Memahami Arti Sedekah dan Keutamaannya, Umat Muslim Wajib Tahu

Senin, 05 Desember 2022 18:44
Memahami Arti Sedekah dan Keutamaannya, Umat Muslim Wajib Tahu
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Sedekah jadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan, khususnya dalam agama Islam. Sedekah diyakini akan membawa banyak manfaat dan juga berkah bagi yang melakukannya. Namun tak bisa dipungkiri, untuk bersedekah sering kali terasa begitu berat. Untuk itu agar lebih mudah dan ikhlas dalam bersedekah, kita perlu tahu dulu tentang hakikat dan arti sedekah.

Selama ini, sedekah sering diartikan sebagai perilaku memberikan suatu harta benda yang dimiliki pada orang lain. Pandangan tersebut tak salah, tapi juga tak sepenuhnya benar. Sebab ternyata tak sekadar memberikan harta benda, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam arti sedekah, agar bersedekah bisa membawa berkah. Apa sajakah itu?

Daripada penasaran langsung saja simak ulasan tentang arti sedekah berikut ini.

 

1. Arti Sedekah

Arti sedekah dalam bahasa Indonesia, bisa ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti sedekah adalah pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya.

Secara etimologis, kata sedekah berasal dari bahasa Arab "ash-shadaqah", yang jika ditelusuri lebih dalam, kata tersebut disinyalir mempunyai bentuk dasar sidiq yang artinya adalah kebenaran. Dari pengertian itu, sedekah atau shadaqah dianggap sebagai suatu hal yang benar dan mulia, sehingga sangat dianjurkan atau disunnahkan.

Sementara itu, secara terminologi shadaqah lebih diartikan sebagai perilaku memberikan sesuatu biasanya berupa harta benda semata-mata untuk mengharapkan pahala dari Allah SWT. Lebih spesifik, sedekah dilakukan dengan memberikan harta kepada orang-orang yang membutuhkan seperti fakir miskin, ataupun pihak-pihak yang berhak menerima sedekah (bantuan).

 

2. Keutamaan dan Manfaat Sedekah

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dalam ayat Al Quran dan juga banyak hadis juga telah disebutkan bahwa bersedekah juga akan mempunyai beberapa keutamaan dan akan membawa banyak manfaat bagi yang melakukannya.

Berikut beberapa keutamaan dan manfaat bersedekah.

1. Mendapatkan Pahala Berlipat

Sebagaimana amalan terpuji lainnya, ada pahala yang dijanjikan Allah SWT untuk mereka yang bersedekah. Bahkan, Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda banyaknya. Hal tersebut diterangkan dalam firman Allah SWT dalam ayat berikut ini.

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak." (Qs. Al Hadid: 18)

2. Mendapatkan Rezeki yang Lebih Melimpah

Tak perlu merasa khawatir akan habisnya karena bersedekah. Sebab, salah satu hadist menyebut bahwa Allah SWT justru akan memberikan rezeki yang semakin banyak untuk mereka yang bersedekah. Hal tersebut seperti yang disebutkan di hadist berikut ini.

"Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah." (HR. Baihaqi)

3. Bisa Menghapus Dosa

Manusia merupakan makhluk yang tak luput dari dosa. Namun, Allah SWT senantiasa memberi kesempatan untuk bertaubat dengan berbagai cara yang perkenankan-Nya. Salah satu caranya adalah dengan sedekah.

Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api." (HR. At-Tirmidzi).

4. Mendapat Naungan di Hari Akhir

Dari amalan sedekah, seorang muslim juga bisa mendapatkan naungan di hari akhir kelak. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi: 

"Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya." (HR. Bukhari no. 1421)

5. Dijauhkan dari Api Neraka

Tak saja naungan, umat muslim yang rajin bersedekah juga dijamin akan lebih terhindar panasnya api neraka. Hal itu sebagaimana yang disebutkan dalam hadis, berbunyi:

"Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur." (HR. Thabrani).

 

3. Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Sedekah memang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Meski begitu, ternyata ada beberapa waktu khusus yang sangat dianjurkan untuk bersedekah pada sesama. Waktu yang sangat dianjurkan itu ialah di bersedekah di bulan Ramadhan.

Seperti yang kita tahu, Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan berkah kebaikan. Di bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Bukan saja yang bersifat ritual, tapi juga ibadah pada sesama dengan sedekah. Anjuran sedekah di bulan Ramadan disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW, dalam salah satu hadisnya, yang berbunyi:

"Dari Anas dikatakan, 'Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?' Rasul menjawab, 'Sedekah di bulan Ramadan'," (HR At-Tirmidzi).

Tidak saja dalam satu hadis, anjuran Rasulullah SAW tentang bersedekah di bulan Ramadan juga ditemukan dalam hadis lain yang berbunyi:

"Rasulullah SAW adalah orang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan," (HR Bukhari dan Muslim).

 

4. Jenis-jenis Sedekah

Selama ini bersedekah mungkin identik dengan kegiatan memberikan harta benda untuk orang lain yang lebih membutuhkan. Padahal, arti sedekah tak sesempit itu. Tak hanya harta benda, ada banyak hal yang bisa diamalkan sebagai sedekah dalam agama Islam. Berikut beberapa jenis sedekah dalam agama Islam.

1. Sedekah Barang

Bersedekah dengan memberikan barang yang bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Misalnya memberikan bantuan uang, pakaian, dan makanan untuk korban bencana atau untuk orang yang lebih memerlukan.

2. Sedekah Tenaga

Dilakukan dengan mencurahkan kemampuan untuk kegiatan positif yang berkaitan dengan kepentingan umat. Misalkan, membantu tetangga yang yang kesulitan, ikut andil pembangunan masjid, dan sebagainya.

3. Sedekah Senyuman

Ya, memberikan senyuman ramah ternyata juga bisa dihitung sebagai sedekah. Sebagaimana yang terdapat dalam hadist:

Rasulullah SAW bersabda, "Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah bagimu," (HR. Tirmidzi).

4. Sedekah Nasihat

Selain harta benda, tenaga, dan senyum, nasihat juga bisa jadi sedekah yang yang baik. Kalian bisa memberi petunjuk pada orang yang tersesat dan berusaha mencegah kemungkaran.

Itulah di antaranya penjelasan arti sedekah dan hal-hal penting diketahui tentang bersedekah menurut agama Islam. Semoga bermanfaat

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI