Arti Giveaway dalam Dunia Bisnis Beserta Manfaat, Jenis dan Tips Agar Berhasil untuk Strategi Promosi

Senin, 05 Desember 2022 18:11
Arti Giveaway dalam Dunia Bisnis Beserta Manfaat, Jenis dan Tips Agar Berhasil untuk Strategi Promosi
Arti Giveaway (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Penggunaan istilah giveaway tentu bukan hal baru lagi. Karena, istilah tersebut seringkali digunakan sejumlah orang untuk kegiatan promosi. Sudah tahukah apa arti giveaway?

Memberikan giveaway kepada orang lain biasanya terjadi karena beberapa faktor. Misalnya ingin mempromosikan bisnis, meningkatkan followers, berdasarkan momen khusus, mengenalkan produk dan lain sebagainya. Ya, pada dasarnya arti giveaway adalah bagian dari kegiatan promosi yang cukup mudah dipraktikkan.

Hanya saja, perlu memperhatikan beberapa hal penting agar program giveaway bisa berjalan maksimal. Sebelum itu, pahami dulu arti giveaway dalam dunia bisnis beserta penjelasan lainnya seperti manfaat giveaway, jenis-jenis giveaway, serta tips membuat giveaway agar bisa berhasil. Yuk cek apa saja arti giveaway beserta pembahasannya secara rinci.

 

1. Arti Giveaway dalam Dunia Bisnis

Ada sejumlah istilah populer dalam dunia bisnis dan marketing. Salah satunya adalah kata giveaway yang sangat familiar diketahui publik. Meski kata tersebut sudah awam digunakan, tidak sedikit belum tahu makna sebenarnya dari giveaway. Lalu apa arti giveaway?

Arti giveaway sebenarnya menjadi bagian dari strategi marketing promosi. Ya, banyak pebisnis, pengusaha ataupun perorangan membuat giveaway dengan tujuan tertentu seperti mempromosikan sesuatu kepada khalayak luas.

Sementara itu, arti giveaway adalah kegiatan yang dibuat untuk memberikan hadiah kepada orang lain dengan syarat dan ketentuan. Untuk bisa mendapatkan giveaway ini, seseorang wajib mengikuti aturannya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Apabila berhasil, maka, hadiah bisa diperoleh baik berupa produk, voucher, ataupun hadiah menarik lainnya.

Misalnya saja ketika seseorang membuat giveaway yang mana memberikan syarat untuk memfollow sebuah akun, melakukan challenge, atau meninggalkan komentar di unggahan. Dari giveaway tersebut, pemilihan pemenang bisa saja secara acak ataupun karena kategori tertentu.

Dengan kata lain, arti giveaway juga dapat disebut sebagai kegiatan promosi dengan bagi-bagi hadiah. Tidak heran mengapa banyak orang menggunakan cara promosi dengan giveaway yang mudah bahkan disebut lebih murah. Itulah arti giveaway dalam dunia bisnis yang perlu kalian ketahui.

 

2. Arti Giveaway dan Jenis-Jenisnya

Arti giveaway memang lekat dengan kegiatan promosi. Sementara itu, giveaway juga memiliki beberapa jenis. Hal ini disesuaikan dengan bentuknya yang bisa dibuat oleh perorangan ataupun perusahaan tertentu. Lalu apa saja jenis giveaway? Untuk tahu jenis-jenis giveaway langsung saja cek di sini klovers.

1. Arti Self Giveaway

Arti self giveaway ini adalah sebuah kegiatan promosi dengan memberi hadiah ke orang lain secara sendiri. Sehingga seseorang benar-benar membuat sendiri giveaway ini baik syarat, ketentuan serta pemilihan pemenangnya.

2. Arti Sponsor Giveaway

Sedangkan arti sponsor giveaway adalah berupa kegiatan promosi dengan memberi hadiah ke orang lain melalui bantuan jasa pihak lain atau host. Artinya semua konsep dari giveaway sudah dibuat oleh pihak lain dan nantinya hanya tinggal melakukan promosi saja.

 

3. Manfaat Membuat Giveaway

Setiap kegiatan promosi tentunya memiliki manfaat atau keuntungan. Seperti arti giveaway digunakan untuk promosi termudah bahkan ada yang bilang cukup terjangkau. Lalu apa saja manfaat membuat giveaway? Untuk tahu selengkapnya tentang manfaat giveaway yuk langsung lihat ulasan sebagai berikut.

1. Memudahkan melakukan teknik marketing terbaik karena berhasil mendapatkan database dari banyak orang saat ikut giveaway.

2. Memperkenalkan usaha, produk, atau apapun ke khalayak.

3. Meningkatkan brand awareness.

4. Biayanya lebih terjangkau untuk melakukan promosi dengan giveaway.

5. Menambah followers di media sosial.

6. Membangun kepercayaan dan mempertahankan pelanggan dengan memberi umpan balik berupa giveaway.

Itulah beberapa manfaat dan keuntungan membuat giveaway. Sehingga bisa jadi referensi buat mempertimbangkan apakah usaha, bisnis atau promosi pribadi memerlukan bikin giveaway.

 

4. Tips Membuat Giveaway untuk Strategi Marketing

Untuk membuat giveaway ada beberapa cara dan tips agar bisa berjalan maksimal. Karenanya, selain arti giveaway, pahami juga bagaimana tips untuk membuat giveaway sebagai strategi marketing terbaik. Oleh karena itu, di bawah ini ada tips untuk bikin giveaway bisa semakin maksimal.

1. Buat tujuan yang ingin dicapai saat memutuskan membuat giveaway. Apakah untuk meningkatkan followers, meningkatkan penjualan, mengenalkan produk baru, ataupun membangun kepercayaan pelanggan. Semua bisa

2. Tentukan syarat dan ketentuan giveaway, misalnya membuat challenge tertentu, batasan umur, follow akun dan lain sebagainya.

3. Tentukan budget untuk giveaway sesuaikan tujuannya.

4. Pilih hadiah giveaway yang sesuai dengan tujuannya.

5. Buat informasi dan pengumuman yang lengkap agar mudah dipahami khalayak. Misalnya terkait jadwal dimulainya giveaway hingga pengumuman pemenang.

6. Manfaatkan semua platform media sosial untuk giveaway agar makin maksimal.

7. Pastikan pakai hashtag agar jangkauannya lebih luas lagi.

8. Pengumuman seleksi dan pemenang giveaway.

Itulah arti giveaway beserta jenis, manfaat dan tips membuatnya agar lebih maksimal. Sehingga bisa jadi referensi buat kalian memahami apa arti giveaway.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI