Arti Allah Maha Esa Adalah Tunggal atau Satu-satunya, Ketahui Penjelasannya dalam Alquran

Minggu, 10 Juli 2022 10:22
Arti Allah Maha Esa Adalah Tunggal atau Satu-satunya, Ketahui Penjelasannya dalam Alquran
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Sebagai umat Muslim, kita mengetahui bahwa Allah adalah Tunggal, yang Maha Esa, hanya satu-satunya. Tiada Tuhan selain Allah SWT. Namun, apa KLovers memahami lebih dalam apa sih arti Allah Maha Esa itu? Arti Allah Maha Esa tunggal, tidak beranak, juga tidak diperanakkan, dan Allah SWT tidak serupa dengan siapa pun.

Istilah Allah Maha Esa adalah arti dari kata Al Ahad dalam Asmaul Husna. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang arti Allah Maha Esa, beserta penjelasannya di dalam Alquran. Kita juga akan membahas tentang surat Al Ikhlas beserta dengan penjelasannya yang membahas tentang Allah Maha Esa.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini arti Allah Maha Esa, beserta penjelasannya di dalam Alquran dan juga dalam surat Al Ikhlas.

 

1. Arti Allah Maha Esa

Arti Allah Maha Esa artinya salah satu gelar Sang Pencipta yang termasuk ke dalam Asmaul Husna. Islam disebut agama tauhid karena menjadikan Allah SWT sebagai satu-satunya sembahan yang benar dengan segala kekhususannya. Yang dimaksud arti Allah Maha Esa adalah tunggal dalam Dzat, sifat, dan perbuatan-perbuatan-Nya.

Sedangkan keesaan Allah SWT dalam sifat-Nya, maksudnya adalah tidak ada makhluk yang memiliki sifat-sifat serupa Allah ta'ala. Artinya tidak ada manusia dan makhluk lainnya yang memiliki sifat qudroh (kuasa), iradah (kehendak), dan sifat-sifat Allah lainnya. Keesaan Allah SWT dalam Dzat-Nya, maknanya adalah tidak ada dzat yang menyerupai Dzat Allah ta'ala.

Dzat Allah juga tidak tersusun dari bagian-bagian karena tarkib (tersusun) termasuk sifat-sifat makhluk, Allah Mah Suci dari sifat-sifat makhluk. Dan Keesaan Allah dalam Perbuatannya adalah semua hal yang terjadi di dunia diciptakan oleh Allah SWT, tidak ada yang bisa terwujud tanpa seizin-Nya.

 

2. Penjelasan Allah Maha Esa di Alquran

Setelah KLovers mengetahui tentang arti Allah Maha Esa, ada pula penjelasan tentang ini di dalam Alquran. Allah SWT menegaskan keesaannya dalam berbagai surat-surat di Alquran, dan berikut penjelasannya.

1. Surat Thaha ayat 14

"Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku. Maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku."

2. Surat Al-Ikhlas ayat 1-4

"Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."

3. Surat Al-Hajj ayat 34:

"Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang patuh (kepada Allah)."

4. Surat Maryam ayat 88-96:

"Dan mereka berkata, '(Allah) Yang Maha Pengasih memiliki anak.' Sungguh, kamu telah membawa sesuatu yang sangat mungkar, hampir saja langit, dan bumi terbelah, dan gunung-gunung runtuh, karena ucapan itu, karena mereka menganggap (Allah) Yang Maha Pengasih memiliki anak.

Dan tidak mungkin bagi (Allah) Yang Maha Pengasih memiliki anak. Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi, melainkan akan datang kepada (Allah) Yang Maha Pengasih sebagai seorang hamba. Dia (Allah) benar-benar telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti.

Dan setiap orang dari mereka akan datang kepada Allah sendiri-sendiri pada hari Kiamat. Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan, kelak (Allah) Yang Maha Pengasih akan menanam rasa kasih sayang (dalam hati mereka)."

 

3. Surat Al Ikhlas

Surat Al Ikhlas adalah surat pendek dalam Al-Quran. Surat Al Ikhlas terdiri dari empat ayat dengan arti dan keistimewaannya yang menakjubkan. Sebab, arti surat Al Ikhlas menjelaskan tentang Keesaan Allah SWT. Untuk lebih memahami lagi arti Allah Maha Esa, maka berikut ini penjelasan surat Al Ikhlas:

1. Qul huwallaahu ahad

(Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa)

2. Allahhus-samad

(Allah tempat meminta segala sesuatu)

3. Lam yalid wa lam yuulad

((Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan)

4. Wa lam yakul-lahu kufuwan ahad

(Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia)

Seperti yang sudah kalian simak sebelumnya, arti Al Ikhlas menggambarkan tentang keesaan Allah SWT. Selain itu, surat ini juga menggambarkan ketauhidan. Esa berarti tunggal atau satu, sesuai dengan arti per ayat surat Al Ikhlas.

Selain itu, ada beberapa nama atau sebutan lain surat Al Ikhlas menurut Syaikh Wahbah Az Zuhaili. Di antaranya yakni surat Al Ikhlas disebut juga dengan surat at Tafrid, at Tajrid, at Tauhid, an Najah serta al Wilayah.

Sedangkan alasan diturunkannya surat Al Ikhlas berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada Rasulullah SAW ketika orang musyrik mempertanyakan Tuhan yang disembah oleh Nabi Muhammad SAW.

Itulah penjelasan tentang arti Allah Maha Esa yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Bukan hanya mengetahui penjelasan tentang arti Allah Maha Esa saja, namun penjelasan Allah Maha Esa di Alquran dan dalam surat Al Ikhlas.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI