Robbi Zidni Ilman Artinya Doa Memohon Ilmu, Ketahui Sunnah dan Doa Sebelum Belajar Lainnya

Diperbarui: Diterbitkan:

Robbi Zidni Ilman Artinya Doa Memohon Ilmu, Ketahui Sunnah dan Doa Sebelum Belajar Lainnya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Kapanlagi.com - Bagi umat Islam, ridha Allah SWT dalam setiap langkah yang diambil merupakan hal penting. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa sebelum memulai aktivitas, termasuk saat akan belajar. Salah satu doa belajar yang dikenal adalah Robbi Zidni Ilman. Robbi Zidni Ilman artinya adalah "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu".

Memahami setiap doa yang kalian ucapkan juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, bacaan Robbi Zidni Ilman artinya pun menjadi hal penting.

BACA JUGA : ketahui keutamaan doa menuntut ilmu dalam islam

Berikut ini terdapat penjelasan mengenai kegiatan belajar dalam Islam beserta berbagai anjuran yang perlu kalian ketahui. Termasuk bacaan Robbi Zidni Ilman artinya sebagai doa memohon ilmu kepada Allah SWT berikut ini.

 

 

 

 

 

 

1. Robbi Zidni Ilman Artinya Doa Memohon Ilmu

Robbi Zidni Ilman artinya adalah doa memohon ilmu kepada Allah SWT. Kalimat tersebut sebenarnya memang penggalan dari doa sebelum belajar yang sering dibaca, seperti berikut ini.

"Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin"

Menurut bacaan di atas, Robbi Zidni Ilman artinya adalah "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku". Secara lengkap, arti bacaan di atas adalah "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

Mengapa seseorang perlu membaca doa sebelum belajar? Hal tersebut perlu dilakukan untuk meminta rida kepada Allah SWT agar membantu umat Muslim dalam melakukan kegiatan tersebut. Dengan rida Allah SWT, ilmu yang diberikan bisa bermanfaat untuk sesama. Selain itu, segala kegiatan yang diawali dengan doa dipercaya bisa mendatangkan berkah dan kemudahan. Kemudahan itu bisa berwujud pada lancarnya proses belajar, kalian pun akan lebih mudah menerima dan mengamalkannya untuk kebaikan.

 

 

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Sunnah Belajar

Ada banyak hal penting yang perlu diperhatikan. Tak hanya Robbi Zidni Ilman artinya sebagai doa, tapi juga sunnah lain yang mengiringinya berikut ini.

1. Waktu Terbaik dalam Belajar

Menurut Khatib Al-Baghdadi (rahimahullah) dalam bukunya berjudul "Al-Faqih wal-Mutafaqqih", waktu terbaik belajar dimulai ketika subuh atau sahur sebelum berpuasa. Belajar juga bisa dilakukan tengah hari, pagi dan sore hari bisa digunakan sebagai waktu untuk menghafal materi.

Beliau berkata "dan tempat yang paling baik untuk menghafal adalah kamar-kamar yang berada di atas permukaan tanah dan semua tempat yang ada di dalamnya. Tidak ada gangguan. Lebih baik seseorang menghindari tempat-tempat hijau, tepi sungai dan pinggir jalan karena tempat-tempat seperti itu secara alami mengalihkan pikiran,".

2. Makan Sedikit Sebelum Belajar

Sunnah yang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW adalah makan sedikit sebelum belajar. Menurut penelitian ilmiah, sunnah makan sebelum belajar membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Imam Bukhari (rahimahullah) pernah ditanya mengenai manfaat meningkatkan daya ingat otak. Beliau menjawab "Keserakahan sejati akan ilmu, dan mutala'ah (belajar) yang gigih".

 

 

 

 

 

3. Doa Sebelum Belajar Lainnya

Robbi Zidni Ilman artinya memang berkaitan dengan aktivitas belajar. Namun, selain bacaan tersebut ternyata masih ada doa lain yang bisa umat Islam baca sebelum belajar. Berikut ini beberapa bacaan doa yang disertai artinya untuk kalian pahami dan amalkan.

1. "Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi'a warzuqni fahma"

(Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik.)

2. "Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii"

(Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.)

3. "Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah 'alainaa bima'rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin"

(Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karuniaMu bagi kami, wahat Dzat yang Maha Pengasih)

4. "Allaahumma alhimnaa 'ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na'lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Allaahummar zuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhal mursaliina wa ilhaamal malaa ikatil muqarrabiina birahmatika yaa arhamar raahimiina"

(Ya Allah, berilah kami ilham berupa ilmu, yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan-Mu, dan karuniailah kami pemahaman, yang dengannya kami dapat mengetahui bagaimana kami bermunajat kepada-Mu, Wahai Dzat yang Paling Pengasih.

Ya Allah, karuniakanlah kepada kami pemahaman seperti pemahaman para Nabi, daya hafal seperti daya hafal para Rasul, dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, berkat rahmat Engkau, wahai Dzat yang Paling Pengasih di antara para pengasih.)

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai doa beserta anjuran atau sunnah belajar yang bisa kalian terapkan dalam keseharian.

 

 

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending