Arti Al Faruq Pada Gelar Umar Bin Khattab, Ketahui Juga Nama Julukan Sahabat Nabi Yang Lain

Selasa, 06 Desember 2022 11:22
Arti Al Faruq Pada Gelar Umar Bin Khattab, Ketahui Juga Nama Julukan Sahabat Nabi Yang Lain
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Ada cukup bnyak kata dari bahasa Arab yang mungkin sudah familiar karena sering kita dengar. Kata Al Faruq adalah salah satunya. Al Faruq jadi kata bahasa Arab yang sudah sering kita jumpai di keseharian. Kata ini sering digunakan sebagai nama orang, hingga penamaan tempat ibadah setingkat musala atau masjid. Lantas, apa arti Al Faruq?

Meski sudah cukup familiar di telinga, nyatanya masih banyak yang tak tahu arti Al Faruq. Padahal, Al Faruq mempunyai arti yang sangat mulia. Bahkan. Rasulullah Nabi Muhammad SAW memberikan gelar atau julukan Al Faruq pada salah satu sahabatnya, yaitu Umar Bin Khattab.

Jadi semakin penasaran kan apa arti Al Faruq yang sesungguhnya? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan penjelasannya berikut ini.

 

 

 

1. Arti Al Faruq Menurut Bahasa

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, Al Faruq merupakan satu kata dalam bahasa Arab. Dalam bahasa Arab, arti Al Faruq disinyalir merupakan bentuk lain dari kata Al Furqon. Pasalnya, kedua kata tersebut disebut mempunyai arti yang sama.

Sementara seperti yang kita tahu, arti Al Furqon merupakan salah sifat atau sebutan untuk kitab suci Al Quran. Al Furqon sering dipahami sebagai pembeda antara yang baik dan yang buruk. Dengan demikian, arti Al Faruq kurang lebih juga sama yaitu pembeda yang baik dan yang buruk.

 

 

 

2. Arti Al Faruq Merujuk pada Umar

Rasulullah Nabi Muhammad SAW memberikan gelar atau julukan Al Faruq pada salah satu sahabatnya, yaitu Umar Bin Khattab. Mengingat Umar Bin Khattab adalah salah satu sahabat Nabi paling berjasa, sehingga sudah pasti arti Al Faruq pasti hal yang sangat mulia.

Umar Bin Khattab merupakan satu dari empat sahabat Nabi Muhammad SAW yang disebut sebagai Khulafaur Rasyidin. Khulafaur Rasyidin sendiri merupakan sebutan atau gelar untuk keempat sahabat yang menjadi pemimpin besar pada masanya.

Sementara, dari keempat sahabat bergelar Khulafaur Rasyidin tersebut, Umar dikenal sebagai sosok yang paling tegas, berani, dan adil. Karena watak dan karakternya itu, Umar Bin Khattab begitu disegani dan dihormati termasuk oleh Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Umar Bin Khattab juga mempunyai kisah hidup tersendiri yang inspiratif. Pasalnya sebelum masuk ke agama Islam, Umar dikenal sebagai seorang pemabuk. Bahkan pada masa itu, Umar tak segan untuk melawan sahabat-sahabatnya yang lebih dahulu mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.

Namun setelah memeluk agama Islam, Umar Bin Khattab langsung menjadi sosok yang setia pada Nabi Muhammad SAW. Umar Bin Khattab berhenti mabuk-mabukan dan meninggalkan hal-hal berdosa yang selama ini dia lakukan. Maka dari itu, julukan Al Faruq diberikan oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW sebagai gelar untuk Umar Bin Khattab yang telah berhasil memisahkan hal-hal baik dan buruk dalam hidupnya.

 

 

 

3. Gelar Para Khulafaur Rasyidin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Umar Bin Khattab hanyalah satu dari empat sahabat Nabi Muhammad SAW yang disebut Gelar Para Khulafaur Rasyidin. Selain Umar Bin Khattab, masih ada tiga sahabat Nabi Muhammad SAW lainnya yang juga dikenal sebagai Gelar Para Khulafaur Rasyidin. Mereka adalah Abu Bakar As Siddiq, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Sama seperti Umar Bin Khattab, ketiga sahabat Nabi Muhammad SAW yang termasuk Khulaur Rayidin tersebut juga mempunyai julukan masing-masing. Sama seperti arti Al Faruq yang diberikan Nabi Muhammad SAW pada Umar Bin Khattab, julukan yang diberikan pada Abu Bakar As Siddiq, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib juga punya arti mulia sesuai karakter dan wataknya. Berikut julukan yang Nabi Muhammad SAW berikan untuk ketiganya.

- Abu Bakar dapat julukan "As Siddiq" yang artinya 'orang yang dapat dipercaya'.

- Usman bin Affan dapat julukan "Abu Lailah" yang artinya 'sangat lembut'.

- Ali bin Abi Thalib dapat julukan "Babul Ilmi" yang artinya 'gerbang ilmu pengetahuan'.

 

 

 

4. Daftar Nama Sahabat Nabi dan Gelarnya

Tak saja para Khulafaur Rasyidin, Nabi Muhammad SAW juga memberikan julukan atau gelar pada beberapa sahabat beliau yang lain. Oleh karena itu, selain arti Al Faruq tak ada salahnya untuk tahu beberapa nama sahabat nabi dan julukannya tersebut. 

Berikut beberapa nama sahabat Nabi Muhammad SAW beserta julukan yang diberikan Rasulullah SAW pada mereka.

- Khadijah binti Khuwailid  dapat julukan "At-Tahirah" yang artinya 'Wanita suci'.

- Aisyah binti Abu Bakar  dapat julukan "Humairah" yang artinya 'Pipi kemerah-merahan'

- Hamzah bin Abdul Muthalib dapat julukan "Assadullah" yang artinya 'Singa Allah'.

- Ja'far bin Abi Thalib dapat julukan "Abul Masakin" yang artinya 'Ayah orang-orang miskin'.

- Hasan bin Tsabit dapat julukan "Abul Husam" yang artinya 'Pedang yang tajam'.

Itulah di antaranya penjelasan tentang arti Al Furqon yang merupakan gelar Umar Bin Khattab. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

 

 

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI