Arti Ambyar yang Dipopulerkan Mendiang Didi Kempot, Ketahui Juga Makna Kata Gaul Anak Muda Lainnya

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

Arti Ambyar yang Dipopulerkan Mendiang Didi Kempot, Ketahui Juga Makna Kata Gaul Anak Muda Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Kata ambyar sempat jadi populer beberapa tahun terakhir. Bahkan hingga saat ini, kata ambyar masih digunakan oleh masyarakat umum, khususnya anak muda. Ya, kata ambyar memang telah menjelma jadi satu kata gaul masa kini. Kata ambyar biasa digunakan anak muda untuk menggambarkan suatu perasaan yang sedang diderita. Lantas, apa arti ambyar sebenarnya?

Sebagai kata gaul yang populer, istilah ambyar sering dipakai di media sosial hingga percakapan sehari-hari. Walaupun sudah jadi sedemikian populer, faktanya sampai saat ini masih banyak orang yang tidak mengetahui arti ambyar. Wajar saja, pasalnya kata ambyar sebenarnya merupakan kosakata bahasa Jawa. Sehingga sebelum jadi kata populer, arti kata ambyar hanya diketahui oleh mereka yang mengerti bahasa Jawa.

Untuk mengetahui apa arti ambyar dan mengapa kata ini bisa populer, langsung saja simak saja ulasannya berikut ini.

 

1. Asal Mula Kata Ambyar Bisa Populer

Kata ambyar bisa sedemikian populer bukan tanpa sebab. Oleh karena itu, sebelum tahu arti ambyar, tak ada salahnya untuk mengetahui penyebab mengapa kata tersebut kini bisa populer.

Kata ambyar mulai dipopulerkan oleh mendiang Didi Kempot. Penyanyi campursari dari Solo Jawa Tengah tersebut dikenal dengan karya-karyanya yang bercerita tentang sakit hati. Karenanya, Didi Kempot lantas mendapatkan julukan The God Father of Broken Heart. Sementara, para penikmat musiknya menyebut diri mereka dengan sebutan 'Sobat Ambyar'.

Dari situlah kata ambyar bisa jadi sedemikian populer. Kepopuleran kata ambyar berjalan seiring dengan meroketnya popularitas dan bertambahnya penggemar dari mendiang Didi Kempot. Selain itu, kata ambyar juga bertambah populer setelah mendiang Didi Kempot merilis lagu berjudul Ambar sebelum sepeninggalnya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Lirik Lagu Ambyar

Keberadaan lagu Ambyar semakin menambah popularitas kata tersebut. Terlebih sampai saat ini, lagu tersebut masih menjadi salah satu hits yang kerap diputar di radio.

Sama seperti karya mendiang Didi Kempot lainnya, lagu Ambyar juga bercerita tentang perasan sakit hati yang mendalam. Lebih tepatnya, lagu Ambyar berkisah tentang seseorang yang menjadi korban janji dari pasangan yang salah. Untuk lebih memahami arti ambyar dalam lagu tersebut, langsung saja simak liriknya berikut ini.

Wis kebacut ambyar, remuk sing neng ati
Apa ngene iki sing jenenge korban janji
Wis ambyar, aku kudu kepiye
Metu ngendi supaya ketemu kowe

Wis kebacut ambyar, tresnaku kesasar
Seneng karo kowe salah nggonku milih pacar
Wis ambyar, lara sing tak rasakke
Kowe lunga ninggalke aku neng kene

Wis kebacut ambyar, ambyar kaya ngene
Manise janjimu jebule mung ono lambe
Wis kebacut ambyar, ambyar kaya ngene
Nengapa kowe tego nyikso aku kaya ngene

 

3. Makna Kata Ambyar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kata ambyar sebenarnya merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Jawa. Oleh masyarakat Jawa, sebelum jadi populer, kata ambyar biasa dipakai untuk menggambarkan keadaan suatu benda yang pecah, lebur, rusak, hingga bercerai-berai.

Kendati demikian, nyatanya kata ambyar juga telah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Sehingga, kita bisa saja mengetahui arti ambyar dengan mengeceknya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam KBBI, arti ambyar tak jauh beda dengan pemakaian dalam bahasa Jawa. Pada KBBI, arti kata ambyar adalah bercerai-berai, berpisah-pisah, tidak terkonsentrasi lagi.

Sebagai istilah populer, kata ambyar digunakan untuk menggambarkan perasaan seseorang yang hancur. Maka dari itu, arti ambyar dinilai sesuai untuk menggambarkan perasaan seseorang saat mendengarkan lagu mendiang Didi Kempot yang bisa menggambarkan perasaan hancur saat sakit hati mendalam.

 

4. Arti Kata Gaul Lainnya

Selain ambyar, sebenarnya masih banyak kata gaul yang belakangan populer di kalangan anak muda. Sama halnya arti ambyar, beberapa kata populer tersebut juga biasa digunakan untuk menggambarkan perasaan seseorang. Di samping itu, ada juga yang menggambarkan kegiatan atau aktivitas.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui arti dari setiap kata gaul tersebut. Berikut beberapa kata gaul di kalangan anak muda, selain kata ambyar.

1) Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta.

2) Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

3) Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

4) Gaje: Singkatan dari gak jelas atau enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

5) Pansos: Pansos adalah singkatan gaul dan merupakan kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, pansos digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.

6) Mager: Mager adalah singkatan gaul dari kalimat malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

7) Halu: Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti ambyar dan alasan mengapa kata tersebut bisa sedemikian populer. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending