Arti Naudzubillah Min Dzalik: Penjelasan, Waktu Pengucapan, dan Manfaatnya

Sabtu, 25 Juni 2022 09:44
Arti Naudzubillah Min Dzalik: Penjelasan, Waktu Pengucapan, dan Manfaatnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Kalian pasti tahu dengan ungkapan naudzubillah min dzalik. Ya, ungkapan ini menjadi sebuah ungkapan yang sering sekali kita dengar dalam beberapa kesempatan ataupun kejadian. Namun, apa sih arti naudzubillah min dzalik itu?

Ya, karena ungkapan ini sering sekali diucapkan, maka perlu sekali mengetahui apa arti naudzubillah min dzalik itu. Bukan hanya arti naudzubillah min dzalik saja, namun juga waktu serta manfaat dari ungkapan naudzubillah min dzalik.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini arti naudzubillah min dzalik yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Serta waktu pengucapan yang tepat dan juga manfaat dari ucapan naudzubillah min dzalik.

 

1. Penjelasan Naudzubillah Min Dzalik

Ya, seperti yang banyak KLovers ketahui bahwa arti naudzubillah min dzalik sendiri merupakan sebuah ungkapan yang sering sekali diungkapkan dalam keadaan buruk. Namun, apa sebenarnya arti naudzubillah min dzalik ini?

Ungkapan naudzubillah min dzalik ini merupakan sebuah doa yang dipanjatkan kepada Allah agar terhindar dari hal buruk. Kalimat naudzubillah min dzalik berasal dari Bahasa Arab. Dan arti naudzubillah min dzalik adalah,

"Kami atau saya yang berlindung kepada Allah dari hal itu (merujuk pada hal yang buruk."

Kalimat naudzubillah min dzalik tersusun dari lima suku kata yakni fi'il (kata kerja), 2 huruf, isim (kata benda), dan isim Isyarah (kata tunjuk). Kata "Naudzu" memiliki arti "kami berlindung". Kemudian kata "Min Dzaalik" adalah kata tunjuk untuk sesuatu yang terlihat atau terdengar oleh seseorang.

Sehingga, ketika umat Muslim mengucapkan kalimat ini, pastilah ia tengah melihat atau mendengar sesuatu. Oleh karena itu, kalimat ini bermakna berdoa kepada Allah agar senantiasa diberi kemampuan dan dilindungi dari perkara yang buruk tersebut.

 

2. Waktu Pengucapan Naudzubillah Min Dzalik

Bukan hanya mengetahui apa sih sebenarnya arti naudzubillah min dzalik, namun KLovers juga bisa mengetahui waktu pengucapan yang baik saat mengucapkan kata naudzubillah min dzalik ini. Dan berikut ini beberapa waktu yang baik saat kalian mengucapkan kata naudzubillah min dzalik.

1. Kata naudzubillah min dzalik ini akan tepat bila diucapkan ketika mendengar cerita bagaimana nanti di alam barzah dan di neraka ketika tidak mau beribadah dengan ikhlas di dunia. Maka dengan mengucapkan kalimat ini, insyaallah, Allah akan melindungi agar terhindar dari siksa kubur dan siksa neraka.

2. Kata naudzubillah min dzalik ini akan tepat bila diucapkan ketika mengetahui seseorang terkena rampok, kemalingan, atau kehilangan apapun. Kalian bisa mengucapkan kalimat ini, yang berarti memohon kepada Allah agar terhindar dari rampok, begal dan maling tersebut.

3. Kata naudzubillah min dzalik ini akan tepat bila diucapkan ketika mendengar berita tentang maksiat, maka dianjurkan untuk mengucapkan kalimat ini agar terhindar dari maksiat tersebut.

4. Kata naudzubillah min dzalik ini akan tepat bila diucapkan ketika melihat ataupun mendengar seseorang yang tersulut emosi. Hal ini diucapkan agar kita terjauh dan terhindar dari perbuatan sia-sia akibat emosi.

5. Kata naudzubillah min dzalik ini akan tepat bila diucapkan ketika mendengar berita terjadinya bencana di suatu tempat.

 

3. Manfaat Pengucapan Naudzubillah Min Dzalik

Dan penjelasan tentang arti naudzubillah min dzalik terakhir yaitu, manfaat dari kata naudzubillah min dzalik itu sendiri. Ya, mengucapkan kata naudzubillah min dzalik memang menjadi sebuah manfaat tersendiri. Dan berikut ini manfaat dari pengucapan naudzubillah min dzalik itu.

1. Manfaat kata naudzubillah min dzalik sendiri menjadi sebuah bentuk perlindungan yang kita harapkan dari Allah SWT.

2. Manfaat kata naudzubillah min dzalik yang selanjutnya yaitu, kita akan merasa lebih dekat pada Allah SWT.

3. Manfaat kata naudzubillah min dzalik yang ketiga yaitu, dengan menjauhi hal-hal buruk yang ditakuti. Sebagaimana dijelaskan pada ayat 60 Alquran Surah Ghafir, artinya Allah SWT memerintahkan hamba-hambanya untuk mendoakannya agar dikabulkan.

4. Dan manfaat kata naudzubillah min dzalik yang terakhir yaitu, menjauhkan diri dari hal-hal yang buruk.

Itulah penjelasan tentang arti naudzubillah min dzalik yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Selain itu juga ada pula waktu pengucapan yang tepat dan juga manfaat dari ucapan naudzubillah min dzalik.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI