Arti Modus Secara Umum, Dalam Ilmu Matematika hingga Bahasa Gaul

Senin, 05 Desember 2022 19:11 Penulis: Dhia Amira
Arti Modus Secara Umum, Dalam Ilmu Matematika hingga Bahasa Gaul
(credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Kata modus menjadi sebuah kalimat yang nggak asing untuk didengar atau dilihat. Namun, apa sih arti modus yang sebenarnya? Karena kata modus sendiri memiliki banyak arti loh.

Ya, arti modus ada banyak artinya ya KLovers. Ada arti modus secara umum, arti modus dalam ilmu matematika, bahkan ada arti modus dalam bahasa gaul yang bisa KLovers ketahui.

Untuk itu, berikut ini penjelasan arti modus yang bisa KLovers ketahui dan pahami maknanya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Arti Modus Secara Umum

Arti modus yang pertama yaitu, ada arti modus secara umum. Ya, secara umum dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti modus adalah bentuk verba yang mengungkapkan suasana kejiwaan sehubungan dengan perbuatan menurut tafsiran pembicara tentang apa yang diucapkannya.

Namun, arti modus juga bisa menjurus pada kegiatan penipuan loh KLovers. Modus atau phising jadi satu kejahatan yang cukup sering terjadi. Dan secara lebih detail phising atau modus didefinisikan sebagai tindak kejahatan yang dilakukan dengan mengelabui seseorang.

Hal ini biasanya dilakukan dengan memberikan informasi melalui internet atau melalui email yang memungkinkan orang lain mengambil uang dari rekening mereka. Selain itu, masih ada banyak lagi modus-modus kejahatan yang berakhir merugikan banyak orang.

 

2. Arti Modus dalam Matematika

Kemudian, ada pula arti modus dalam ilmu matematika. Ya, kalian pasti tahu dengan rumus matematika, Mean, Median, Modus. Ya, dalam ilmu matematika sendiri modus merupakan sebuah rumus loh. Arti modus digunakan untuk mengetahui jumlah angka dan data yang sering muncul.

Artinya modus digunakan untuk mengetahui bilangan paling banyak muncul. Untuk memudahkan tahu cara menghitung modus, maka dapat diurutkan terlebih dahulu bilangannya dari yang terkecil ke terbesar. Itulah arti mean, median dan modus yang perlu diketahui.

Sehingga memudahkan kalian dalam menggunakan rumus mean, median dan modus. Secara umum, rumus mean, median dan modus memang cukup mudah dipahami. Rumus mean untuk mengetahui nilai rata-rata. Rumus median untuk mengetahui nilai tengah.

Dan rumus modus untuk tahu bilangan paling sering muncul. Berikut ini contoh cara menghitung modus dalam ilmu matematika:

Temukan modus dari bilangan 3, 3, 3, 3, 4, 4, 5, 5, 6, 7, 7, 7, 7, 8, 8, 9.

Maka cara menghitung modus adalah dengan melihat nilai yang paling sering muncul. Jika diamati maka nilai yang kerap muncul adalah 7 sebanyak 4 kali. Sehingga modusnya adalah 7.

 

3. Arti Modus dalam Bahasa Gaul

Dan penjelasan arti modus yang terakhir yaitu, ada arti modus dalam bahasa gaul. Ya, bagi kalian anak muda, tahu banget deh dengan istilah modus. Dalam bahasa gaul sendiri, arti modus adalah singkatan dari modal dusta.

Modus biasanya merupakan sebuah sikap seperti mencari perhatian demi mendapat kesempatan. Dan sikap ini biasanya dilakukan dengan kata-kata manis ataupun perbuatan yang membuat lawan jenis merasa baper.

Hingga, ungkapan modus ini biasanya digunakan untuk seseorang yang hanya ingin mendapat cinta seseorang namun tidak untuk sebuah hubungan serius, dan hanya terlihat ingin bermain-main saja, bukan tulus dari hatinya.

Nah, biasanya mereka yang suka modus dengan modal kata-kata manis, biasanya disebut dengan gombalan. Kalian yang ingin mencoba untuk memikat lawan jenis dengan gombalan, berikut beberapa kata-katanya:

1. "Setiap melihat senyumanmu aku dapat merasakan hangatnya matahari. Setiap melihatmu tertawa aku seperti melihat indahnya bintang."

2. "Kamu itu egois banget. Ibu kamu manusia, ayah kamu juga manusia, tapi kok kamu bidadari sih."

3. "Tahu gak kenapa kita cuma bisa lihat pelangi setengah lingkaran? Sebab setengahnya lagi ada di mata kamu."

4. "Bisa buka Google Maps? Sepertinya aku tersesat di mata indahmu."

5. "Aku setuju-setuju aja kok kalau harga BBM makin mahal, asalkan senyum manis kamu tetap murah sama aku."

6. "Gimana aku bisa tidur kalau jam segini kamu masih nongkrong di pikiranku."

7. "Jepang bikin robot. Jerman bikin mobil. Kamu bikin kangen."

8. "Jangan GR deh. Aku kangen kamu sedikit aja kok. Sedikit berlebihan maksudnya."

9. "Aku sukanya sih apel dibandingkan anggur, makanya aku suka ngapelin kamu ketimbang nganggurin kamu."

10. "Ngemil apa yang paling enak? Ngemilikin Kamu sepenuhnya."

11. "Aku rela jadi abang nasi goreng asalkan setiap malam aku bisa lewat depan rumah kamu."

12. "Kalau disuruh melupakanmu, aku akan ke kelurahan dulu. Minta surat keterangan tidak mampu."

13. "Cukup harga bensin saja yang turun, perasaanmu jangan."

14. "Sayangku tadi pagi aku nggak bisa makan karena merindukanmu. Siangnya juga nggak makan karena mikirin kamu. Dan malamnya aku juga nggak bisa tidur karena kelaparan."

15. "Yang kamu lihat di kulkas, itu bukan hati sapi. Itu hatiku yang beku karena ditinggal kamu."

16. "Jika kamu berdiri di depan cermin memegang 11 mawar, kamu akan melihat 12 bunga tercantik yang pernah ada."

17. "Enak ya jadi kamu, udah pernah lihat bidadari. Kalau mau liat bidadari lagi, tinggal ngaca."

18. "Boleh nggak aku minta foto kamu? Aku mau lihatin ke temenku kalau bidadari itu beneran ada."

19. "Orangtuamu pengrajin bantal yah? Karena terasa nyaman jika di dekatmu."

20. "Aku kalau minum teh nggak perlu pakai gula. Kalau pengen manis, tinggal lihatin kamu saja."

21. "Mereka bilang kamu hanya jatuh cinta sekali, tapi itu tidak benar. Setiap kali aku melihatmu, aku selalu jatuh cinta."

22. "Kutuliskan namamu di langit, angin meniupnya. Kutuliskan namamu di laut, badai membawanya. Kutuliskan namamu di hatiku, cinta namanya."

23. "Di atas langit masih ada langit! Di bawah langit masih ada aku yang tulus mencintaimu."

24. "Saat melihatmu, aku takut menyentuhmu. Saat menyentuhmu, aku takut menciummu. Saat menciummu, aku takut mencintaimu. Saat mencintaimu, aku takut kehilanganmu."

25. "Aku rela menjadi lilin dalam hati kamu, dan kamu yang jagain lilinnya."

Itulah beberapa penjelasan tentang arti modus yang bisa KLovers ketahui. Bukan hanya mengetahui arti modus secara umum saja, namun juga arti modus dalam ilmu matematika, hingga arti modus dalam bahasa gaul.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI