3) Isi bagian identitas dengan nama lain agar tidak ketahuan bahwa itu kalian yang melakukan submit.

4) Cara melihat jawaban di google form ini hanya berlaku untuk jenis soal dengan pilihan ganda.

2. Cara Melihat Jawaban di Google Form lewat PC (dengan Browser)

Saat melakukan ujian online, rata-rata siswa akan menggunakan laptop atau pc. Sebab, pemakaian laptop dan pc untuk mengakses google form cenderung lebih leluasa dibandingkan dengan hp. Begitu pula dengan melihat jawaban di google form yang lebih mudah menggunakan pc. Berikut adalah langkah-langkah melihat jawaban ujian di google form lewat pc.

1) Pertama, buka link soal ujian di google form.

2) Selanjutnya, lakukan edit link pada bagian dari "viewform" ubah menjadi viewanalytics.

Sebagai contoh, dari link google form:

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSd-oie65S3oU71UU_s5jF0bMx9a5CL7TnNFiYp6Lz9CLjj_dw/viewform

Ubah atau edit menjadi:

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSd-oie65S3oU71UU_s5jF0bMx9a5CL7TnNFiYp6Lz9CLjj_dw/viewanalytics

3) Secara otomatis, tampilan google form akan memperlihatkan kunci jawban dari soal. Namun perlu diketahui lagi, bahwa cara ini hanya akan bekerja apabila pembuat soal mengaktifkan setelan See summary charts and text responses.

3. Cara Melihat Jawaban di Google Form lewat Hp

Selain lewat laptop atau pc, cara melihat jawaban di google form juga bisa dilakukan melalui hp. Caranya sebenarnya tak kalah mudah dan praktis. Kalian bisa langsung ikuti langkah-langkah dalam petunjuk berikut.

1) Pastikan hp terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

2) Buka link soal ujian di google form. Kemudian klik link yang berada di bagian atas untuk mengedit link. Apabila mengakses lewat google chrome, kalian bisa mengedit link melalui simbol pensi di sisi kanan link bar.

3) Setelah itu, ubah kata edit dengan viewanalytics.

4) Secara otomatis, tampilan google form akan seketika menunjukkan jawaban dari soal ujian yang ada di laman google form tersebut.

4. Tips Mengerjakan Ujian di Google Form

Seperti yang telah dijelaskan di awal, pada dasarnya cara melihat jawaban di google form bukanlah hal yang dianjurkan. Sebagai gantinya, ada beberapa cara atau tips yang bisa dipraktikkan agar ujian dengan google form bisa berjalan lancar dengan hasil maksimal. Berikut beberapa tips tersebut.

1) Belajar sungguh-sungguh agar menguasai materi yang diujikan.

2) Pastikan kuota internet cukup dengan jaringan atau koneksi yang kuat dan stabil agar ujian berlangsung lancar tanpa hambatan. (Disarankan untuk menggunakan wifi yang cenderung lebih stabil)

3) Ada baiknya pakai perangkat yang mendukung seperti laptop atau hp yang mumpuni atau mempunyai spesifikasi tinggi.

Itulah di antaranya cara melihat jawaban di google form dan tips-tips mengerjakan soal ujian online agar lancar dan maksimal. Semoga bisa dimanfaatkan dengan bijak!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI